Connect With Us

Diwisuda, 1.075 Mahasiswa UNIS Tangerang Diminta Berkontribusi untuk Masyarakat

Achmad Irfan Fauzi | Senin, 29 November 2021 | 12:28

Universitas Islam Syekh Yusuf (UNIS) Tangerang menggelar wisuda Sarjana ke-46 di Hall 1 ICE BSD, Tangerang, Senin 29 November 2021. (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi )

TANGERANGNEWS.com-Universitas Islam Syekh Yusuf (UNIS) Tangerang menggelar wisuda Sarjana ke-46 di Hall 1 ICE BSD, Tangerang, Senin 29 November 2021.

Adapun sebanyak 1.075 mahasiswa lulusan UNIS Tangerang ini diwisuda secara tatap muka.

Rektor Unis Tangerang Mustofa Kamil dalam sambutannya mengatakan, di tengah pandemi COVID-19 yang belum usai hingga saat ini, perguruan tinggi dituntut untuk mampu beradaptasi dan berkontribusi nyata kepada masyarakat.

Tantangan nyata bagi UNIS dalam menghadapi pandemi ini adalah bagaimana UNIS mampu beradaptasi dan mengakselerasi model pemberdayaan masyarakat pasca pandemi ini, sehingga dapat membangun kembali masyarakat yang berkeadaban. 

Universitas Islam Syekh Yusuf (UNIS) Tangerang menggelar wisuda Sarjana ke-46 di Hall 1 ICE BSD, Tangerang, Senin 29 November 2021.

"Upaya tersebut dilakukan UNIS dengan mengembangkan inovasi teknologi informasi, serta melalui program Merdeka Belajar, yaitu pembelajaran daring baik lintas prodi atau lintas kampus, proyek mandiri mahasiswa, penelitian terapan berkolaborasi dengan dosen, penelitian dosen yang terkait dengan mitigasi pandemi, dan kegiatan Kuliah Kerja Kemasyarakatan yang dilakukan oleh sekitar 1.175 mahasiswa dalam KKK Daring," ungkapnya.

Menurutnya, era digitalisasi teknologi yang ditandai dengan revolusi industri 4.0 seakan memberikan arus teknologi dan informasi serta mobilitas sumberdaya manusia dari satu tempat ke tempat lain dengan cepat.

Pendidikan tinggi merupakan salah satu bidang pembangunan yang dilakukan pemerintah dalam rangka menjawab tantangan era tersebut.  

"Oleh karena itu sebagai alumni UNIS merupakan sumber daya pendidikan tinggi yang diharapkan mampu mengisi era tersebut," pesannya.

Rektor menyebut, sumber daya manusia yang mampu bersaing pada era tersebut adalah manusia-manusia yang terampil dan memiliki skill kompetensi yang dibutuhkan serta sejalan dengan perkembangan era itu.

Revolusi industri 4.0 tersebut memberikan kemudahan kepada semua masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan keterampilannya di berbagai bidang yang sesuai dengan kondisi kebutuhannya masing-masing. 

Universitas Islam Syekh Yusuf (UNIS) Tangerang menggelar wisuda Sarjana ke-46 di Hall 1 ICE BSD, Tangerang, Senin 29 November 2021.

Pada era ini ditandai dengan 3 hal yaitu pertama akrab dengan teknologi digital, kedua memiliki pemikiran yang terbuka ketiga spontan dalam mengungkapkan yang dirasakan dan dipikirkan.

"Ketiga hal tersebut memberikan ciri bagaimana peradaban berkembang dengan cepat. Kesalahan dan keterlambatan dalam mengikuti perkembangan tersebut tentu akan menghambat setiap perkembangan dan pertumbuhan yang terjadi baik pada individu itu sendiri maupun pada masyarakatnya yang pada akhirnya akan berdampak terhadap  pertumbuhan pembangunan," katanya.

Ketua Yayasan Syekh Yusuf Tangerang Yus Firdaus menambahkan, pihaknya sangat bahagia lantaran wisuda bisa diselenggarakan di situasi pandemi COVID-19 dengan protokol kesehatan yang ketat.

"Ya Alhamdulillah kita bisa selenggarakan wisuda walaupun masih pandemi, dan tentu kami sangat bahagia. Kita berharap para wisudawan karena persaingan pekerjaan memilih enterpreneur, jadi bukan hanya mencari pekerjaan, tetapi menyediakan pekerjaan," katanya.

Plt Kepala LLDikti wilayah IV, Darnita Chandra menuturkan, lulusan sarjana diharapkan bisa mendapatkan upah yang layak, atau tidak sama dengan lulusan SMA. Sehingga, diharapkan para mahasiswa kualitasnya harus ditingkatkan.

"Lulusan kita ini harus terus ditingkatkan kualitasnya, Mas Menteri (Mendikbud) bilang lulusan kita ini diharapkan mendapatkan upah yg layak setidaknya 1,4 dari UMR. Jadi, jangan sampai lulusan sarjana itu kok dapat upahnya sama. Jangan sampai terjadi seperti itu," pungkasnya.

NASIONAL
Prabowo-Gibran Ditetapkan Jadi Presiden-Wapres Terpilih, Dihadiri AMIN Tanpa Ganjar dan Mahfud

Prabowo-Gibran Ditetapkan Jadi Presiden-Wapres Terpilih, Dihadiri AMIN Tanpa Ganjar dan Mahfud

Rabu, 24 April 2024 | 12:17

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat resmi menetapkan pasangan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024-2029.

HIBURAN
Parto Patrio Bakal Dioperasi, Sakit Apa?

Parto Patrio Bakal Dioperasi, Sakit Apa?

Kamis, 25 April 2024 | 12:21

Viral di media sosial sebuah video menunjukkan komedian Parto Patrio dilarikan ke rumah sakit menggunakan ambulans.

TEKNO
Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kamis, 25 April 2024 | 14:20

Baru-baru ini kembali mencuat maraknya praktik ilegal RT/RW Net. Sebab, praktik ilegal ini tak hanya merugikan penyelenggara jasa telekomunikasi, juga berdampak negatif bagi konsumen di Indonesia.

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill