Connect With Us

Ditemukan Puluhan Ribu Kartu Perdana Palsu di Tangerang, Digunakan untuk Penipuan dan Sebar Hoax

Rangga Agung Zuliansyah | Rabu, 30 Maret 2022 | 20:39

Barang bukti puluhan ribu kartu perdana berbagai provider dari dua tersangka. Kartu tersebut disinyalir digunakan sebagai penyebaran berita bohong alias hoax atau melakukan aksi penipuan. (@TangerangNews / Rangga A Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Polres Metro Tangerang Kota menyita puluhan ribu kartu perdana berbagai provider dari dua tersangka. Kartu tersebut disinyalir digunakan sebagai penyebaran berita bohong alias hoax atau melakukan aksi penipuan.

Kedua tersangka berinisial A dan R telah lebih dari satu tahun menjual karti perdana tersebut di Kota Tangerang, dimana mereka melakukan registrasi dengan menggunakan identitas milik orang lain.

Dari tangan tersangka polisi mengamankan 89.171 buah kartu perdana, dengan rincian 10.400 buah kartu perdana yang telah terdaftar dengan identitas milik orang lain atau identitas palsu. Sedangkan 78.771 buah kartu perdana belum terdaftar.

"Penjualan kartu perdana ini harganya lebih mahal, dijual melalui online serta toko seluler, karena telah terisi identitas sehingga masyarakat tinggal menggunakannya," kata Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Pol Komarudin, Rabu 30 Maret 2022.

Namun hal tersebut justru menjadi celah para pelaku kejahatan untuk melancarkan aksinya, sehingga dicegah penyebaran kartunya.

Menurut Kapolres kartu perdana siap jual ini dapat langsung digunakan masyarakat karena telah teregistrasi identitas orang lain.

"Akan tetapi kerap kali digunakan untuk penyebaran berita bohong alasi hoax serta berbagai modus penipuan," ujar Kapolres.

Selain barang bukti kartu perdana, polisi juga menyita tiga unit laptop, modem dan flasdisk yang digunakan tersangka untuk melakukan registrasi.

Kapolres menghimbau masyarakat untuk tidak membeli kartu perdana dengan identitas orang lain atau pemalsuan identitas, karena pihaknya akan lakukan pengembangan dan penggunanya dapat diproses secara hukum yang berlaku.

KOTA TANGERANG
THR Tak Kunjung Cair, Lapor ke Posko Ini di Kota Tangerang

THR Tak Kunjung Cair, Lapor ke Posko Ini di Kota Tangerang

Jumat, 29 Maret 2024 | 13:52

Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Tangerang membuka posko pengaduan terkait pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR)

BANTEN
PLN Nyalakan Listrik Serentak 224 Masjid dan Musala di Banten

PLN Nyalakan Listrik Serentak 224 Masjid dan Musala di Banten

Jumat, 29 Maret 2024 | 09:38

Sebanyak 224 masjid dan musala di Provinsi Banten dinyalakan listrik serentak oleh PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Banten, Kamis, 28 Maret 2024.

BISNIS
Bank bjb Siapkan Uang Tunai Rp12,5 Triliun Sambut Lebaran 2024, Sediakan Layanan Penukaran Terpadu

Bank bjb Siapkan Uang Tunai Rp12,5 Triliun Sambut Lebaran 2024, Sediakan Layanan Penukaran Terpadu

Rabu, 27 Maret 2024 | 16:44

Bank bjb memperkirakan secara musiman kebutuhan likuiditas masyarakat, terutama uang tunai meningkat pada bulan Ramadan apalagi menjelang Idul Fitri 1445 H/2024.

PROPERTI
Rekomendasi Warna Cat Rumah untuk Sambut Lebaran 2024

Rekomendasi Warna Cat Rumah untuk Sambut Lebaran 2024

Senin, 25 Maret 2024 | 20:03

Sudah menjadi tradisi di Indonesia, momen hari raya menjadi kesempatan yang baik untuk berkumpul bersama kerabat dan sahabat.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill