Connect With Us

Waspada! Gigi Berlubang Ternyata Bisa Bikin Sakit Jantung

Rangga Agung Zuliansyah | Senin, 10 Januari 2022 | 16:02

Dokter Gigi RS Sari Asih Karawaci drg. Astrid Diwiyacitra. C.I saat memeriksa kondisi gigi pasienya. (@TangerangNews / Rangga A Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Gigi berlubang disebabkan oleh bakteri dalam mulut yang secara alami berkembang biak dan membentuk plak.

Hal ini timbul karena kebiasaan menyikat gigi yang tidak teratur dan juga akibat konsumsi gula berlebihan. Ada banyak bahaya yang mengintai jika tidak dicegah atau di atas.

Dokter Gigi RS Sari Asih Karawaci drg. Astrid Diwiyacitra. C.I, menyebutkan selain kebiasaan menyikat gigi yang teratur, cara menyikat gigi yang benar juga perlu diperhatikan.

Menyikat gigi dengan terburu-buru dapat menyebabkan sisa makanan tertinggal di dalam mulut dan jika kelamaan akan menyebabkan plak.

“Anak-anak atau bisa juga orang dewasa sering menyikat gigi terburu-buru karena harus pergi ke sekolah atau bekerja, akibatnya, sikat gigi tidak menyentuh dengan baik sela-sela gigi hingga bagian sudut mulut,” ujarnya, Senin 10 Januari 2022.

Cara yang benar menyikat gigi dijelaskan drg. Astrid ialah dengan menyesuaikan waktu diawali dengan gigi geraham melalui gerakan memutar selama kira-kira 20 detik untuk bagian atas.

Kemudian dilanjutkan dengan gerakan ke atas dan ke bawah dari batas gusi hingga sisi atas selama kurang lebih juga 20 detik. Hal sama dilakukan untuk permukaan luar gigi maupun dalam agar sisa makanan tersapu semua.

“Ada aturan juga dalam menggosok gigi yang patut diperhatikan. Jadikan rutinitas, jangan terburu-buru, jangan menggosok terlalu keras, pilih sikat yang lembut, cukup dua kali sehari jangan lebih, dan ganti sikat gigi secara rutin,” sebut drg. Astrid.

drg. Astrid pun mewanti-wanti jika abai dengan aturan-aturan tersebut. Menurutnya, ada bahaya yang mengancam jika terjadi keluhan. Seperti gigi berlubang, karies gigi sampai kanker mulut. 

“Gigi berlubang yang dibiarkan tanpa perawatan akan menyebabkan keluhan lain yang berbahaya, karena bisa mempengaruhi organ lain seperti jantung dan menyebabkan stroke,” terangnya.

Pentingnya perawatan gigi disertai cara menyikat gigi yang benar dapat meminimalisir keluhan sakit gigi. Sakit gigi sering dianggap sepele.

Namun siapa sangka jika sudah terjadi keluhan, sakitnya dapat membuat kelimpungan bagi yang mengalaminya. Segera atasi keluhan gigi anda ke dokter terdekat yang sudah terpercaya.

BANDARA
Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Kamis, 18 April 2024 | 15:03

Gunung Ruang di Sulawesi Utara mengalami erupsi dengan ketinggian letusan mencapai 3725 meter di atas permukaan laut pada Rabu, 17 April 2024.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

BANTEN
PLN Banten Catat Ada 1.200 Transaksi SPKLU Selama Mudik Lebaran 2024

PLN Banten Catat Ada 1.200 Transaksi SPKLU Selama Mudik Lebaran 2024

Selasa, 23 April 2024 | 11:21

Sebanyak 1.200 transaksi terjadi di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) selama masa mudik Lebaran 2024, terhitung mulai 3 hingga 19 April 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill