Connect With Us

Kecamatan Pinang Jadi Pilot Project Digital KTP

Rangga Agung Zuliansyah | Minggu, 27 Maret 2011 | 18:01

Sekda Kota Tangerang Harry Mulya Zein saat meresmikan mobil KTP keliling. (tangerangnews / dira)

TANGERANGNEWS.com-Kecamatan Pinang, saat ini tengah menjadi pilot project (percontohan) system digital dalam pembuatan KK dan KTP di Kota Tangerang. Nantintya, sistem digital yang kini telah diterapkan di Kecamatan Pinang akan diterapkan juga kecamatan lain.
 
Menurut Camat Pinang Sachrudin,  sistem ini dilengkapi dengan komputerisasi  Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) on line dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) online. Dengan sistem ini masyarakat yang hendak mengurus administrasi kependudukannya tidak akan terlalu lama menunggu karena sistem komputerisasi telah diterapkan mulai dari pendaftaran hingga entri data.

“Di kecamatan Pinang ini ada delapan loket dan petugas yang siap melayani masyarakat untuk pengurusan administasinya, biayanya gratis dan pengurusannya kurang lebih 10 menit bila adminstrasi kelengkapan tidak ada yang kurang,” tuturnya.

Selain itu, pihaknya terus meningkatkan kesadaran warga dalam pengurusan kelengkapan adminstrasi, dengan menggallakkan strategi, salah satunya dengan melakukan sosialisasi disetiap agenda kemasyarakatan yang dilakukan setiap Kelurahan hingga kegiatan ditingkatan RW dan RT “ Hingga saat ini tercatat 141.810 jiwa warga yang tinggal di 442 RT dan 76 RW di Kecamatan Pinang,” pungkasnya.
 
Sachrudin menambahkan, dengan diterapkannya system digital yang berbarengan dengan diberlakukannya penggratisan KTP dan KK pada pertengahan Maret 2011 ini, antusiasme masyarakat meningkat drastic. Dalam sehari saja, pihak Kecamatan dapat menerima  200 berkas permohonan. 
 
“ Ini menujukkan kalau kesadaran masyarakat Kota Tangerang cukup tinggi. Palingsedikit dalam sehari 90 berkas, makanya kita sedikit kewalahan. Akan tetapi kita tetap konsisten untuk memberikan pelayanan prima,” katanya.(RAZ)
BISNIS
Diumumkan Hari Ini, Simak Cara Cek Hasil Seleksi Administrasi Rekrutmen Bersama BUMN 2024

Diumumkan Hari Ini, Simak Cara Cek Hasil Seleksi Administrasi Rekrutmen Bersama BUMN 2024

Selasa, 23 April 2024 | 13:07

Hasil seleksi administrasi Rekrutmen Bersama BUMN 2024 sudah dapat dicek mulai Selasa, 23 April 2024.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

NASIONAL
Target Capai NZE 2060, Periklindo dan PLN Gelar Pameran Kendaraan Listrik di Jakarta

Target Capai NZE 2060, Periklindo dan PLN Gelar Pameran Kendaraan Listrik di Jakarta

Selasa, 23 April 2024 | 18:43

PT PLN (Persero) sepenuhnya mendukung Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2024 untuk memperkuat kolaborasi dalam mengembangkan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill