Connect With Us

Kominfo Salurkan 24.017 Set Top Box Gratis ke Kota Tangerang

Rangga Agung Zuliansyah | Minggu, 6 November 2022 | 16:14

Dinas Kominfo Kota Tangerang mendata penerima Set Top Box gratis. (@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Sebanyak 24.017 Set Top Box telah disalurkan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) kepada masyarakat Kota Tangerang, untuk mendukung program migrasi televisi analog ke digital yang berlaku sejak Rabu 2 November 2022.

Jumlah tersebut berdasarkan data Kementerian Kominfo pada 4 Oktober 2022, dengan total kuota bantuan untuk Kota Tangerang sebanyak 29.813 unit.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Tangerang Indri Astuti menjelaskan, program peralihan siaran televisi analog ke digital tersebut merupakan salah satu program nasional melalui Kementerian Kominfo, bekerjasama dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). 

Pada awal program ini diluncurkan, Pemkot Tangerang diminta Kominfo untuk suplai data warga yang dinilai berhak untuk mendapatkan bantuan Set Top Box.

“Sebagai support, kami menindaklanjuti data yang diminta melalui aplikasi Saba Kota. Namun, prinsipnya ini hanya pendataan untuk diajukan kepada Kementerian,” terang Indri, Minggu 6 November 2022.

Pada pelaksanaannya, data para penerima Set Top Box diperoleh dari data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (PPKE) milik Pemerintah Pusat, sebagai hasil pemutakhiran Basis Data Keluarga Indonesia Pendataan Keluarga Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (PK-BKKBN), yang telah dipegang lebih dulu.

Berdasarkan data Pemerintah Pusat tersebut, telah ditentukan kuota bantuan Set Top Box gratis untuk Kota Tangerang sebanyak 29.813 unit.

"Pendistribusiannya pun langsung dilakukan oleh Kementrian Kominfo dan Lembaga Penyiaran Swasta (LPS) ke rumah warga," kata Indri. 

Menurut Indri, seharusnya hingga saat ini angkanya sudah terus bertambah atau lebih banyak lagi bagi warga yang membutuhkan atau belum menerima. 

"Terlebih, kemarin Kementerian membuka Posko Respon Cepat Penanganan Bantuan di Novotel pada 2-4 Oktober, beriringan dengan wilayah Jabodetabek. Jadi, bisa dipastikan saat ini angka penerima Set Top Box gratis sudah terus bertambah," ujarnya.

Ia menambahkan, saat ini belum menerima informasi lebih lanjut apakah ada pembagian Set Top Box gratis tahap dua.

"Dalam program Set Top Box gratis ini, Pemkot Tangerang prinsipnya mensuport dan siap mendukung. Tapi sejauh ini, belum ada informasi lebih lanjut," pungkasnya.

TANGSEL
Marak Kabel Optik Menjuntai di 5 Ruas Jalan Tangsel, Bakal Dipindahkan ke Bawah Tanah

Marak Kabel Optik Menjuntai di 5 Ruas Jalan Tangsel, Bakal Dipindahkan ke Bawah Tanah

Jumat, 19 April 2024 | 01:31

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Selatan) akan merapihkan kabel-kabel menjuntai di lima ruas jalan.

PROPERTI
Hadirkan Hunian Premium, Paramount Land Perkenalkan New Matera

Hadirkan Hunian Premium, Paramount Land Perkenalkan New Matera

Rabu, 3 April 2024 | 06:47

Dalam rangka menghadirkan hunian premium dengan fasilitas lengkap dan lokasi strategis, serta akses cepat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari bagi konsumen kelas atas

NASIONAL
Info Lowongan Kerja, Simak Syarat dan Kualifikasi Rekrutmen KAI

Info Lowongan Kerja, Simak Syarat dan Kualifikasi Rekrutmen KAI

Kamis, 18 April 2024 | 12:51

PT Kereta Api Indonesia (Persero), atau KAI, tengah membuka rekrutmen terbaru untuk tahun 2024 dengan menawarkan lowongan kerja bagi lulusan S1 dari berbagai jurusan.

HIBURAN
Sedih Kembali Bekerja Usai Libur Panjang, Simak 5 Cara Mengatasi Post Holiday Blues

Sedih Kembali Bekerja Usai Libur Panjang, Simak 5 Cara Mengatasi Post Holiday Blues

Rabu, 17 April 2024 | 10:25

Setelah menikmati liburan Lebaran yang menyenangkan, banyak pekerja mengalami apa yang disebut sebagai post holiday blues, yakni perasaan sedih dan kehilangan ketika kembali ke rutinitas kerja.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill