Connect With Us

Rawan Banjir, Pakar Geologi Sebut Sungai di Tangerang Sudah Tak Mampu Tampung Air

Fahrul Dwi Putra | Jumat, 18 November 2022 | 20:09

| Dibaca : 92

Mesin pompa penyedot air untuk mempercepat proses penurunan ketinggian banjir yang merendam sejumlah titik di kecamatan periuk, Kota Tangerang, Selasa (23/2/2021). (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Bencana banjir kerap terjadi di wilayah Tangerang ketika hujan lebat mengguyur, hal ini akibat dari debit sungai yang sudah tak mampu menampung air.

Ketua Umum Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Burhanuddin Nur mengatakan, selain debit sungai yang overload, hal ini juga dipengaruhi oleh daerah aliran sungai (DAS) di wilayah Tangerang sudah berubah.

“Banjir terjadi akibat daya tampung debit sungai tidak mampu menampung air permukaan dan sungai karena DAS-nya sudah berubah atau berkurang vegetasi dan tanah untuk meresapkan," ujarnya seperti dikutip dari republika.co.id, Jumat 18 November 2022.

Menurut Burhan, perubahan tata guna lahan yang terus terjadi memicu perubahan DAS yang ekstrem. Sayangnya, saat ini Indonesia tidak punya catatan yang baik yang bisa memberi gambaran dalam suatu DAS-nya.

BACA JUGA: DPRD Kabupaten Tangerang 'Turun Tangan' Atasi Banjir Tol Bitung

"Yang mudah kita amati adalah perubahan fungsi lahannya telah menjadi kawasan pemukiman dengan sarana pendukungnya," tutupnya.

Sebelumnya, diberitakan masyarakat di enam kecamatan di Kota Tangerang, terdampak banjir pada Selasa, 5 April 2022. 

Kemudian di penghujung tahun, tepatnya Minggu, 13 November 2022, banjir kembali merendam 10 titik di tiga kecamatan Kota Tangerang karena meningkatnya debit air yang masuk di Kali Sabi, Ledug, dan Cirarab yang menjadi penampungan air.

HIBURAN
Heboh PN Tangerang Sahkan Pernikahan Beda Agama, Begini Syaratnya

Heboh PN Tangerang Sahkan Pernikahan Beda Agama, Begini Syaratnya

Selasa, 29 November 2022 | 18:27

TANGERANGNEWS.com-Pengadilan Negeri (PN) Tangerang baru-baru ini membuat heboh, lantaran telah mengesahkan pernikahan beda agama antara pasangan suami istri yakni, AD dan CM.

NASIONAL
Muslimah Asal Tangerang Ini Bersihkan Sampah di Reuni 212

Muslimah Asal Tangerang Ini Bersihkan Sampah di Reuni 212

Jumat, 2 Desember 2022 | 16:46

TANGERANGNEWS.com-Endah Nurani, warga asal Tangerang sengaja datang ke Masjid At-Tin, Jakarta Timur, tempat diselenggarakannya Reuni 212 untuk mengumpulkan sampah.

TANGSEL
4 Mobil Ringsek Tertimpa Tembok Akibat Longsor di Bintaro Tangsel

4 Mobil Ringsek Tertimpa Tembok Akibat Longsor di Bintaro Tangsel

Jumat, 2 Desember 2022 | 14:10

TANGERANGNEWS.com-Peristiwa longsor menyebabkan tembok setinggi 4 meter roboh, hingga menimpa empat mobil yang terparkir di Kantor CIMB Niaga Auto Finance, Jalan Raya Bintaro Sektor IX, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

KOTA TANGERANG
Saking Mabuknya, Pria Ini Tidur di Flyover Cibodas Tangerang

Saking Mabuknya, Pria Ini Tidur di Flyover Cibodas Tangerang

Jumat, 2 Desember 2022 | 10:10

TANGERANGNEWS.com-Seorang pria kedapatan tertidur di atas motor yang terparkir di pinggir jalan Flyover Cibodas, Jalan Jenderal Sudirman, Kota Tangerang, Jumat 2 Desember 2022, pagi.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill