Connect With Us

Program Tangerang Cerdas Center Fasilitasi Pelayanan Publik 

Achmad Irfan Fauzi | Rabu, 9 Maret 2022 | 17:35

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang, Jamaluddin. (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi )

TANGERANGNEWS.com-Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Pendidikan membuka layanan Tangerang Cerdas Center (TCC) untuk melayani publik mengurus administrasi kependidikan. 

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang, Jamaluddin mengatakan, setiap harinya ada petugas yang berjaga di loket TCC untuk melayani masyarakat. 

Ia menambahkan, pelayanan yang dapat diurus melalui TCC di antaranya adalah legalisir ijazah, mutasi siswa, pindah sekolah, izin prakerin, izin penelitian, ijazah hilang, dan NPSN. 

"Jadi di antara pelayanan tersebut sudah ada yang bisa diakses melalui aplikasi simpodik.tangerangkota.go.id atau melalui web e_pendidikan.tangerangkota.go.id," terangnya, Rabu 9 Maret 2022.

Ketua PGRI Kota Tangerang itu menambahkan, dalam mengurus administrasi kependidikan masyarakat wajib melengkapi data yang dibutuhkan untuk mempercepat proses pembuatan berkas. 

"Misal, untuk mutasi atau pindah sekolah ke luar kota, orangtua siswa wajib membawa dokumen seperti surat pindah sekolah asal, identitas siswa di raport, nilai terakhir dan riwayat pindah sekolah," papar Jamal. 

Jamal menambahkan, selama pandemi Covid-19 beberapa pelayanan dilakukan secara daring. Namun pihaknya tetap mencantumkan nomor operator serta tata cara dan persyaratan dalam mengurus berkas kependidikan. 

"Meskipun kondisi pandemi pelayanan tetap kami berikan, bahkan ketika level PPKM turun pelayanan di TCC aktif kembali," jelasnya. 

Ia menegaskan, untuk ke depannya beberapa proses adiministrasi kependidikan di Kota Tangerang akan secara digital atau online. "Tetapi untuk mengurus legalisir ijazah dan ijazah hilang tetap harus melalui TCC di Dinas Pendidikan Kota Tangerang," ucapnya. 

Ia berharap, dengan adanya pelanan di TCC dapat membantu masyarakat dalam mengurus berkas atau administrasi kependidikannya dengan mudah dan cepat. 

"Juga tidak ada biaya yang harus dikeluarkan sedikitpun, semuanya gratis dalam mengurus berkas di TCC," pungkasnya.

BISNIS
Bank bjb Siapkan Uang Tunai Rp12,5 Triliun Sambut Lebaran 2024, Sediakan Layanan Penukaran Terpadu

Bank bjb Siapkan Uang Tunai Rp12,5 Triliun Sambut Lebaran 2024, Sediakan Layanan Penukaran Terpadu

Rabu, 27 Maret 2024 | 16:44

Bank bjb memperkirakan secara musiman kebutuhan likuiditas masyarakat, terutama uang tunai meningkat pada bulan Ramadan apalagi menjelang Idul Fitri 1445 H/2024.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

OPINI
Ramadan Bulan Ampunan, Utang Pinjol Malah Bertebaran

Ramadan Bulan Ampunan, Utang Pinjol Malah Bertebaran

Rabu, 20 Maret 2024 | 15:57

Ramadan adalah bulan suci yang identik dengan ampunan dan bulan penuh ketakwaan. Namun, nyatanya hal ini tidak menjadikan pelaku kemaksiatan berkurang. Salah satu kemaksiatan yang semakin marak adalah pinjaman online atau pinjol.

SPORT
Tangerang Lawan Tangerang, Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persita vs Dewa United 

Tangerang Lawan Tangerang, Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persita vs Dewa United 

Selasa, 26 Maret 2024 | 14:31

Pekan ke-30 BRI Liga 1 musim 2023/2024 akan menyajikan pertandingan antara dua tim yang sama-sama bermarkas di Tangerang, yakni Persita melawan Dewa United.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill