Connect With Us

Ada 4.730 Lowongan, Warga Kota Tangerang Bisa Bekerja di Korea & Jepang

Achmad Irfan Fauzi | Senin, 24 Januari 2022 | 12:36

Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja Disnaker Kota Tangerang Mualim. (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi)

TANGERANGNEWS.com-Warga Kota Tangerang saat ini memiliki kesempatan untuk bisa bekerja di Korea dan Jepang. Pasalnya, kedua negara itu membutuhkan 4.730 tenaga kerja dari Indonesia.

Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja Disnaker Kota Tangerang Mualim mengatakan, kuota tenaga kerja itu hasil kerja sama Pemerintah Indonesia dengan negara Korea dan Jepang  pada bidang ketenagakerjaan.

"Dari pihak Jepang dan Korea meminta sumber daya manusia yang kompeten untuk di-hired sebagai tenaga profesional di bidang manufaktur dan perikanan termasuk juga untuk nurse dan careworker," jelasnya kepada TangerangNews, Senin 24 Januari 2022.

Menurutnya, tenaga kerja asal Indonesia yang dibutuhkan Korea berjumlah 4.400 pekerja. Sedangkan Jepang membutukan 330. Jika ditotal, ada 4.730 tenaga kerja yang dibutuhkan kedua negara ini.

"Itu kuotanya nasional," kata Mualim.

Adapun untuk Korea membutuhkan tenaga kerja di bidang manufaktur dan perikanan. Syaratnya, calon pekerja harus berusia minimal 18 tahun pada saat pendaftaran, pendidikan minimal SLTP atau sederajat dan KTP yang masih berlaku.

Selain itu, tidak pernah di deportasi/illegal stay di Korea Selatan, tidak punya catatan kriminal,

 tidak sedang dicekal di luar negeri, hingga kondisi kesehatan optimal dan terbebas dari penyakit kelamin, infeksi, paru-paru, serta penyakit hati.

Sedangkan untuk Jepang membutuhkan tenaga kerja sebagai suster atau perawat dengan kriteria usia 23-35 tahun

pendidikan D3 keperawatan dan S1 keperawatan, pengalaman komulatif dua tahun sejak tanggal kelulusan.

Lalu, Jepang juga membutuhkan tenaga careworker dengan persyaratan usia 21-35 tahun, pendidikan minimal D3 keperawatan, membuat surat pernyataan bersedia ditempatkan sebagai careworker yang diketik dan ditandatangani di atas materai Rp10 ribu.

Mualim mengajak, warga Kota Tangerang yang ingin bekerja di Korea dan Jepang dipersilakan untuk mendaftar.

"Jadi bagi warga Kota Tangerang yang berminat bisa mendaftar dengan menghubungi BP2MI terdekat. Kalau di Kota Tangerang ada di Perumahan Taman Royal kantor perwakilannya," pungkasnya.

KOTA TANGERANG
Simak Daftar 25 Cabang Olahraga dalam POPDA XI Banten di Kota Tangerang 

Simak Daftar 25 Cabang Olahraga dalam POPDA XI Banten di Kota Tangerang 

Jumat, 26 April 2024 | 14:27

Sebanyak 25 cabang olahraga (cabor) akan dipertandingkan dalam ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) XI Banten, yang berlangsung di Kota Tangerang pada8 Juni 2024 mendatang.

SPORT
Cetak Sejarah, Indonesia Berpeluang Masuk Olimpiade Paris 2024

Cetak Sejarah, Indonesia Berpeluang Masuk Olimpiade Paris 2024

Jumat, 26 April 2024 | 09:21

Tim Nasional (Timnas) Indonesia sukses mencetak sejarah lolos ke semifinal Piala Asia U-23 usai menumbangkan Korea Selatan, yang berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Jumat, 26 April 2024, dini hari.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill