Connect With Us

Aplikasi Sobat Dukcapil Kota Tangerang Diklaim Efektif Layani Masyarakat

Achmad Irfan Fauzi | Selasa, 20 September 2022 | 21:09

Loket-loket layanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang, Selasa, 20 September 2022. (Achmad Irfan Fauzi / @TangerangNews.com)

TANGERANGNEWS.com-Aplikasi Sarana Online Bantu Administrasi Tuntas (Sobat) Dukcapil yang dikembangkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang diklaim efektif dalam melayani masyarakat.

Sobat Dukcapil yang telah dioperasikan sejak Juli 2020 ini disebut memudahkan masyarakat dalam memanfaatkan layanan administrasi kependudukan dan catatan sipil.

"Aplikasi Sobat Dukcapil sangat efektif, ya, membantu pelayanan kami kepada masyarakat," ujar Ayi Nuryadin, Plt Kepala Disdukcapil Kota Tangerang kepada TangerangNews, Selasa, 20 September 2022.

Aplikasi yang dapat diakses melalui website https://sobatdukcapil.tangerangkota.go.id/ dan android ini sebenarnya diluncurkan untuk pelayanan di masa pandemi Covid-19. Namun, hingga kini aplikasi tersebut tetap digunakan dalam rangka memangkas birokrasi.

"Aplikasi ini di dalamnya sudah lengkap dengan program-program dari Disdukcapil," kata Ayi.

Baca Juga :

Adapun keunggulan Sobat Dukcapil antara lain tersedia dalam versi mobile dan website, terintegrasi dengan Tangerang LIVE, berbasis NIK, admin verifikasi standby 1x24 jam, dilengkapi dengan pengecekan status layanan cetak dokumen secara digital.

"Keberadaan Sobat Dukcapil juga menjadi salah satu indikator survei kepuasan masyarakat terkait layanan administrasi kependudukan yang hasilnya Disdukcapil dipersepsikan menerima pelayanan sangat baik dengan skor 86,89 persen," ungkap Ayi.

Ia berharap masyarakat tetap dapat memanfaatkan berbagai layanan Disdukcapil Kota Tangerang dengan baik dan tidak berpikir bahwa membuat dokumen kependudukan itu sulit.

"Jadi, silakan manfaatkan pelayanan-pelayanan kami bahwa selain Sobat Dukcapil, kami juga membuka gerai-gerai di mal dan layanan keliling," pungkasnya.

MANCANEGARA
Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Rabu, 24 April 2024 | 10:33

Perusahaan makanan hewan asal Kanada, ACANA bekerja sama dengan organisasi kesejahteraan hewan Best Friends Animal Society membuka lowongan pekerjaan sebagai kitten cuddler.

BISNIS
Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Rabu, 24 April 2024 | 09:53

Pemerintah pusat tengah menjalankan rencana strategis bersama salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, Apple.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill