Connect With Us

Budaya Keramas Bareng Warga Bantaran Cisadane Tangerang Sambut Ramadan

Achmad Irfan Fauzi | Sabtu, 2 April 2022 | 17:51

| Dibaca : 489

Para warga Babakan menggelar tradisi keramas bareng di bantaran Sungai Cisadane, Kota Tangerang. (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi )

TANGERANGNEWS.com-Para warga Babakan menggelar tradisi keramas bareng di bantaran Sungai Cisadane, Jalan Kalipasir, Kota Tangerang menyambut bulan suci Ramadan, Sabtu 2 April 2022.

Ketua RW2 Kelurahan Babakan, Ahmad Sobirin mengungkapkan, tradisi keramas bareng yang sudah dilakukan sejak puluhan tahun lalu ini untuk mensucikan diri dalam memasuki ibadah puasa. 

"Ini adalah rangkaian kegiatan terakhir, acara keramas bareng. Sebelumnya kita sudah melaksanakan acara nisfu syaban, pawai obor, dan munggahan," ujarnya.

Para warga tampak antusias mengikuti tradisi rutinan tersebut. Terlebih, dua tahun terakhir tradisi ini ditiadakan karena pandemi Covid-19.

"Sekarang juga kebetulan kita dapat support dari pihak kepolisian, TNI, dan Tagana dalam rangkaian ini," jelasnya. 

Dalam kegiatan tradisi ini, para warga melakukan keramas bareng menggunakan sampo. Kegiatan mereka pun dipantau langsung oleh Tim Tagana di aliran Sungai Cisadane.

"Tahun-tahun lalu kita menggunakan merang, untuk kali ini kita agak kesulitan untuk mendapatkannya. Jadi kita menggunakan shampo yang ada," tambahnya.

Sopiah, 62, salah satu peserta keramas bareng mengaku senang, karena masih bisa kembali melakukan tradisi tersebut.

"Bahagia senang semua, menyambut bulan puasa," tuturnya.

OPINI
Permasalahan Sampah di Tangerang Menjadi Tugas Bersama

Permasalahan Sampah di Tangerang Menjadi Tugas Bersama

Rabu, 30 November 2022 | 17:27

Tangerang Raya yang dihuni sekitar 2 juta penduduk dan terkenal akan industri ini, selalu berbenah diri. Mulai dari perbaikan infrastruktur, penanganan bencana dan kenyamanan lingkungan

BISNIS
Pengembang Lippo Bentuk URBNX Dorong Generasi Muda Berkarya

Pengembang Lippo Bentuk URBNX Dorong Generasi Muda Berkarya

Jumat, 2 Desember 2022 | 15:40

TANGERANGNEWS.com-URBNX, komunitas yang dibentuk PT Lippo Karawaci, berupaya menghubungkan generasi milenial dan generasi z, yang memiliki ide menarik untuk menciptakan impact demi kehidupan yang lebih baik.

NASIONAL
 Putri Wapres Luncurkan Buku Bahas Labelisasi Halal di Indonesia

Putri Wapres Luncurkan Buku Bahas Labelisasi Halal di Indonesia

Minggu, 4 Desember 2022 | 18:51

TANGERANGNEWS.com-Siti Nur Azizah, putri ketiga Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia KH Ma'ruf Amin, meluncurkan karya buku terbarunya yang berjudul Towards Halal.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill