Connect With Us

Tanggul di Pinang Griya Jebol, PUPR Kota Tangerang Pasang Kisdam 10 Meter

Rangga Agung Zuliansyah | Minggu, 11 September 2022 | 16:47

Pekerja menambal tanggul Kali Angke yang jebol di Jalan Merak II, RT06/05, Pinang Griya, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang, akibat hujan deras, Minggu 11 September 2022. (@TangerangNews / Website tangerangkota.go.id)

TANGERANGNEWS.com-Tanggul di Jalan Merak II, RT06/05, Pinang Griya, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang jebol akibat derasnya arus air Kali Angke, setelah hujan lebat mengguyur sejak Sabtu 10 September 2022, malam

Jebolnya tanggul tersebut juga mengakibatkan banjir merendam pemukiman di Pinang Griya cukup parah.

Ruta Ireng Wicaksono, Kepala PUPR Kota Tangerang mengatakan, sejak semalam, pihaknya bersama BPBD sudah berada di lokasi untuk meninjau dan melakukan strategi penanganan.

"Setelah Kali Angke agak surut, puluhan petugas PUPR langsung kami turunkan, untuk melakukan penanganan sementara dengan memasang kisdam setinggi 1,5 meter hingga 2 meter dengan panjang 10 meter," ungkapnya, Minggu 11 September 2022..

Terkait banjir di pemukiman Pinang Griya, sederet penanganan penyedotan dengan delapan pompa dan lainnya terus dilakukan jajaran petugas gabungan, untuk mempercepat surutnya air.

Kini, kondisi di lapangan masih banjir dengan ketinggian yang bervariasi, paling tinggi 40 sentimeter.

"Ini lokasi yang cukup parah, dikarenakan tanggul yang jebol ini. Sekarang kondisinya sudah kita antisipasi dengan memasang kisdam sebagai penanganan awal, agar air tak meluap ke perumahan lebih parah lagi. Semua pihak sudah bergerak dalam membantu warga terdampak juga," jelas Ruta.

Jika kondisi aliran air maupun pemukiman sudah kembali normal, PUPR nantinya akan melakukan perbaikan atau penurapan permanen.

"Saat ini, yang dilakukan Kisdam dulu, sebagai struktur bangunan air yang dibuat sekaligus dipakai untuk sementara waktu," katanya.

Sementara itu, Kepala BPBD Kota Tangerang Deni Koeswara menyatakan kondisi banjir di 11 titik lintasan Kali Angke sudah berangsur surut. PS Angke Hulu pun sudah Siaga II yang sebelumnya sempat Siaga I, pada Sabtu pukul 21.00 WIB.

"BPBD, Damkar, para relawan dibantu Satgas BPBD Provinsi Banten masih bertahan di lokasi dengan aksi yang bervariasi. Mulai dari aksi bersih-bersih di lingkungan yang sudah surut, bantu mobilitas masyarakat, hingga membangun posko banjir dan penyaluran bantuan," papar Deni.

 

TANGSEL
Rute MRT Sampai Tangsel Dilanjut Tapi Pakai Anggaran Daerah, Pemda Diminta Bersiap 

Rute MRT Sampai Tangsel Dilanjut Tapi Pakai Anggaran Daerah, Pemda Diminta Bersiap 

Jumat, 19 April 2024 | 14:18

Wacana pembangunan rute MRT tembus hingga ke Tangerang Selatan (Tangsel) kembali dibuka.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

BANDARA
Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Kamis, 18 April 2024 | 15:03

Gunung Ruang di Sulawesi Utara mengalami erupsi dengan ketinggian letusan mencapai 3725 meter di atas permukaan laut pada Rabu, 17 April 2024.

KOTA TANGERANG
Pendatang Baru Wajib Tahu, Ini Syarat Urus Pindah Domisili ke Kota Tangerang

Pendatang Baru Wajib Tahu, Ini Syarat Urus Pindah Domisili ke Kota Tangerang

Jumat, 19 April 2024 | 18:40

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang mengimbau para pendatang yang ingin menetap di Kota Tangerang agar segera mengurus administrasi kependudukannya.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill