Connect With Us

Sopir Angkot Desak Dishub Tangerang Segera Keluarkan Perubahan Tarif Pasca Kenaikan BBM

Fahrul Dwi Putra | Senin, 5 September 2022 | 15:08

Hasan, sopir angkot A04 rute Cimone-Balaraja di Terminal Cimone, Kota Tangerang, Senin 5 September 2022. (@TangerangNews / Fahrul Dwi Putra)

TANGERANGNEWS.com-Imbas kenaikan BBM berdampak pada kenaikan operasional jasa transportasi, salah satunya angkutan kota (angkot). Namun kenaikan tarif angkot belum jelas karena belum ada kebijakan dari pemerintah daerah.

Hasan, sopir angkot A04 rute Cimone-Balaraja mengatakan, dirinya sering berseteru dengan penumpang akibat menaikkan tarif sendiri. Hal ini terjadi akibat Dinas Perhubungan (Dishub) belum mengeluarkan kebijakan resmi.

"Ini menimbulkan polemik dengan penumpang yang tetap memaksa bayar dengan tarif lama," kata Hasan kepada TangerangNews, Senin, 5 September 2022. 

Sebelumnya, tarif rute Cimone, Kota Tangerang ke Balaraja, Kabupaten Tangerang Rp10 ribu. Sekarang naik menjadi jadi Rp13 ribu setelah BBM naik. "Untuk rute dekat dari Rp5 ribu jadi Rp7 ribu," ujar Hasan.

Hasan meminta Dishub menerapkan kebijakan resmi mengenai tarif dasar angkot agar menghindari konflik dengan penumpang. "Masa saya cari rezeki harus ribut dengan penumpang setiap hari gegara (kenaikan tarif) ini," ujarnya.

Hasan yang telah menjadi sopir angkot sejak tahun 1991 ini, menyarankan Dishub menyosialisasikan kenaikan tarif tersebut berupa brosur yang ditempel di pintu angkot, agar para penumpang pun mengetahui adanya perubahan tarif. 

Selama menjadi sopir angkot, Hasan mengaku setiap ada kenaikan BBM, pemerintah selalu melakukan hal tersebut. Namun baru kali ini pemerintah tidak memperhatikan kondisi masyarakat khususnya sopir angkot.

"Penumpang semakin kurang, kalau tarif naik orang jadi tidak ingin kemana-mana kecuali terpaksa dan kalau kita tidak naikkan harga juga akan merugi. Semoga Dishub bisa menerapkan kebijakan yang jelas dan tepat terkait tarif angkot,"pungkasnya.

OPINI
Ramadan Bulan Ampunan, Utang Pinjol Malah Bertebaran

Ramadan Bulan Ampunan, Utang Pinjol Malah Bertebaran

Rabu, 20 Maret 2024 | 15:57

Ramadan adalah bulan suci yang identik dengan ampunan dan bulan penuh ketakwaan. Namun, nyatanya hal ini tidak menjadikan pelaku kemaksiatan berkurang. Salah satu kemaksiatan yang semakin marak adalah pinjaman online atau pinjol.

KAB. TANGERANG
Kronologis Kecelakaan Mobil yang Tewaskan 1 Orang dan 4 Luka-luka di Jalan BSD Tangerang

Kronologis Kecelakaan Mobil yang Tewaskan 1 Orang dan 4 Luka-luka di Jalan BSD Tangerang

Kamis, 28 Maret 2024 | 12:19

Kecelakaan mobil Honda Brio di Jalan BSD Raya Utama, tepatnya di dekat QBig, Kelurahan Lengkong Kulon, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, pada Rabu 27 Maret 2024 malam, mengakibatkan satu orang tewas dan empat lainnya luka-luka.

BISNIS
Bank bjb Siapkan Uang Tunai Rp12,5 Triliun Sambut Lebaran 2024, Sediakan Layanan Penukaran Terpadu

Bank bjb Siapkan Uang Tunai Rp12,5 Triliun Sambut Lebaran 2024, Sediakan Layanan Penukaran Terpadu

Rabu, 27 Maret 2024 | 16:44

Bank bjb memperkirakan secara musiman kebutuhan likuiditas masyarakat, terutama uang tunai meningkat pada bulan Ramadan apalagi menjelang Idul Fitri 1445 H/2024.

HIBURAN
Lagi Viral di TikTok, Begini Cara Lihat Tahun Lama di Aplikasi Google Maps

Lagi Viral di TikTok, Begini Cara Lihat Tahun Lama di Aplikasi Google Maps

Rabu, 27 Maret 2024 | 14:35

Baru-baru ini tengah viral di media sosial TikTok sebuah tren melihat tahun lama di aplikasi Google Maps.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill