Connect With Us

Meningkat 2 Kali Lipat, 1.667 Jamaah Haji Kota Tangerang Berangkat ke Tanah Suci

Rangga Agung Zuliansyah | Selasa, 23 Mei 2023 | 15:15

1.667 jamaah haji Kota Tangerang diberangkatkan, Selasa 23 Mei 2023. (@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Jamaah haji Kota Tangerang kloter 3 nasional resmi diberangkatkan pada hari ini, Selasa 23 Mei 2023.

Para jamaah dilepas secara langsung oleh Penjabat (Pj) Gubernur Banten, Wali Kota Tangerang, Wakil Wali Kota Tangerang, dan Pimpinan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Banten, di Masjid Raya Al-Azhom Kota Tangerang.

Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Kota Tangerang Tutun menuturkan, pemberangkatan jamaah haji pada tahun ini terasa berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Mengingat, 30 persen jamaah haji yang diberangkatkan pada tahun ini berasal dari usia lanjut, sehingga relevan dengan tajuk tema yang diangkat, yakni “Haji Ramah Lansia.”

Tidak hanya itu, Kota Tangerang juga berhasil memberangkatkan jamaah haji dengan kuota secara penuh.

Tercatat, mengalami peningkatan dua kali lipat dari tahun sebelumnya, yakni 1.667 jamaah, serta akan diberangkatkan secara bertahap melalui beberapa kloter yang telah ditentukan.

Hal ini membuat Kota Tangerang turut mendukung Provinsi Banten sebagai provinsi dengan jumlah pemberangkatan jamaah haji terbesar keempat secara nasional.

"Proses pemberangkatan akan dibagi menjadi 6 kloter secara bertahap sesuai pembagian kloter secara nasional, yakni kloter 3, kloter 7, kloter 25, kloter 33, kloter 55, dan kloter 58,” ujar Tutun.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah menambahkan, pemberangkatan jamaah haji Kota Tangerang pada tahun ini juga terasa istimewa.

Pasalnya, selain memenuhi kuota pemberangkatan secara penuh, rencananya pada tahun ini untuk pertama kalinya, Asrama Haji Provinsi Banten di Cipondoh, Kota Tangerang, yang baru saja dibangun akan mulai dioperasikan. 

“Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang juga telah membantu sekitar Rp1 miliar untuk kebutuhan operasional, seperti transportasi (45 bus), akomodasi, dan konsumsi," jelas Arief.

Terkhusus untuk tahun ini, pertama kalinya, pihaknya akan uji coba mengoperasikan Asrama Haji Provinsi Banten yang baru saja dibangun.

"Jadi, nanti ketika proses pemulangan jamaah haji Kota Tangerang tidak perlu transit di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta. Hal ini dapat memberikan keuntungan efesiensi bagi semua pihak, khususnya para jamaah,” tambah Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah.

Selain itu, lewat optimalisasi persiapan dari berbagai pihak, diharapkan pemberangkatan dan pemulangan jamaah haji Kota Tangerang dapat berjalan secara lancar.

“Alhamdulillah, kita semua telah bersinergi bersama-sama untuk mempersiapkan ini semua, mulai dari pendampingan, fasilitas, samoai persiapan-persiapan lainnya,” pungkas Pj Gubernur Banten, Al Muktabar, setelah memimpin prosesi pelepasan pemberangkatan. 

BISNIS
Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Rabu, 24 April 2024 | 09:53

Pemerintah pusat tengah menjalankan rencana strategis bersama salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, Apple.

TANGSEL
Wanita Cantik Tewas Gantung Diri di Ciputat Tangsel, Diduga Depresi Gegara Tumor Payudara

Wanita Cantik Tewas Gantung Diri di Ciputat Tangsel, Diduga Depresi Gegara Tumor Payudara

Jumat, 26 April 2024 | 18:02

Seorang gadis cantik yang tinggal di Jalan Ki Hajar Dewantoro, Kelurahan Sawah Baru, Ciputat Kecamatan Ciputat, Tangerang Selatan, mengakhiri hidupnya dengan gantung diri.

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

KOTA TANGERANG
Simak Daftar 25 Cabang Olahraga dalam POPDA XI Banten di Kota Tangerang 

Simak Daftar 25 Cabang Olahraga dalam POPDA XI Banten di Kota Tangerang 

Jumat, 26 April 2024 | 14:27

Sebanyak 25 cabang olahraga (cabor) akan dipertandingkan dalam ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) XI Banten, yang berlangsung di Kota Tangerang pada8 Juni 2024 mendatang.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill