Connect With Us

Endah Susanti Ungkap Tantangan Pimpin SMPN 4 Tangerang

Achmad Irfan Fauzi | Kamis, 18 November 2021 | 16:42

Kepala SMPN 4 Tangerang Hj Endah Susanti . (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi )

TANGERANGNEWS.com-Kepala SMPN 4 Tangerang Hj Endah Susanti mengungkap tantangan-tantangan dalam memimpin sekolah yang menjadi favorit di Kota Tangerang ini.

Menurut dia, tantangan utama dalam memimpin sekolah yang terletak di Jalan M Yamin, Kota Tangerang ini adalah membuat para guru, staf, dan siswa disiplin.

"Tantangannya bagaimana membuat semuanya menjadi disiplin, seperti tidak korupsi waktu dan membuat guru atau siswa melaksanakan tugasnya," ujarnya saat ditemui di SMPN 4 Tangerang, Kamis 18 November 2021.

Dalam menjawab tantangan tersebut, kata wanita yang memulai karir sebagai ASN sejak 1985 ini, dengan cara membuat seluruh anggota sekolah merasa nyaman.

"Saya juga tidak menganggap merasa sebagai kepsek, jadi kedekatan di antara saya dengan guru dan murid bisa terbangun, sehingga di situ ada kenyamanan," katanya.

Wanita lulusan pascasarjana jurusan pendidikan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa ini menyebut, sekolah harus dianggap sebagai rumah.

"Lalu, pada dasarnya juga mimpin sekolah harus merasa sekolah rumah kita. Dan guru-guru itu teman dan saudara, tidak ada senioritas. Kemudian kita harus bisa memiliki suatu gebrakan, inovasi, di mana kita harus memahami kebutuhan anak agar anak di sekolah itu aman," jelasnya.

Hj Endah menambahkan, pembelajaran tatap muka (PTM) di tengah pandemi Covid-19 ini, kegiatan belajar dan mengajar harus dibuat enjoy.

"Siswa juga harus dibawa happy supaya belajar tidak terlalu ditekankan belajar 100 persen. Jadi, anak jangan diberikan yang sulit-sulitlah, sehingga suasana pandemi anak dibawa enjoy, tetapi tetap punya semangat, punya inovasi. Oleh karena itu saya mengajak guru-guru agar jangan terlalu ditekankan banyak tugas," pungkasnya.

KOTA TANGERANG
Sosok Arief R Wismansyah Dinilai Calon Kuat Gubernur Banten

Sosok Arief R Wismansyah Dinilai Calon Kuat Gubernur Banten

Sabtu, 20 April 2024 | 12:47

Sosok Arief R Wismansyah tidak asing lagi bagi warga di provinsi Banten, apalagi di wilayah Tangerang. Kepemimpinannya dalam menahkodai Kota Tangerang dikenal luas publik.

MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

TEKNO
Waspada Penipuan Modus Surat Tilang Elektronik Palsu, Kenali Bedanya 

Waspada Penipuan Modus Surat Tilang Elektronik Palsu, Kenali Bedanya 

Sabtu, 20 April 2024 | 13:46

Penipuan dengan modus surat tilang elektronik palsu masih marak terjadi, terutama pascaarus mudik dan balik Lebaran 2024.

TANGSEL
Pria Paruh Baya Gantung Diri di Bekas Kantor Kelurahan Jurangmangu Tangsel

Pria Paruh Baya Gantung Diri di Bekas Kantor Kelurahan Jurangmangu Tangsel

Sabtu, 20 April 2024 | 14:52

Seorang pria paruh baya ditemukan tewas gantung diri di sebuah bangunan bekas kantor Jurangmangu Barat, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill