Connect With Us

ITB Rilis Lima Kota Peduli Perubahan Iklim, Tangerang Termasuk

Tim TangerangNews.com | Rabu, 2 Februari 2022 | 09:12

Gedung Pusat Pemerintahan Kota Tangerang. (TangerangNews.com / Achmad Irfan Fauzi)

TANGERANGNEWS.com-Pusat Inovasi Kota dan Komunitas Cerdas Institut Teknologi Bandung (ITB), merilis hasil riset tentang Rating Transformasi Digital dan Kota Cerdas Indonesia 2021, yang berdasarkan hasil penelitian tersebut terdapat lima kota besar yang meraih peringkat tertinggi secara berurutan dalam Kategori Kota dengan Kepedulian Terhadap Perubahan Iklim.

Ketua Pusat Inovasi Kota dan Komunitas Cerdas ITB Prof Suhono Harso Supangkat dalam keterangan tertulisnya di Bandung, Selasa 1 Februari 2022, seperti dilansir dari Antara, menyampaikan kelima kota tersebut adalah  Semarang, Surabaya, Kota Bogor, Kota Bandung, dan Kota Tangerang.

Prof Suhono mengatakan, pada riset ini yang disebut kota cerdas adalah kota yang dapat mengelola berbagai sumber daya secara efektif dan efisien untuk menyelesaikan berbagai tantangan kota menggunakan solusi cerdas guna menyediakan infrastruktur dan memberikan layanan-layanan kota yang dapat meningkatkan kualitas hidup warganya.

"Penilaian pada kategori ini dilakukan secara khusus untuk mengetahui dukungan kota dalam menghadapi permasalahan perubahan iklim yang berdampak pada panasnya permukaan bumi yang berasal dari peningkatan kadar CO2," ujarnya.

Adapun indikator yang menjadi tolok ukur dukungan terhadap perubahan, di antaranya adalah penggunaan energi terbarukan, meminimalisir kendaraan, dan pengelolaan lingkungan.

Lebih detail indikator membahas terkait, substitusi energi, implementasi kendaraan hemat energi, penggunaan kendaraan umum, penambahan ruang terbuka hijau. “Seiring peningkatan arus urbanisasi, permasalahan di area perkotaan ikut tumbuh,” katanya.

Selanjutnya dia menuturkan, kepadatan penduduk di area perkotaan dengan kondisi gas carbon yang tidak terkontrol dapat mengancam perubahan iklim dunia.

Menurut Koalisi Transisi Perkotaan, kota bertanggung jawab atas 75 persen dari total emisi karbon dunia.

Dalam hal ini, beberapa kota di Indonesia telah menyadari pentingnya berfokus untuk mengurangi dampak dari perubahan iklim dunia.

TANGSEL
Viral Karcis Parkir Rp10 Ribu Plus THR di Pamulang Square, Bikin Warganet Geram

Viral Karcis Parkir Rp10 Ribu Plus THR di Pamulang Square, Bikin Warganet Geram

Senin, 15 April 2024 | 23:09

Beredar sebuah foto di media sosial memperlihatkan secarik karcis parkir di Pamulang Square, Tangerang Selatan (Tangsel).

KAB. TANGERANG
Motor Pegawai Toko Perlengkapan Bayi Raib Dicuri di Cisauk Tangerang

Motor Pegawai Toko Perlengkapan Bayi Raib Dicuri di Cisauk Tangerang

Minggu, 14 April 2024 | 10:23

Sepeda motor milik pegawai Toko Babysay Shok raib digondol maling, di depan Ruko Serpong Garden, Jalan Serpong Garden, Cibogo, Kecamatan Cisauk, Kabupaten Tangerang, Sabtu 13 April 2024.

BANDARA
Hari Ini Puncak Arus Balik Lebaran 2024 di Bandara Soetta, Diprediksi Capai 190 Ribu Penumpang

Hari Ini Puncak Arus Balik Lebaran 2024 di Bandara Soetta, Diprediksi Capai 190 Ribu Penumpang

Senin, 15 April 2024 | 12:19

Puncak arus balik Lebaran 2024 di 20 bandara yang dikelola Angkasa Pura (AP) II diperkirakan terjadi pada Senin, 15 April 2024.

TEKNO
Terbaru, Cara Ubah Foto Jadi Stiker Tanpa Aplikasi Tambahan

Terbaru, Cara Ubah Foto Jadi Stiker Tanpa Aplikasi Tambahan

Jumat, 12 April 2024 | 14:02

Aplikasi perpesanan WhatsApp kembali mengeluarkan fitur terbaru, Jumat, 12 April 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill