Connect With Us

Cacar Monyet Masuk Jakarta, Dinkes Kota Tangerang: Bisa Sembuh Sendiri

Fahrul Dwi Putra | Senin, 22 Agustus 2022 | 15:14

Humas Dinas Kesehatan Kota Tangerang Erwin Januar. (@TangerangNews / Fahrul Dwi Putra)

TANGERANGNEWS.com-Terkait dengan virus cacar monyet atau monkeypox yang telah terdeteksi di DKI Jakarta, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang mengaku sudah melakukan antisipasi sebelumnya, dengan memberikan informasi terkait pencegahan dan penanganan kepada masyarakat.

"Sudah kita Informasikan, jauh-jauh hari terkait cacar monyet tersebut sejak bulan Mei 2022, melalui postingan Instagram Dinkes Kota Tangerang," Humas Dinkes Kota Tangerang Erwin Januar ketika ditemui di kantornya, Senin 22 Agustus 2022.

Erwin menjelaskan jika penyakit tersebut bisa sembuh sendiri selama 14 sampai 21 hari. Namun untuk pengobatannya akan dilihat secara sistematis sesuai gejalanya.

Untuk mencegah penularan virus ini, warga diimbau untuk menghindari kontak langsung dengan tikus atau primata. Selain itu juga bahan makanan yang berupa daging harus dimasak dengan benar dan matang sempurna.

"Jika sudah bergejala bisa segera melapor ke puskesmas, kemudian isolasi mandiri seperti Covid-19 agar tidak menularkan kepada orang lain, itu yang kita jaga," imbuh Erwin.

Dinkes melalui Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular selalu berkoordinasi dengan puskesmas apabila adanya laporan warga mengenai cacar monyet.

Adapun terkait dengan antisipasi penyebaran melalui luar negeri seperti yang terjadi di Jakarta, hal tersebut menjadi kewenangan bagian biro kesehatan Imigrasi, seperti dilakukannya karantina.

PROPERTI
Rekomendasi Warna Cat Rumah untuk Sambut Lebaran 2024

Rekomendasi Warna Cat Rumah untuk Sambut Lebaran 2024

Senin, 25 Maret 2024 | 20:03

Sudah menjadi tradisi di Indonesia, momen hari raya menjadi kesempatan yang baik untuk berkumpul bersama kerabat dan sahabat.

SPORT
Tangerang Lawan Tangerang, Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persita vs Dewa United 

Tangerang Lawan Tangerang, Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persita vs Dewa United 

Selasa, 26 Maret 2024 | 14:31

Pekan ke-30 BRI Liga 1 musim 2023/2024 akan menyajikan pertandingan antara dua tim yang sama-sama bermarkas di Tangerang, yakni Persita melawan Dewa United.

NASIONAL
Langsung Berlaku, Jabatan Kepala Desa 8 Tahun Usai UU Desa Resmi Disahkan

Langsung Berlaku, Jabatan Kepala Desa 8 Tahun Usai UU Desa Resmi Disahkan

Jumat, 29 Maret 2024 | 14:34

DPR RI resmi mengesahkan revisi UU Desa dalam rapat paripurna di gedung Nusantara II kompleks MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta pada Kamis, 28 Maret 2024.

MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill