Connect With Us

Bertemu Penjabat Gubernur Banten, Mahasiswa Dorong Persoalan Banjir Kota Tangerang

Achmad Irfan Fauzi | Sabtu, 4 Juni 2022 | 17:10

| Dibaca : 396

Sekelompok mahasiswa dari Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) menyampaikan sejumlah persoalan terutama terkait banjir yang kerap melanda Kota Tangerang. Hal itu disampaikan saat beraudiensi dengan Penjabat Gubernur Banten Al Muktabar. (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi)

TANGERANGNEWS.com-Sekelompok mahasiswa dari Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) menyampaikan sejumlah persoalan terutama terkait banjir yang kerap melanda Kota Tangerang. Hal itu disampaikan saat beraudiensi dengan Penjabat Gubernur Banten Al Muktabar.

Ketua DPC GMNI Kota Tangerang Reza Setiawan mengatakan, peristiwa banjir yang selalu melanda wilayah Kota Tangerang terutama di Kecamatan Periuk harus menjadi perhatian.

"Kami mengarapkan agar Pj Gubernur dapat mengambil langkah konkret untuk penanggulangan banjir di wilayah Kota Tangerang,” ujarnya kepada TangerangNews, Sabtu 4 Juni 2022.

Pertemuan audiensi dengan Al Muktabar telah dilakukan di Rumah Dinas Penjabat Gubernur Banten, di Serang, Banten pada Jumat 3 Juni 2022.

Dalam kesempatan itu, Reza meminta agar Penjabat Gubernur Banten dapat melakukan penanganan banjir tersebut dengan berkoordinasi bersama Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Sebab, persoalan banjir di Kecamatan Periuk dipicu dari meluapnya Sungai Cirarab.

“Terkait normalisasi sungai ini harus ada komunikasi persuasif antar dua provinsi agar aliran air dari hulu ke hilir tidak selalu juga menyebabkan banjir," ucapnya.

Menurut Reza, antara Pemerintah Provinsi Banten dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat harus melakukan pembahasan terkait normalisasi sungai.

“Kami juga berharap Pemprov dapat merekomendasikan regulasi baru agar setiap daerah yang rawan banjir ini memiliki kewenangan khusus dalam menormalisasi sungai yang melintasi wilayahnya.  Agar dapat meminimalisir terjadinya banjir. Yang kita ketahui juga adanya nilai ekonomis pada lumpur yang dikeruk dari dasar sungai,” jelasnya.

Penjabat Gubernur Banten Al Muktabar mengatakan, dirinya membuka diri untuk menerima kritik terutama terkait aspirasi yang membangun.

“Saya mengapresiasi kedatangan teman-teman dari GMNI. Nanti ke depannya kita sama-sama untuk berbenah agar Provinsi Banten terus berkembang lebih baik,” katanya.

Al Muktabar juga menanggapi dengan serius terkait normalisasi sungai yang mengandung nilai ekonomis. Menurut dia, hal ini sangat baik, akan tetapi perlu memperhatikan Amdal.

"Saya dapat tanggapi bahwasanya permasalahan banjir juga adalah masalah serius khususnya di wilayah Tangerang. Terkait normalisasi sungai yang di mana lumpurnya mengandung nilai ekonomis, tentunya kita juga perlu memperhatikan aspek dampak lingkungan. Maka saya akan coba berkoordinasi dengan kepala daerah agar dapat solusi konkret atas permasalahan tersebut," pungkasnya.

KAB. TANGERANG
 Terjebak di Lantai 2, Wanita Muda Tewas dalam Kebakaran Rumah di Kosambi Tangerang

Terjebak di Lantai 2, Wanita Muda Tewas dalam Kebakaran Rumah di Kosambi Tangerang

Kamis, 11 Agustus 2022 | 11:02

TANGERANGNEWS.com-Nasib malang menimpa wanita berinisial IS, 21. Ia tewas akibat terjebak dalam kebakaran rumah di Kampung Jati Mulya, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang, Kamis 11 Agustus 2022, dini hari.

KOTA TANGERANG
Balita di Tangerang Minum Obat Kedaluwarsa dari Puskesmas, DPRD Sebut Sama Saja Meracuni

Balita di Tangerang Minum Obat Kedaluwarsa dari Puskesmas, DPRD Sebut Sama Saja Meracuni

Rabu, 10 Agustus 2022 | 20:33

TANGERANGNEWS.com-Anggota Komisi II DPRD Kota Tangerang Saiful Milah menyoroti insiden anak di bawah lima tahun (balita) yang minum obat kedaluwarsa dari puskesmas setelah imunisasi di Posyandu Bunga Kenanga, Kelurahan Pondok Pucung

TOKOH
Siapa Pesulap Merah? Ternyata Asal Tangerang

Siapa Pesulap Merah? Ternyata Asal Tangerang

Senin, 8 Agustus 2022 | 19:49

TANGERANGNEWS.com-Baru-baru ini, karakter Pesulap Merah menjadi perbincangan publik. Pria bernama panggung Marcel Radhival ini ternyata berasal dari Tangerang.

OPINI
Perjalanan Panjang Tak Berujung Calon Pengawas SMA/SMK/SKh Provinsi Banten

Perjalanan Panjang Tak Berujung Calon Pengawas SMA/SMK/SKh Provinsi Banten

Senin, 8 Agustus 2022 | 10:11

TANGERANGNEWS.com-Peran pengawas adalah penjamin terselenggaranya pendidikan yang sesuai dengan tujuan pendidikan nasional. Hal ini tertuang dalam Permendikbud No.28 tahun 2018. Pengawas memiliki fungsi baik fungsi akademik maupun fungsi manajerial.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill