Connect With Us

Masa Pengenalan Sekolah di Kota Tangerang Dilarang Ada Perpeloncoan Siswa Baru

Achmad Irfan Fauzi | Senin, 11 Juli 2022 | 11:46

Pelaksanaan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) di SMPN 4 Kota Tangerang, Senin 11 Juli 2022. (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi)

TANGERANGNEWS.com-Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Tangerang menegaskan dalam pelaksanaan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) dilarang menerapkan perpeloncoan maupun hukuman, Senin 11 Juli 2022.

Kepala Dindik Kota Tangerang Jamaluddin mengatakan, tahun ajaran baru 2022-2023 telah dimulai hari ini dengan pembelajaran tatap muka (PTM) 100 persen.

Ia pun meninjau langsung hari pertama masuk sekolah tersebut di SMPN 1 Tangerang, SMPN 2 Tangerang, SMPN 4 Tangerang, dan sejumlah sekolah dasar.

Menurutnya, pada hari pertama masuk sekolah ini, jenjang SMP di Kota Tangerang difokuskan pada MPLS selama tiga hari ke depan. 

"Untuk MPLS ini jadi selama tiga hari, anak-anak siswa kelas 7 melaksanakan pengenalan lingkungan, Adiwiyata," ujarnya di SMPN 4 Tangerang.

Jamaluddin menuturkan, MPLS difokuskan pada pengenalan sekolah bagi para siswa baru, seperti pengenalan lingkungan, pengenalan dengan guru, dan pengenalan ekstrakurikuler.

Pihak sekolah ataupun panitia MPLS dilarangan melakukan perpeloncoan maupun hukuman bagi para siswa.

"Jadi saya tadi sudah melihat dan monitoring secara langsung, imbauan kepada sekolah dan guru tidak boleh adanya perpeloncoan, tidak boleh hukuman fisik dan sebagainya. Jadi, MPLS itu sifatnya senang-senang dan nyanyi-nyanyi," jelasnya.

Kepala SMPN 4 Tangerang Endah Susanti mengatakan, ada 360 siswa baru atau kelas 7 yang diterima di sekolahnya melalui penerimaan peserta didik baru (PPDB).

Adapun para siswa baru tersebut, dijamin akan mengikuti MPLS tanpa perpeloncoan, karena dibimbing dengan guru-guru yang hebat dan kompeten.

"Alhamdulillah pembukaan MPLS cukup lancar. Anak-anak juga antusias. Inilah SMP 4 sebagai pilihan bagi siswa. Anak-anak diimbau untuk mengikuti MPLS ini dengan tertib, dan mengikuti dengan solid atau loyalitas karena akan dibimbing dengan guru-guru yang hebat," pungkasnya.

BANDARA
Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Kamis, 18 April 2024 | 15:03

Gunung Ruang di Sulawesi Utara mengalami erupsi dengan ketinggian letusan mencapai 3725 meter di atas permukaan laut pada Rabu, 17 April 2024.

MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

BISNIS
Cetak Laba Tertinggi Sepanjang Sejarah, PLN Diapresiasi Komisi VI DPR RI

Cetak Laba Tertinggi Sepanjang Sejarah, PLN Diapresiasi Komisi VI DPR RI

Jumat, 5 April 2024 | 06:59

PT PLN (Persero) berhasil mencetak rekor laba tertinggi sepanjang sejarah, yakni Rp 5,99 triliun pada 2020, menjadi Rp 13,17 triliun pada 2021, dan meningkat kembali menjadi Rp 14,41 triliun pada 2022.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill