Connect With Us

Polrestro Tangerang Diminta Selidiki Legalitas Pistol Pengendara Moge Kasus Pemukulan di Ciledug

Tim TangerangNews.com | Sabtu, 7 Mei 2022 | 15:20

| Dibaca : 8377

Ilustrasi senjata api. (@TangerangNews / Thinkstock via Kompas )

TANGERANGNEWS.com–Kasus seorang pengendara motor gede (moge) memukul seorang pria di Ciledug, Kota Tangerang yang diduga menggunakan senjata api berujung damai. Polres Metro Tangerang Kota disarankan mengusut legalitas dari senjata api yang digunakan pengendara moge tersebut.

Menurut pakar psikologi forensik Reza Indagiri Amriel, masalah pidana lainnya yang juga perlu diproses hukum dalam perkara itu adalah terkait kepemilikan dan penyalahgunaan benda yang menyerupai senjata api. “Polisi perlu memeriksa kemungkinan adanya pelanggaran dalam pemenuhan syarat kepemilikan senjata api itu,” ujar Reza seperti dilansir dari Tempo, Sabtu 7 Mei 2022.

Dengan kata lain, Reza menekankan,  di samping memeriksa individu pelaku, Polres Metro Tangerang patut meninjau perlunya investigasi ke lingkup organisasi.

Reza juga berpendapat, di samping penerapan mekanisme litigasi, Polres Metro Tangerang dapat menjajaki kemungkinan pemberian sanksi sosial kepada pelaku.

Lebih jauh Reza menilai sikap impulsif sering muncul dari seseorang yang mempunyai senjata api. Sebelumnya, peristiwa yang mirip di Ciledug juga pernah terjadi di tempat lain.

“Keberadaan senjata (api) di tangan memang bisa membuat pemiliknya menjadi impulsif. Dia bisa sewaktu-waktu terdorong demonstratif tanpa didahului niat sebagaimana lazimnya perilaku manusia," terang dosen dari Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) ini.

Sebelumnya, pihak kepolisian telah mempertemukan kedua belah pihak pada Rabu 4 Mei 2022. Pihak pelapor dan pihak terlapor telah menyelesaikan permasalahan tersebut dengan musyawarah secara kekeluargaan dan tanpa ada paksaan dari pihak mana pun.

Pelaku berinisial N bersedia melakukan ganti rugi dengan menanggung biaya pengobatan korban yang mengalami luka-luka. Namun, kepolisian tidak menjelaskan soal jenis dan izin kepemilikan dari pistol yang digunakan N.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan hanya menyebutkan bahwa dari mediasi antara korban dan pelaku, keduanya sepakat tak melanjutkan masalah tersebut.

KOTA TANGERANG
Simak Syarat dan Cara Daftar PPDB SD Kota Tangerang 2023

Simak Syarat dan Cara Daftar PPDB SD Kota Tangerang 2023

Selasa, 30 Mei 2023 | 14:32

TANGERANGNEWS.com- Jelang Penerimaan Siswa Didik Baru (PPDB) untuk tingkatan sekolah dasar (SD), penting untuk memperhatikan syarat dan cara pendaftarannya.

NASIONAL
Miris, Bocah Tak Tahu Lagu Anak Malah Jawab Ini

Miris, Bocah Tak Tahu Lagu Anak Malah Jawab Ini

Selasa, 30 Mei 2023 | 11:54

TANGERANGNEWS.com- Lagu-lagu yang ditujukkan untuk kalangan usia anak rupanya makin kurang diminati oleh pasarnya sendiri. Salah satunya seperti yang terlihat dalam unggahan akun TikTok @riyantikus.

HIBURAN
Detail Menarik dalam Trailer Bleach Thousand Year Blood War Part 2, Ada Bankai Shinji Hirako

Detail Menarik dalam Trailer Bleach Thousand Year Blood War Part 2, Ada Bankai Shinji Hirako

Senin, 29 Mei 2023 | 13:33

TANGERANGNEWS.com- Trailer terbaru anime Bleach Thousand Year Blood War part 2 telah resmi dirilis pada Minggu, 28 Mei 2023, dalam cuplikan singkat tersebut terdapat beberapa detail menarik.

TANGSEL
2 Pegawai Panti Rehabilitasi Narkoba di Pamulang Tangsel Edarkan Sabu

2 Pegawai Panti Rehabilitasi Narkoba di Pamulang Tangsel Edarkan Sabu

Selasa, 30 Mei 2023 | 18:28

TANGERANGNEWS.com-Sat Resnarkoba Polres Metro Tangerang Kota mengamankan tiga orang terduga pelaku tindak pidana penyalahgunaan narkotika jenis sabu.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill