Connect With Us

Tekan Angka Stunting, Dindik Libatkan Guru PAUD dan TK di Kota Tangerang

Achmad Irfan Fauzi | Senin, 23 Mei 2022 | 15:38

Dindik Kota Tangerang menggelar sosialisasi pencegahan dan penanganan stunting. (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi)

TANGERANGNEWS.com - Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Tangerang menggelar sosialisasi pencegahan dan penanganan stunting dengan tema 'Anak Sehat Generasi Sehat'.

Para guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) pun dilibatkan sebagai peserta sosialisasi yang berlangsung di Aula Gedung PGRI Kota Tangerang, Senin 23 Mei 2022.

Kabid PAUD dan Pendidikan Non Formal Dindik Kota Tangerang Hendriyanto menjelaskan, stunting di Kota Tangerang masih berada di angka 8,03 persen.

"Maka, angka stunting perlu ditekan, sehingga kami lakukan sosialisasi penanganan stunting ini. Pesertanya merupakan guru KB, TPA, SPS," ujarnya.

Dalam sosialisasi tersebut, kata Hendri, yang perlu ditekankan adalah pemberian makan tambahan di sekolah agar stunting bisa teratasi.

"Kami tekankan bagaimana seorang guru memahami konsep penurunan stunting melalui pembelajaran di PAUD, terus juga pemenuhan kesehatan dan gizi yang ada di sekolah-sekolah KB, TK, dan SPS melalui pemberian makan tambahan," jelasnya.

Para guru PAUD mempunyai peran penting untuk memberikan edukasi langsung kepada orang tua atau wali murid tentang pentingnya pemberian gizi berimbang.

"Guru-guru ini berhadapan langsung dengan anak, dan berkomunikasi aktif dengan orang tua didik yang ada di sekolahnya masing-masing agar memberikan penjelasan," imbuhnya.

Hendri pun meminta kepada para guru untuk bekerja sama dengan orang tua murid dalam melakukan pemantauan kesehatan dan gizi anak secara rutin.

"Lalu melakukan penimbangan di Posyandu dan mendapatkan vitamin A. Kemudian memastikan anak mendapatkan makanan bergizi yang sehat, baik di sekolah atau di rumah," lanjut dia.

Selain melakukan sosialisasi, tambah Hendri, pihaknya juga memberikan nomor statistik sekolah (NSS) secara gratis bagi 722 lembaga sekolah di Kota Tangerang.

"NSS ini sebelumnya semua lembaga belum memiliki, maka kita terbitkanlah NSS untuk lembaga PAUD, KB, TK, SPS secara gratis. Jadi, NSS ini digunakan dalam rangka pengisian data format isian yang ada di Dindik," pungkasnya.

TEKNO
Terbaru, Cara Ubah Foto Jadi Stiker Tanpa Aplikasi Tambahan

Terbaru, Cara Ubah Foto Jadi Stiker Tanpa Aplikasi Tambahan

Jumat, 12 April 2024 | 14:02

Aplikasi perpesanan WhatsApp kembali mengeluarkan fitur terbaru, Jumat, 12 April 2024.

KOTA TANGERANG
Naik 20%, Volume Sampah di Kota Tangerang Tembus 1.800 Ton Selama Libur Lebaran 2024

Naik 20%, Volume Sampah di Kota Tangerang Tembus 1.800 Ton Selama Libur Lebaran 2024

Selasa, 16 April 2024 | 10:03

Volume sampah di Kota Tangerang mengalami peningkatan 20 persen atau sebanyak 1.800 ton per hari selama libur Lebaran 2024.

MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill