Connect With Us

Pemkot Tangerang Didorong Bentuk Perda Pemajuan Kebudayaan

Rangga Agung Zuliansyah | Selasa, 4 Oktober 2022 | 16:46

Para aktivis berdiskusi terkait Perda Pemajuan Kebudayaan di Semanggi Center Cikokol Kawasan Pendidikan, Kota Tangerang, Senin 3 Oktober 2022, malam. (@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)

TANGERANGNEW.com-Sejumlah aktivis budaya mendorong adanya Perda Pemajuan Kebudayaan di Kota Tangerang. Mereka menyatukan gagasan dan ide demi kemajuan kebudayaan khususnya di kota berjuluk Seribu Industri Sejuta Jasa itu. 

Para aktivis yang tergabung dalam Tim 11 ini terdiri dari berbagai kalangan mulai dari tokoh masyarakat, pelaku seni, akademisi, dan juga jurnalis.

Sejumlah catatan penting pun ditorehkan dari hasil diskusi yang dihelat di Semanggi Center Cikokol Kawasan Pendidikan Kota Tangerang.

Madin, Ketua Dewan Kesenian Kota Tangerang memberi penjelaskan mengenai pentingnya Perda Pemajuan Kebudayaan ini.

Menurutnya pengajuan draft Raperda pernah dilakukan oleh pelaku budaya Kota Tangerang. Baik itu kepada dinas terkait serta DPRD Kota Tangerang.

"Pentingnya Perda Pemajuan Kebudayaan sehingga pokok pikiran kebudayaan Kota Tangerang menjadi jelas arah gerakannya. Hal ini berimbas positif kepada pelaku budaya, pengambil kebijakan baik di legislatif mau pun eksekutif,  juga tentunya masyarakat luas," ungkap Madin, Senin 3 Oktober 2022, malam.

Rektor Yuppentek Bambang Kurniawan menambahkan jika Perda ini bisa dilahirkan, maka apa pun kegiatan yang menyangkut budaya memiliki payung hukum yang jelas.

Namun pengawalan tidak hanya pada bagaimana lahirnya Perda, tapi juga bagaimana bisa dilanjutkan sebagai Perwal.

"Lahirnya Perda tentu saja membawa dampak positif bagi Pemajuan Kebudayaan, namun perlu digaris bawahi bahwa Perda yang dilahirkan agar tidak membatasi kegiatan dan ekspresi budaya yang sudah berjalan saat ini," kata pria yang akrab disapa  Bembeng itu.

Gerakan ini diinisiasi juga atas dasar diskusi publik yang digelar oleh Komunitas AboutTNG yang bertajuk Festival Budaya Kota Tangerang pada akhir pekan kemarin.

Penggiat AboutTNG, Andika Panduwinata menilai bahwa peran milenial pun harus dilibatkan dalam kebudayaan di Kota Tangerang ini.

"Informasi Pemajuan Kebudayaan perlu lebih ditingkatkan lagi, sehingga bisa diketahui dari generasi boomer sampai Gen Z. Di sini pentingnya media sosial setiap pelaku kebudayaan, untuk memaksimalkan fungsi medsosnya terkait hal ini," ungkapnya.

Pelopor Perda Pemajuan Kebudayaan Ibnu Jandi menegaskan bahwa jajaranya juga akan melakukan aksi nyata untuk mendorong usulan ini.

Dirinya berharap agar sejumlah pihak dapat bersinergi mendukung Pemajuan Kebudayaan demi membangun Kota Tangerang mendatang menjadi lebih baik lagi.

"Besok pada Rabu tanggal 5 Oktober 2022 sekitar pukul 10.00 WIB, kami akan bertemu langsung dengan DPRD mau pun Disbudpar membahas usulan ini," paparnya.

Sementara DPRD Kota Tangerang menyambut baik dengan gagasan dari para aktivis tersebut. Sekretaris Komisi II Andri S Permana memberikan dukungan penuh atas usulan tersebut.

"Kalau dari kami hal ini sangat positif. Tapi juga harus ada itikad baik dari Pemkot terutama Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah untuk mendukung Pemajuan Kebudayaan itu," ucap politisi dari PDI Perjuangan ini.

Plt Kepala Disbudpar Kota Tangerang Mugiya Wardhany mengucapkan rasa terima kasihnya atas usulan soal Pemajuan Kebudayaan tersebut. Pihaknya pun juga berkoordinasi dan konsultasi dengan Kementerian pengampu Pemajuan Budaya untuk mendapat masukan yang menyeluruh.

"Karena di beberapa aturan dalam bentuk (Peraturan Pemerintah) PP atau (Peraturan Menteri Pendidikan Nasional) Permendiknas daerah harus mengacu kepada beberapa ketentuan dan konsep," tutur Mugi.

 

KOTA TANGERANG
Warga Babakan Tangerang Digegerkan Penemuan Mayat Mengambang di Sungai Cisadane

Warga Babakan Tangerang Digegerkan Penemuan Mayat Mengambang di Sungai Cisadane

Kamis, 28 Maret 2024 | 21:01

Mayat berjenis kelamin Laki-laki tanpa identitas ditemukan di Sungai Cisadane, Kelurahan babakan, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Kamis 28 Maret 2024, pagi.

BISNIS
Bank bjb Siapkan Uang Tunai Rp12,5 Triliun Sambut Lebaran 2024, Sediakan Layanan Penukaran Terpadu

Bank bjb Siapkan Uang Tunai Rp12,5 Triliun Sambut Lebaran 2024, Sediakan Layanan Penukaran Terpadu

Rabu, 27 Maret 2024 | 16:44

Bank bjb memperkirakan secara musiman kebutuhan likuiditas masyarakat, terutama uang tunai meningkat pada bulan Ramadan apalagi menjelang Idul Fitri 1445 H/2024.

SPORT
Tangerang Lawan Tangerang, Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persita vs Dewa United 

Tangerang Lawan Tangerang, Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persita vs Dewa United 

Selasa, 26 Maret 2024 | 14:31

Pekan ke-30 BRI Liga 1 musim 2023/2024 akan menyajikan pertandingan antara dua tim yang sama-sama bermarkas di Tangerang, yakni Persita melawan Dewa United.

AYO! TANGERANG CERDAS
Terbatas hingga 31 Mei, Simak Syarat dan Cara Daftar Pra PPDB SD 2024 Kota Tangerang

Terbatas hingga 31 Mei, Simak Syarat dan Cara Daftar Pra PPDB SD 2024 Kota Tangerang

Kamis, 28 Maret 2024 | 12:29

Pemerintah Kota Tangerang telah membuka pendaftaran Pra Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tahun ajaran baru. Tahap ini merupakan bagian dari proses PPDB yang harus diikuti.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill