Connect With Us

Makin Berkah, Ini 4 Amalan yang Bisa Dilakukan saat Peringatan Maulid Nabi

Fahrul Dwi Putra | Sabtu, 8 Oktober 2022 | 14:12

Pawai obor Festival Maulid 2022 di Kota Tangerang. (Humas Pemkot Tangerang / @TangerangNews.com)

TANGERANGNEWS.com-Bulan Rabiul Awal adalah salah satu bulan yang istimewa bagi umat muslim. Sebab, di bulan ini Rasulullah Muhammad SAW dilahirkan. 

Oleh karena itu, hari ini tepatnya pada Sabtu, 8 Oktober 2022 atau 12 Rabiul Awal dalam penanggalan Hijriah diperingati sebagai hari Maulid Nabi Muhammad SAW.

Ketika maulid Nabi tiba, banyak masjid di Tangerang membuat acara keislaman seperti kajian bersama ustaz untuk memeriahkan kelahiran Sang Rasul.

Namun, selain melakukan perayaan, ada baiknya umat muslim melakukan amalan-amalan yang bisa menambah keimanan kepada Allah dan rasa kecintaan terhadap Nabi Muhammad SAW.

Berikut empat amalan yang dapat dilakukan ketika hari maulid Nabi, seperti yang dilansir dari Liputan6.com, Sabtu, 8 Oktober 2022.

Perbanyak shalawat Nabi

Sebagai muslim yang mengaku menjadi umat Nabi Muhammad, tentunya perlu pembuktian seberapa rasa cinta terhadap Nabinya, hal yang paling mudah dilakukan yakni dengan bershalawat kepada Nabi.

Terlebih ketika memperingati hari kelahirannya, seharusnya pembacaan shalawat lebih diperbanyak. Di antara bentuk bacaan sholawat Nabi yang utama dan diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW yakni:

Allahumma shalli ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad, kamma shallaita ‘ala Ibrahim wa ‘ala aali Ibrahim, innaKa Hamidum Majid. Allahumma barik ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad Kama barakta ‘ala Ibrahim wa ‘ala ali Ibrahim, innaka Hamidum Majid.

Artinya,

“Ya Allah. Berilah (yakni, tambahkanlah) sholawat (sanjungan) kepada Muhammad dan kepada keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau telah memberi sholawat kepada Ibrahim dan kepada keluarga Ibrahim.”

Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji Maha Mulia. Ya Allah. Berilah berkah kepada Muhammad dan kepada keluarga Muhammad.

“Sebagaimana Engkau telah memberi berkah kepada Ibrahim dan kepada keluarga Ibrahim, sesungguhnya Engkau Maha terpuji Maha Mulia.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Giatkan sedekah

Sedekah merupakan amalan penting yang sangat dianjurkan Rasulullah. Dengan memperbanyak sedekah, tidak akan membuat kita menjadi miskin. Sebaliknya, dengan banyak bersedekah kepada orang lain maka akan semakin banyak rezeki yang akan kita dapatkan. Tak hanya ketika hari-hari besar, meski di hari biasa pun sebaiknya selalu bersedekah

Puasa sunnah

Salah satu bentuk rasa kecintaan terhadap Rasulullah yakni dengan mengikuti sunnahnya, banyak sunnah yang telah diajarkan Nabi. Puasa Senin dan Kamis salah satunya, lalu ada pula puasa tengah bulan Yaumul Bids pada tanggal 13-14-15 Hijriah. Sebab,  dengan berpuasa pada tanggal tersebut, pahala kita akan dilipatgandakan oleh Allah SWT.

Perbanyak amal kebaikan

Orang dulu sering berkata untuk pantang melakukan segala bentuk maksiat di bulan kelahiran Nabi Muhammad. Maka dari itu, amal kebaikan harus terus diperbanyak meski begitu, jangan sampai amalan kita tidak di ridhoi oleh Allah SWT.

Demikian beberapa amalan baik yang dapat dilakukan ketika menyambut bulan kelahira Nabi Muhammad bagi kaum muslim, amalan baik tersebut hendaknya tidak hanya dilakukan ketika menyambut hari tertentu tetapi terus dilanjutkan ke hari-hari berikutnya agar mendapat Ridha Allah dan Syafaat dari Nabi Muhammad SAW.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

TANGSEL
Usai Didemo Warga, BRIN Kembali Buka Jalan Raya Puspitek

Usai Didemo Warga, BRIN Kembali Buka Jalan Raya Puspitek

Selasa, 23 April 2024 | 15:22

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) kabulkan tuntutan warga mengenai pembatalan penutupan Jalan Ray Puspitek yang menghubungkan kawasan Muncul, Kecamatan Setu, Kota Tangsel dengan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill