Connect With Us

Wabah PMK, Pemkot Tangerang Imbau Masyarakat Selektif Memilih Hewan Kurban

Achmad Irfan Fauzi | Senin, 4 Juli 2022 | 19:56

| Dibaca : 176

Pemeriksaan kesehatan hewan kurban di Kota Tangerang. (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi)

TANGERANGNEWS.com-Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang mengimbau kepada masyarakat untuk selektif dalam memilih hewan kurban untuk ibadah Idul Adha 2022.

Hal itu menanggapi adanya wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan. Terlebih, Kota Tangerang disebut sebagai daerah terbanyak kasus PMK dengan jumlah 800-an kasus.

"Bagi umat muslim warga Kota Tangerang yang ingin melaksanakan ibadah kurban, saya mengimbau agar memilih hewan kurban yang sehat dan tidak cacat sesuai dengan kriteria," ujar Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah, Senin 4 Juli 2022.

Arief menyarankan, masyarakat terutama muslim untuk membeli hewan kurban dari lapak-lapak yang sudah mendapatkan rekomendasi pemerintah dan melakukan penyembelihan sesuai dengan panduan yang telah disosialisasikan.

"Demi menghindari risiko penyakit mulut dan kuku," pungkasnya.

Seperti diketahui, Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Tangerang tengah masif menurunkan belasan dokter hewan, untuk memeriksa seluruh kesehatan hewan kurban di seluruh peternakan hingga lapak penjualan hewan kurban di Kota Tangerang. 

Jika semua dicek, serta hasilnya aman serta sesuai standar, DKP akan memberikan stiker yang menyatakan lapak tersebut terbebas dari PMK.

"Stiker ini bisa menjadi acuan para pembeli hewan kurban, untuk lebih yakin hewan-hewan yang dijual sudah melewati pemeriksaan kesehatan dan dinyatakan sehat," kata Abduh Surahman, Kepala DKP Kota Tangerang, Selasa 14 Juni 2022.

TANGSEL
Tersulut Emosi Gegara Disebut Tidak Punya Bapak, Siswa Viral di Tangsel Minta Maaf

Tersulut Emosi Gegara Disebut Tidak Punya Bapak, Siswa Viral di Tangsel Minta Maaf

Rabu, 8 Februari 2023 | 14:05

TANGERANGNEWS.com- Siswa viral berinisial DW yang viral di media sosial gegara bertindak tidak sopan kepada staf guru SMK Pustek, Tangerang Selatan, melakukan klarifikasi dan meminta maaf.

BANTEN
Gempa 5,2 Magnitudo Guncang Banten, Pegawai Bank di Alam Sutera Tangerang Berhamburan Keluar

Gempa 5,2 Magnitudo Guncang Banten, Pegawai Bank di Alam Sutera Tangerang Berhamburan Keluar

Selasa, 7 Februari 2023 | 09:27

TANGERANGNEWS.com- Gempa bumi dengan Magnitudo (M) 5,2 mengguncang wilayah Banten, getarannya terasa hingga Tangerang, sekira pukul 07:35 WIB, Selasa 7 Februari 2023.

KAB. TANGERANG
Warga Citra Raya Tangerang Kena Hipnotis, Motor Kawasaki Ninja ZX25R Dibawa Kabur

Warga Citra Raya Tangerang Kena Hipnotis, Motor Kawasaki Ninja ZX25R Dibawa Kabur

Selasa, 7 Februari 2023 | 19:13

TANGERANGNEWS.com-Akbar Labong, warga Citra Raya, Kecamatan Panongan, Kabupaten Tangerang menjadi korban hipnotis di rumahnya, Pelaku berhasil membawa kabur Kawasaki Ninja ZX25R.

KOTA TANGERANG
 Wali Kota Tangerang Usulkan Anggaran BTT Bisa Buat Tangani Kemiskinan Ekstrem

Wali Kota Tangerang Usulkan Anggaran BTT Bisa Buat Tangani Kemiskinan Ekstrem

Jumat, 3 Februari 2023 | 18:54

TANGERANGNEWS.com-Wali Kota Tangerang H Arief R Wismansyah memaparkan program-program Pemkot Tangerang, dalam penanganan stunting dan kemiskinan ekstrem, di hadapan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill