Connect With Us

Buruan Ikut Program Sambut NIB Gratis bagi UMKM di Kota Tangerang

Rangga Agung Zuliansyah | Jumat, 3 Februari 2023 | 16:54

Program Perluasan Pembuatan (Sambut) Nomor Induk Berusaha (NIB) di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Tangerang, Jumat 3 Februari 2023. (@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Tangerang tengah menggelar program Perluasan Pembuatan (Sambut) Nomor Induk Berusaha (NIB).

Program tersebut berlangsung sepanjang Februari 2023 secara gratis, dibalut dengan agenda OSS Marathon ke-104 Kelurahan. Hal ini juga sekaligus memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-30 Kota Tangerang.

Kepala DPMPTSP Kota Tangerang Taufik Syahzaeni menjelaskan program ini merupakan ajang mensosialisasikan lebih luas terkait pentingnya memiliki NIB kepada masyarakat, terutama pelaku usaha UMKM di Kota Tangerang.

Pasalnya, NIB menjadi titik awal untuk mengurus izin yang lain, termasuk sertifikasi halal.

"Pelaku usaha yang mengantongi NIB, artinya usahanya sudah formal, karena teregister dalam database dan lebih mudah mengembangkan usahanya," katanya, Jumat 3 Februari 2022.

Selain itu, manfaat memiliki NIB lainnya ialah pelaku usaha dapat memperoleh hak akses permodalan, hak akses pembinaan usaha bagi pemerintah daerah.

Hak akses dalam pengurusan perizinan tambahan dan pendukung. Mendapatkan kepastian perlindungan usaha, dan memperoleh kesempatan mengikuti kegiatan pemberdayaan. 

“Jika sudah terdata, para pelaku usaha akan lebih mudah mengembangkan usahanya. Salah satunya, karena pelaku UMKM itu bisa ikut pengadaan barang dan jasa pemerintah. Kalau mereka sudah punya NIB, bisa masuk ke e-katalog, sehingga bisa ikut andil dalam pelelangan dan lainnya,” jelas Taufik.

Adapun untuk mengikuti program Sambut NIB di agenda OSS Marathon, para pelaku usaha hanya perlu menyiapkan KTP, NPWP, nomor telepon, dan alamat email aktif.

Di samping itu juga, menyertai detail usahanya seperti nama usaha, alamat usaha, kegiatan usahanya, modal usahanya dan lain-lainnya. 

Taufik mengimbau, masyarakat Kota Tangerang khususnya pelaku usaha UMKM untuk tidak melewatkan kesempatan ini.

Pantau jadwal pelaksanaan kapan di kelurahannya berlangsung, melalui sosial media kelurahan dan Instagram @perizinankotatangerang.

"Manfaatkan kesempatannya, dan terus bersiap untuk fokus pengembangan usaha yang lebih luas lagi,” jelasnya.

 

SPORT
Cetak Gol Penyelamat di Laga Persita vs Persib, Fahreza Sudin Akui Bangga

Cetak Gol Penyelamat di Laga Persita vs Persib, Fahreza Sudin Akui Bangga

Selasa, 16 April 2024 | 12:26

Gol penyelamat di menit-menit akhir oleh Fahreza Sudin sukses mengantarkan Persita untuk menahan imbang Persib dengan skor 3-3 di Stadion Kapten I Wayan Dipta pada Senin, 15 April 2024, sore.

BANDARA
Hari Ini Puncak Arus Balik Lebaran 2024 di Bandara Soetta, Diprediksi Capai 190 Ribu Penumpang

Hari Ini Puncak Arus Balik Lebaran 2024 di Bandara Soetta, Diprediksi Capai 190 Ribu Penumpang

Senin, 15 April 2024 | 12:19

Puncak arus balik Lebaran 2024 di 20 bandara yang dikelola Angkasa Pura (AP) II diperkirakan terjadi pada Senin, 15 April 2024.

KOTA TANGERANG
Daftar Harga Sembako Pangan Pasca Lebaran 2024 di Kota Tangerang

Daftar Harga Sembako Pangan Pasca Lebaran 2024 di Kota Tangerang

Kamis, 18 April 2024 | 09:41

Sejumlah harga sembako di pasar-pasar tradisional Kota Tangerang mengalami penyesuaian usai Lebaran 2024 atau Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah.

TEKNO
Terbaru, Cara Ubah Foto Jadi Stiker Tanpa Aplikasi Tambahan

Terbaru, Cara Ubah Foto Jadi Stiker Tanpa Aplikasi Tambahan

Jumat, 12 April 2024 | 14:02

Aplikasi perpesanan WhatsApp kembali mengeluarkan fitur terbaru, Jumat, 12 April 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill