Connect With Us

SDN Sukasari 5 Tangerang Gelar Pendidikan kewirausahaan sejak dini

Achmad Irfan Fauzi | Sabtu, 11 Juni 2022 | 12:24

| Dibaca : 709

Kegiatan projek penguatan profil pelajar Pancasila di SDN Sukasari 5 Kota Tangerang. (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi)

TANGERANGNEWS.com-Pendidikan kewirausahaan sejak dini sudah ditanamkan kepada para siswa di SDN Sukasari 5 Kota Tangerang dengan menggelar kegiatan projek penguatan profil pelajar Pancasila.

Pihak sekolah mengemas projek penguatan profil pelajar Pancasila tersebut dengan kewirausahaan bertema 'mengenali makna, karakter, dan peran wirausaha dalam kehidupan manusia'.

Dalam acara hari penjualan tersebut, para siswa kelas satu sampai dengan kelas lima yang terbagi dalam 19 kelompok menampilkan karya produk-produknya dalam stan-stan untuk dipasarkan di SDN Sukasari 5 Kota Tangerang, Sabtu 11 Juni 2022.

Ketua panitia acara tersebut, Badruddin mengatakan, pihaknya ingin menanamkan jiwa kewirausahaan sejak dini kepada para siswa. Sehingga kelak mereka bisa menjadi pengusaha.

"Tema ini kami masukkan untuk melatih peserta didik, melatih keberanian, melatih kemandirian, dan melatih berusaha. Sehingga ketika dewasa tidak bercita-cita menjadi karyawan, tapi wirausahawan," ujarnya.

Dalam hari penjualan produk, para siswa tampak menampilkan dagangan aneka makanan dan minuman seperti tekwan, dongkal, siomay, pempek, salad buah, dan es jeruk. Mereka juga mempresentasikan produknya di hadapan para guru dan walinya.

"Secara mayoritas produk yang disajikan sesuai dengan keinginan anak-anak. Jadi produk tersebut ditentukan anak didik," katanya.

Adapun sebelum menjual produknya, kata Badruddin, para siswa melakukan observasi terkait produk yang akan dijualnya. 

Lalu saat sudah menentukan karya produk dagangannya, para siswa didampingi walinya untuk merealisasikannya.

"Untuk bahan baku dan modalnya itu swadaya orang tua sesuai dengan kelompoknya masing-masing. Sekolah hanya memberikan pelajaran dan hanya memfasilitasi. Jadi, dari modal dan cara pembuatan kolaborasi antara orang tua dan anak," jelasnya.

Sementara itu, salah satu wali kelas 1A dari kelompok D, Rikha Asridan, menyampaikan melalui kegiatan ini para siswa bisa terbentuk karakternya sebagai pengusaha untuk menjalani kehidupan dalam menjalankan nilai-nilai Pancasila.

"Tentu ini menjadi awal kebangkitan kegiatan siswa di sekolah. Mudah-mudahan bisa terus berjalan," pungkasnya.

BANDARA
Hadirkan 3.800 Produk UMKM di Bandara Soetta, Angkasa Pura II Diganjar Rekor Muri

Hadirkan 3.800 Produk UMKM di Bandara Soetta, Angkasa Pura II Diganjar Rekor Muri

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 21:46

TANGERANGNEWS.com-PT Angkasa Pura II (AP II) memperoleh penghargaan 'Local Creative Festival sebanyak 3800 produk UMKM di Bandar Udara' oleh Rekor Muri tepat bersamaan dengan perayaan hari jadi AP II yang ke-38.

NASIONAL
Berita Terpopuler: Gadis Diperkosa Paman, Mahasiswa Dijemur, Dukungan Zaki Pilgub DKI, hingga Makam Mewah

Berita Terpopuler: Gadis Diperkosa Paman, Mahasiswa Dijemur, Dukungan Zaki Pilgub DKI, hingga Makam Mewah

Selasa, 16 Agustus 2022 | 13:00

TANGERANGNEWS.com-Insiden gadis diperkosa pamannya menjadi berita terpopuler di TangerangNews. Pada Selasa, 16 Agustus 2022 siang, berita yang terjadi di Kabupaten Tangerang ini dibaca 370 ribu pembaca lebih.

PROPERTI
Tawarkan Program Kemerdekaan, 3 Perumahan Murah di Tangerang Bisa Jadi Pilihan

Tawarkan Program Kemerdekaan, 3 Perumahan Murah di Tangerang Bisa Jadi Pilihan

Selasa, 16 Agustus 2022 | 10:19

TANGERANGNEWS.com-Tiga perumahan di Kabupaten Tangerang bisa menjadi pilihan bagi Anda yang mencari hunian dengan harga relatif murah. Pasalnya, ketiga pengembang ini menawarkan program kemerdekaan

AYO! TANGERANG CERDAS
Jangan Keliru, Ini Penulisan Ucapan Selamat HUT RI

Jangan Keliru, Ini Penulisan Ucapan Selamat HUT RI

Senin, 15 Agustus 2022 | 12:35

TANGERANGNEWS.com-Masyarakat sering keliru menuliskan ucapan hari ulang tahun (HUT) Republik Indonesia (RI). Pada 17 Agustus 2022 ini, Indonesia merayakan HUT ke-77.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill