Connect With Us

MTQ XXI Kota Tangerang Resmi Dibuka, Pemkot Harapkan Al-Quran Bisa Diaktualisasikan

Advertorial | Senin, 23 Mei 2022 | 13:13

MTQ ke-XXI tingkat Kota Tangerang tahun 2022 resmi dibuka di Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Senin 23 Mei 2022. (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi)

TANGERANGNEWS.com-Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-XXI tingkat Kota Tangerang tahun 2022 resmi dibuka di Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Senin 23 Mei 2022. Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang pun mengharapkan nilai-nilai Al-Quran bisa diaktualisasikan.

Pembukaan MTQ XXI Kota Tangerang diawali dengan penampilan parade dari setiap kontingen atau kafilah. Lalu, dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Quran.

Kemudian sambutan-sambutan, pengukuhan dewan hakim, dan pemukulan bedug oleh Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah sebagai tanda dibukanya MTQ.

Wali Kota Arief mengatakan, hari ini perdana diselenggarakannya MTQ Kota Tangerang setelah vakum selama dua tahun akibat pandemi Covid-19.

"Karena tanda-tanda kondisinya (pandemi Covid-19) sudah terus membaik berkat protokol kesehatan yang kita lewati kurang lebih dua tahun, sehingga kita semua aman dan nyaman termasuk vaksinasi yang mampu membentengi diri, keluarga, dan masyarakat. Maka hari ini kita bisa melaksanakan MTQ di Kota Tangerang," ujarnya.

Arief mengaku bangga bisa melihat kembali kafilah-kafilah Kota Tangerang dari 13 kecamatan dalam penyelenggaraan MTQ ini. Menurutnya, MTQ ini diharapkan tidak hanya sekadar perlombaan, tetapi sebagai momen untuk mengaktualisasikan nilai-nilai Al-Quran di kota bermotto Akhlakul Karimah.

"Mudah-mudahan semua berlangsung dengan baik dan tentunya bisa mensyiarkan kebaikan-kebaikan, nilai-nilai Islam yang rahmatan lilalamin dan tentunya bisa mengaktualisasikan semangat cinta Al-Quran kepada masyarakat Kota Tangerang," jelasnya.

Arief menambahkan, MTQ Kota Tangerang ini juga sebagai bagian dalam mempersiapkan MTQ tingkat provinsi maupun nasional yang akan digelar pada waktu mendatang.

"Ya ini sekarang dalam bagian proses untuk mempersiapkan diri mudah-mudahah setelah selesai di sini, ketua LPTQ dengan pengurusnya sudah punya persiapan-persiapan pemantapan mudah-mudahan bisa mewakili Provinsi Banten, dan tingkat nasional. Karena anak-anak kita begitu potensinya begitu besar," imbuhnya.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Tangerang Rakhmansyah menambahkan, MTQ XXI Kota Tangerang dengan tema 'Bersama Al-Quran Kita Bangun Masyarakat Kota Tangerang yang Sejahtera, Berdaya Saing dan Berakhlakul Kharimah' digelar selama tiga hari, atau sampai Rabu 25 Mei 2022.

Adapun venue pelaksanaan MTQ Kota Tangerang tahun 2022 ini berada di Selasar Puspem Kota Tangerang, Gedung MUI Kota Tangerang, Masjid Raya Al-Azhom, dan sejumlah ruang Puspem Kota Tangerang.

Rakhmansyah melanjutkan, MTQ XXI Kota Tangerang diikuti 625 peserta yang berasal dari kafilah 13 kecamatan. Mereka bersaing di tujuh mata lomba.

Adapun tujuh mata lomba yang digelar ialah lomba Tilawah mulai dari murotal anak, remaja, dewasa hingga qiraah sabaah mujawwad. Lomba tahfiz mulai dari 1 juz, 5 juz, 10 juz, 20 juz hingga 30 juz.

Lomba kaligrafi kategori dekorasi dan hiasan mushaf, lomba qiraat kutub kategori ula, wushta dan ulya. Serta adanya lomba syahril qur’an dan fahmil qur’an.

"MTQ ini sebagai pembinaan bagi santri berpotensi sehingga bisa mengikuti MTQ lebih tinggi lagi," ucapnya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Tangerang Indri Astuti menyampaikan, pihaknya menyediakan media center sebagai pusat informasi terkait jadwal dan hasil perlombaan selama MTQ berlangsung.

Selain sebagai media informasi terkait jadwal dan hasil perlombaan selama MTQ, di media center ini juga disediakan laptop, komputer, dan wifi bagi media yang ingin mengunggah berita tentang MTQ ini.

Ia melanjutkan, selain media center Diskominfo juga melakukan publikasi secara masif melalui sosial media dan juga spanduk maupun baliho.

"Seluruh informasi tentang MTQ ini juga kami sebarluaskan melalui media cetak maupun elektronik termasuk media sosial, spanduk, dan juga baligho, sehingga masyarakat dapat langsung menerima informasi terkait kegiatan MTQ ke-21," lanjutnya.

Sementara itu, Camat Karang Tengah Malkan Al-Masqo mengaku optimistis bisa memenangkan atau menjadi juara umum dalam perhelatan MTQ XXI Kota Tangerang.

"Tentunya kami optimis. Kami membawa kekuatan penuh. Semua lomba diikuti," ucapnya.

Senada, Komedian Aziz Gagap yang berada dalam rombongan kafilah Kecamatan Karang Tengah juga mengharapkan, Kecamatan Karang Tengah bisa menang.

"Harapannya kita menjadi juara umum. Setidaknya kita sudah berusaha dan berdoa. Terkait menang urusan Allah," pungkasnya.

 

HIBURAN
Sedih Kembali Bekerja Usai Libur Panjang, Simak 5 Cara Mengatasi Post Holiday Blues

Sedih Kembali Bekerja Usai Libur Panjang, Simak 5 Cara Mengatasi Post Holiday Blues

Rabu, 17 April 2024 | 10:25

Setelah menikmati liburan Lebaran yang menyenangkan, banyak pekerja mengalami apa yang disebut sebagai post holiday blues, yakni perasaan sedih dan kehilangan ketika kembali ke rutinitas kerja.

KAB. TANGERANG
Usai Libur Lebaran 2024, Pemohon Kartu Kuning di Kabupaten Tangerang Capai 500 Per Hari

Usai Libur Lebaran 2024, Pemohon Kartu Kuning di Kabupaten Tangerang Capai 500 Per Hari

Kamis, 18 April 2024 | 18:12

Pasca libur lebaran 2024, pemohon kartu kuning atau kartu pencari kerja di Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Tangerang meningkat hingga 500 orang per hari.

NASIONAL
Info Lowongan Kerja, Simak Syarat dan Kualifikasi Rekrutmen KAI

Info Lowongan Kerja, Simak Syarat dan Kualifikasi Rekrutmen KAI

Kamis, 18 April 2024 | 12:51

PT Kereta Api Indonesia (Persero), atau KAI, tengah membuka rekrutmen terbaru untuk tahun 2024 dengan menawarkan lowongan kerja bagi lulusan S1 dari berbagai jurusan.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill