Connect With Us

Ratusan Calon Jemaah Haji di Kota Tangerang Dites Usap Covid-19

Achmad Irfan Fauzi | Jumat, 3 Juni 2022 | 16:06

Swab test calon jemaah haji Kota Tangerang. (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi)

TANGERANGNEWS.com-Sebanyak 393 calon jamaah haji kloter pertama di Kota Tangerang, menjalani proses tes usap atau swab test Covid-19 di Kantor MUI Kota Tangerang, Jumat 3 Juni 2022.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tangerang Badri Hasun mengatakan, proses test swab itu sebagai bentuk kelengkapan syarat para calon jamaah sebelum berangkat menunaikan ibadah haji di tanah suci Makkah.

"Untuk sekarang ini ada penerapan baru yang diminta oleh pihak Arab Saudi. Di mana, harus PCR dengan pemberlakuan 72 jam sebelum keberangkatan. Jadi, Insya Allah besok jamaah haji kloter kedua Provinsi Banten akan diberangkatkan," ujarnya.

Menurutnya, para calon jamaah haji akan dilepas di Masjid Agung Al-Azhom pada Sabtu, 4 Juni 2022 pagi, menuju Asrama Pondok Gede.

"Dilepas di Masjid Al-Azhom pada besok pagi, lalu menuju Asrama Pondok Gede, hingga nanti diberangkatkan ke bandara menuju tanah suci," ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang dr Dini Anggraeni mengatakan, dalam pelaksanaan swab test ini dikerahkan 41 tenaga medis. Ada pula pembagian shift menjadi 3 untuk di Labkesda, agar proses pengecekan hasil swab test di laboratorium dapat selesai dengan cepat.

"Kita sudah siapkan tenaga medis dan laboratoriumnya dan untuk biaya PCR ditanggung oleh Kemenkes, dan tidak ada biaya tambahan," jelasnya.

Nantinya, bila ditemukan ada hasil yang positif Covid-19, maka calon jamaah haji akan ditunda keberangkatannya menuju Mekkah dan digantikan dengan keberangkatan selanjutnya.

"Jadi sesuai prosedur kalau ada yang positif, maka harus isolasi dan tidak jadi atau ditunda keberangkatannya. Nanti akan diusulkan pihak Kementerian Agama, untuk diatur kembali keberangkatannya selesai isolasi," pungkasnya.

MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

TEKNO
Trafik Data Telkomsel Diprediksi Melonjak 15% saat RAFI 2024, Paling Tinggi Game Online

Trafik Data Telkomsel Diprediksi Melonjak 15% saat RAFI 2024, Paling Tinggi Game Online

Kamis, 28 Maret 2024 | 01:09

Telkomsel memproyeksikan terjadinya pertumbuhan trafik broadband hingga 15,22% dibandingkan hari biasa selama momen Ramadan dan Idulfitri (RAFI) 2024.

BISNIS
Bank bjb Siapkan Uang Tunai Rp12,5 Triliun Sambut Lebaran 2024, Sediakan Layanan Penukaran Terpadu

Bank bjb Siapkan Uang Tunai Rp12,5 Triliun Sambut Lebaran 2024, Sediakan Layanan Penukaran Terpadu

Rabu, 27 Maret 2024 | 16:44

Bank bjb memperkirakan secara musiman kebutuhan likuiditas masyarakat, terutama uang tunai meningkat pada bulan Ramadan apalagi menjelang Idul Fitri 1445 H/2024.

HIBURAN
Lagi Viral di TikTok, Begini Cara Lihat Tahun Lama di Aplikasi Google Maps

Lagi Viral di TikTok, Begini Cara Lihat Tahun Lama di Aplikasi Google Maps

Rabu, 27 Maret 2024 | 14:35

Baru-baru ini tengah viral di media sosial TikTok sebuah tren melihat tahun lama di aplikasi Google Maps.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill