Connect With Us

Aplikasi dan Server PPDB Online Kota Tangerang Semakin Permudah Pendaftaran

Advertorial | Senin, 27 Juni 2022 | 12:43

Pelaksanaan PPDB Online di Kota Tangerang, Senin 27 Juni 2022. (@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Penerimaan peserta didik baru (PPDB) tingkat sekolah menengah pertama (SMP) negeri tahun ajaran 2022-2023 di Kota Tangerang mulai dibuka, Senin 27 Juni 2022.

Aplikasi dan server online untuk website PPDB telah difasilitasi Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Tangerang, dalam mendukung pelaksanaan pendaftaran.

Website PPDB publik yang menampilkan seluruh informasi PPDB dapat diakses di laman ppdb tangerangkota.go.id. Selain itu, website pendaftaran di ppdbmandiri.tangerangkota.go.id yang dapat digunakan wali murid untuk mendaftarkan anaknya secara mandiri, ganti pilihan sekolah hingga proses daftar ulang. 

Kepala SMPN 24 Tangerang Bustami mengatakan, pihaknya sangat terbantu dengan adanya aplikasi dan server yang disiapkan Diskominfo tersebut.

"Ya, dibandingkan dulu sebelum online, pendaftaran sangat menumpuk di sekolah. Tapi dengan online, kami dan wali murid terbantu, karena bisa daftar online dari rumah," katanya saat ditemui pada hari pertama pelaksanaan PPDB jenjang SMP negeri, Senin 27 Juni 2022.

Menurutnya, dengan diterapkannya pendaftaran PPDB online, para wali murid dan siswa tidak perlu datang ke sekolah. "Kalaupun datang ke sekolah, paling siswa untuk mengurus PIN untuk akses masuk ke website pendaftaran," ucap Bustami.

Adapun untuk menunjang lancarnya pelaksanaan PPDB online, pihaknya juga menyiapkan tiga petugas operator di sekolah. Hari pertama pelaksanaan PPDB online pada jalur zonasi, aplikasi dan server berjalan dengan lancar.

Bustami menuturkan, untuk PPDB tahun ini di SMPN 24 Tangerang menerima kuota 357 siswa. "Sejauh ini aman dan mudah-mudahan selalu aman, selalu tidak ada kendala," tuturnya.

Kepala Diskominfo Kota Tangerang Indri Astuti menjelaskan, secara pelaksanaan pihaknya menyiapkan empat server fisik dan delapan server online, yang dikendalikan untuk menangani lonjakan trafik pendaftaran. 

Sebelum digunakan, tim Diskominfo juga telah melakukan assesmen server atau uji coba yang hasilnya tidak ada kendala.

"Alhamdulillah pelaksanaan hari pertama hingga siang ini tidak ada kendala yang serius. Semua masih dapat ditangani oleh tim yang bertugas,” ungkap Indri.

Selain menyiapkan server dengan kecepatan jaringan yang memadai, Diskominfo juga menyiagakan 20 personel baik terkait aplikasi maupun keamanan server.

“Tim ini disiagakan 24 jam, yang juga bertugas memantau keamanan operator PPDB diseluruh sekolah SDN maupun SMPN,” katanya.

Untuk diketahui, masing-masing jalur penerimaan memiliki kuota yang berbeda-beda. Untuk jalur zonasi, tersedia sebanyak 50%, jalur prestasi sebanyak 30%, jalur afirmasi sebanyak 15%, dan jalur perpindahan tugas orang tua/wali sebanyak 5%.

Sedangkan jumlah total kuota untuk SMP yang disiapkan sebanyak 10.782 siswa di 33 sekolah negeri di Kota Tangerang.

AYO! TANGERANG CERDAS
Gen Z Makin Ogah Nonton TV, Undira Gelar Talk Show Soal Tantangan Industri Penyiaran

Gen Z Makin Ogah Nonton TV, Undira Gelar Talk Show Soal Tantangan Industri Penyiaran

Rabu, 6 Maret 2024 | 12:51

Universitas Dian Nusantara (Undira) menggelar talkshow mengusung tema “Peluang dan Tantangan Industri Penyiaran"

BISNIS
5 Alasan Mengapa Bitcoin Banyak Digunakan Sebagai Metode Transaksi

5 Alasan Mengapa Bitcoin Banyak Digunakan Sebagai Metode Transaksi

Senin, 18 Maret 2024 | 09:19

Di Indonesia, harga Bitcoin hari ini sering kali menjadi sorotan utama, mengungguli berita tentang peran Bitcoin dalam transaksi sehari-hari. Hal ini bisa dimengerti mengingat Bitcoin belum diakui sebagai alat pembayaran resmi di negeri ini.

NASIONAL
Tersedia 10 Ribu Kuota, Simak Cara Daftar Mudik PLN Bersama BUMN dan Jadwal Keberangkatannya 

Tersedia 10 Ribu Kuota, Simak Cara Daftar Mudik PLN Bersama BUMN dan Jadwal Keberangkatannya 

Minggu, 17 Maret 2024 | 14:14

Jelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, PT PLN (Persero) bersama Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menggelar program 'Mudik Asyik Bersama BUMN'.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill