Connect With Us

Bikin Resah, Pemilik Mobil Tanpa Garasi Bisa Kena Sanksi Pidana

Fahrul Dwi Putra | Senin, 3 April 2023 | 05:18

| Dibaca : 390

Tangkapan layar video kemacetan akibat mobil yang terparkir di sisi baju jalan lantaran pemiliknya tidak memiliki garasi (@TangerangNews / Istimewa )

TANGERANGNEWS.com- Belakangan ini tengah ramai menjadi perbincangan di media sosial terkait mobil yang terparkir sembarangan di sisi jalan umum akibat pemiliknya tidak memiliki garasi.

Salah satunya seperti di Jalan Mujair Raya, Kelurahan Karawaci Baru, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang, dalam video unggahan dari @infotangerangkota tampak sejumlah mobil terparkir di sisi jalan.

Akibatnya, jalur jalan menjadi sempit sehingga beberapa kendaraan lain yang hendak melintas menjadi kesulitan dan menyebabkan kemacetan.

Padahal, pemilik mobil dibebankan dengan kewajiban untuk memiliki garasi sebelum memutusukan untuk membeli kendaraan roda empat tersebut.

Hal ini sebagaimana tercantum dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Raya (UU LLAJR), disebutkan pada Pasal 275 ayat 1 berbunyi:

"Setiap orang yang melakukan perbuatan yang mengakibatkan gangguan pada fungsi Rambu Lalu Lintas, Marka Jalan, Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas, fasilitas Pejalan Kaki, dan alat pengaman Pengguna Jalan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 28 ayat (2) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling banyak Rp 250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah)."

Ketentuan itu makin diperkuat dalam Pasal 38 Peraturan Pemerintah Nomor 34 Tahun 2006 tentang Jalan (PP Jalan) yang menyebutkan setiap orang dilarang menggunakan manfaat jalan yang menyebabkan mengganggu lalu lintas jalan.

Mengganggu fungsi jalan tersebut meliputi penumpukan barang/benda/material di bahu jalan, berjualan di badan jalan, parkir, dan berhenti untuk keperluan lain tanpa kebutuhan yang mendesak.

BANDARA
Puncak Arus Mudik Libur Nataru 2024 di Bandara Soetta Diprediksi 22 Desember

Puncak Arus Mudik Libur Nataru 2024 di Bandara Soetta Diprediksi 22 Desember

Jumat, 1 Desember 2023 | 21:12

TANGERANGNEWS.com-Bandara Soekano Hatta (Soetta) Tangerang akan segera menghadapi arus mudik libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024.

WISATA
Rayakan Thanksgiving, JHL Solitaire Gading Serpong Gelar Cake Mixing Ceremony

Rayakan Thanksgiving, JHL Solitaire Gading Serpong Gelar Cake Mixing Ceremony

Rabu, 22 November 2023 | 21:38

TANGERANGNEWS.com-JHL Solitaire Gading Serpong merayakan momen Thanksgiving dengan membagikan kebahagian dan rasa terima kasih melalui acara Cake Mixing Ceremony.

OPINI
Jebakan Utang China dan Upaya Neo-kolonialisme

Jebakan Utang China dan Upaya Neo-kolonialisme

Jumat, 3 November 2023 | 11:20

TANGERANGNEWS.com-Pada tanggal 18 Oktober 2023 lalu, Presiden China Xi Jinping mengumumkan akan melakukan penyuntikkan dana senilai Rp 1.576,99 triliun ke proyek Belt and Road Initiative (BRI)

KOTA TANGERANG
Terpeleset Saat Bermain, Bocah Hanyut di Kali Angke Tangerang

Terpeleset Saat Bermain, Bocah Hanyut di Kali Angke Tangerang

Sabtu, 2 Desember 2023 | 14:51

TANGERANGNEWS.com- Seorang bocah dengan jenis kelamin laki-laki berinisial MF, 11, dilaporkan tenggelam di Kali Angke, Kampung Duku, Kelurahan Sudimara Selatan, Kecamatan Ciledug, Kota Tangerang, sejak Jumat, 01 Desember 2023.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill