Connect With Us

280 Kader Peri Lansia Diluncurkan di Kota Tangerang

Achmad Irfan Fauzi | Selasa, 19 Juli 2022 | 14:36

Peluncuran Pendamping Resiko Tinggi Lanjut Usia (Peri Lansia) di Kota Tangerang. (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi)

TANGERANGNEWS.com-Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang meluncurkan sebanyak 280 kader Pendamping Resiko Tinggi Lanjut Usia (Peri Lansia). Mereka akan menangani para lansia di Kota Tangerang.

Kepala Dinkes Kota Tangerang dr. Dini Anggraeni mengatakan, Peri Lansia adalah kader ataupun anggota keluarga yang sudah dilatih oleh Dinas Kesehatan maupun Puskesmas.

Mereka dilatih untuk merawat lansia yang memiliki keterbatasan untuk melakukan kegiatan sehari-hari karena penyakit kronis yang diderita.

"Jadi, lansia yang memiliki penyakit kronis seperti stroke atau yang mengalami kelumpuhan dan yang tidak bisa beraktivitas seperti biasa, akan ada kader atau anggota keluarga yang dilatih oleh Dinas Kesehatan maupun Puskesmas untuk merawat para lansia tersebut," ungkapnya, dalam puncak acara peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) tingkat Kota Tangerang di Puspem Kota Tangerang, Selasa 19 Juli 2022.

Menurutnya, 38 Puskesmas di Kota Tangerang sudah melakukan pelatihan kepada para kader Peri Lansia. Tercatat, kini sudah ada 280 kader Peri Lansia yang tersebar di Kota Tangerang.

Pemkot Tangerang juga memiliki beberapa program kesehatan untuk para lansia, mulai dari pelayanan dalam gedung dan pelayanan di luar gedung.

"Kalau di Puskesmas, kami ada pelayanan kesehatan seperti biasa untuk check up dan sebagainya. Lalu, ada juga Posyandu Lansia untuk pelayanan pendukung perawatan penyakit para lansia. Di Kota Tangerang ini, penyakit para lansia didominasi oleh hipertensi, diabetes yang memerlukan pengobatan jangka panjang," pungkasnya.

NASIONAL
1.835 Kendaraan Pemudik Lebaran 2024 Terlibat Kecelakaan

1.835 Kendaraan Pemudik Lebaran 2024 Terlibat Kecelakaan

Sabtu, 13 April 2024 | 09:24

Sebanyak 1.835 kendaraan terlibat kecelakaan selama arus mudik Lebaran 2024. Hal itu berdasarkan data kecelakaan lalu lintas dari Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri.

BANTEN
PLN Banten Jamin Kesiapan SPKLU di Titik Arus Balik Lebaran 2024

PLN Banten Jamin Kesiapan SPKLU di Titik Arus Balik Lebaran 2024

Senin, 15 April 2024 | 20:23

Dalam menyambut puncak arus balik mudik Lebaran 2024, General Manager PT PLN Unit Induk Distribusi (UID) Banten Abdul Mukhlis melakukan pengecekan kesiapan layanan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di wilayah Provinsi Banten.

MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill