Connect With Us

DPRD dan Kejari Kota Tangerang Tandatangani Pakta Integritas Cegah KKN

Achmad Irfan Fauzi | Senin, 1 Agustus 2022 | 20:03

Pimpinan DPRD Kota Tangerang dan Kepala Kejari Kota Tangerang berfoto bersama setelah melakukan penandatanganan pakta integritas terkait pencegahan korupsi kolusi dan nepotisme (KKN). (@TangerangNews.com / Achmad Irfan Fauzi)

TANGERANGNEWS.com-DPRD Kota Tangerang dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Tangerang melakukan penandatanganan pakta integritas pencegahan korupsi kolusi dan nepotisme (KKN) di Ruang Rapat Paripurna Gedung DPRD Kota Tangerang, Senin 1 Agustus 2022.

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Ketua DPRD Kota Tangerang Gatot Wibowo beserta unsur pimpinan dan anggota serta Kepala Kejari Kota Tangerang Erich Folanda beserta jajarannya.

"Ini memang ikhtiar kita. Kita pimpinan DPRD sudah menandatangani semuanya," ujar Gatot.

Menurut Gatot, penandatanganan tersebut merupakan semangat dari upaya untuk menjadikan Kota Tangerang good government. "Semoga tercapai," imbuhnya.

DPRD Kota Tangerang mengapresiasi dan berterima kasih kepada Kejari yang kerap memberikan informasi dan masukan serta petunjuk. Terlebih, katanya, DPRD juga sudah melakukan liaison officer (LO) dengan Kejari.

Seperti misalnya ada peraturan daerah yang memang dibutuhkan kajian hukum yang  membutuhkan masukan dari pihak Kejari.

"Pada intinya kita berikhtiar untuk menciptakan Pemkot Tangerang bersih dari praktik korupsi," jelasnya.

Kepala Kejari Kota Tangerang Erich Folanda menambahkan, dengan penandatanganan fakta integritas tersebut pihaknya ingin menyampaikan kepada khalayak bahwa Kejari dan DPRD memiliki komitmen untuk bersama-sama berupaya melakukan pencegahan adanya upaya dari tindak pidana korupsi maupun mungkin yang mengarah kepada KKN.

"Jadi kita berupaya mencegah itu semua," ujar Erich Folanda.

Adapun terkait langkah konkret untuk melaksanakan itu semua, Erich memastikan, bahwa masing-masing institusi memiliki kewenangan.

"Fakta integritas ini memang kita harus mulai berkomitmen dari diri sendiri untuk menanamkan bahwa harus selalu berupaya melakukan pencegahan terhadap praktik-praktik korupsi dan nepotisme. Jadi dari situ dulu kita harus memulai. Tanpa ada keinginan dari pribadi kita akan terkendala," tuturnya.

Maka dari itu, lanjut Kajari, pihaknya berupaya membuat komitmen dalam pencegahan itu. Terlebih, ada kewenangan dari DPRD untuk melakukan pengawasan terhadap penggunaan anggaran. Hal itu diaplikasikan dengan setiap tahun adanya pertanggungjawaban dari wali kota ke DPRD.

"Untuk kemudian daripenggunaan anggaran itu dimulai. Apakah penyampaian pak walikota untuk diterima atau tidak. Jadi memang kita masing-masing memiliki tugas," pungkasnya.

BANTEN
PLN Cek 10 Titik Lokasi SPKLU di Jalur Mudik Banten, Kementerian ESDM Beri Apresiasi

PLN Cek 10 Titik Lokasi SPKLU di Jalur Mudik Banten, Kementerian ESDM Beri Apresiasi

Rabu, 17 April 2024 | 15:15

PT PLN (Persero) bersama Inspektorat Jenderal (Itjen) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia (ESDM RI) telah memastikan kesiapan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

KOTA TANGERANG
Maling Ini Akhirnya Tertangkap Usai 15 Kali Curi Motor di Tangerang

Maling Ini Akhirnya Tertangkap Usai 15 Kali Curi Motor di Tangerang

Rabu, 17 April 2024 | 23:55

Aparat Polsek Teluknaga, Polres Metro Tangerang Kota, Jaya menangkap seorang pelaku tindak pidana pencurian kendaraan bermotor (curanmor).

SPORT
Cetak Gol Penyelamat di Laga Persita vs Persib, Fahreza Sudin Akui Bangga

Cetak Gol Penyelamat di Laga Persita vs Persib, Fahreza Sudin Akui Bangga

Selasa, 16 April 2024 | 12:26

Gol penyelamat di menit-menit akhir oleh Fahreza Sudin sukses mengantarkan Persita untuk menahan imbang Persib dengan skor 3-3 di Stadion Kapten I Wayan Dipta pada Senin, 15 April 2024, sore.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill