Connect With Us

Jelang Ramadan, Pangan Berformalin dan Kedaluwarsa Ditemukan di Pasar Anyar Tangerang

Rangga Agung Zuliansyah | Kamis, 16 Maret 2023 | 12:18

Pemeriksaan sampel pangan di Pasar Anyar, Kota Tangerang, Kamis 16 Maret 2023. (@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Pemerintah Kota Tangerang memastikan keamanan pangan menjelang bulan suci Ramadan dengan melakukan sidak di Pasar Anyar, Kota Tangerang, Kamis 16 Maret 2023, pagi. 

Sidak ini dilakukan oleh tim gabungan dari Dinas Ketahanan Pangan (DKP), Dinas Kesehatan (Dinkes), FKTS, Disperindagkop UKM bersama Polres Metro Tangerang Kota, BPOM Banten dan Balai Karantina Ikan.

Kepala DKP Kota Tangerang Muhdorun mengungkapkan petugas gabungan mengambil 363 sampel pangan. Mulai dari peternakan, perikanan, pertanian, pangan olahan dan kemasan label.

Hasilnya, dari 363 sampel pangan yang diambil, terhitung 96,69 persen pangan dinyatakan aman. Namun sisanya, petugas gabungan menemukan 12 sampel positif.

"Terdiri dari empat pangan tercemar formalin seperti mie kuning dan tahu cokelat, tiga produk pangan segar tercemar pestisida, dan tiga produk kemasan kadaluarsa," ungkap Muhdorun. 

Sidak Pengawasan Keamanan Pangan Terpadu ditujukan untuk memberikan perlindungan terhadap masyarakat selaku konsumen pangan.

Disamping itu, memberikan pesan pada pedagang untuk selalu menaati proses produksi, maupun penjualan produk pangan yang terbaik untuk para konsumen. 

"Terkait produk yang ditemukan positif, petugas gabungan akan bertindak melakukan wawancara pedagang, sebagai langkah penelusuran datangnya atau asal muasalnya produk tersebut. Jadi, dapat distop atau ditangani sesuai alurnya," jelas Muhdorun. 

Lanjutnya, mengingat permintaan konsumen meningkat di bulan Ramadan, DKP bersama petugas gabungan akan meningkatkan pengawasan pasar di Kota Tangerang.

Di samping itu, masyarakat juga diimbau untuk lebih jeli dan berhati-hati dalam berbelanja produk pangan. 

 

"Pembinaan pedagang juga dilakukan, dalam hal ini semua pihak harus berperan. Pengawasan oleh pemerintah, pedagang yang lebih berkomitmen berjualan produk, dan konsumen lebih berhati-hati dalam berbelanja," imbau Muhdorun.

KOTA TANGERANG
Naik 20%, Volume Sampah di Kota Tangerang Tembus 1.800 Ton Selama Libur Lebaran 2024

Naik 20%, Volume Sampah di Kota Tangerang Tembus 1.800 Ton Selama Libur Lebaran 2024

Selasa, 16 April 2024 | 10:03

Volume sampah di Kota Tangerang mengalami peningkatan 20 persen atau sebanyak 1.800 ton per hari selama libur Lebaran 2024.

KAB. TANGERANG
Motor Pegawai Toko Perlengkapan Bayi Raib Dicuri di Cisauk Tangerang

Motor Pegawai Toko Perlengkapan Bayi Raib Dicuri di Cisauk Tangerang

Minggu, 14 April 2024 | 10:23

Sepeda motor milik pegawai Toko Babysay Shok raib digondol maling, di depan Ruko Serpong Garden, Jalan Serpong Garden, Cibogo, Kecamatan Cisauk, Kabupaten Tangerang, Sabtu 13 April 2024.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

NASIONAL
1.835 Kendaraan Pemudik Lebaran 2024 Terlibat Kecelakaan

1.835 Kendaraan Pemudik Lebaran 2024 Terlibat Kecelakaan

Sabtu, 13 April 2024 | 09:24

Sebanyak 1.835 kendaraan terlibat kecelakaan selama arus mudik Lebaran 2024. Hal itu berdasarkan data kecelakaan lalu lintas dari Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill