Connect With Us

Hampir Penuh, Kapasitas TPA Rawa Kucing Terisi 80%

Fahrul Dwi Putra | Rabu, 7 Juni 2023 | 11:00

Para pemulung mencari barang-barang yang bisa dijual kembali di timbunan sampah Tempat Pembuatan Akhir (TPA) Rawa Kucing, Kota Tangerang. (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi )

TANGERANGNEWS.com- Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Rawa Kucing, Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang. hampir memenuhi kapasitas lantaran telah mencapai 80 persen.

Kepala Bidang Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang Iwan mengatakan, TPA seluas 38 hektare itu per harinya menerima kiriman sampah sebanyak lebih 1.500 ton dari wilayah Kota Tangerang.

"Dengan luas 38 hektare itu ya hampir 80 persen sudah terisi. Iya, hampir overload," ujarnya dikutip dari beritasatu.com pada Rabu, 7 Juni 2023.

Bahkan, saat ini gunungan sampah di TPA Rawa Kucing telah mencapai ketinggian 25 meter. Kondisi ini tentunya amat mengkhawatirkan.

Iwan meminta kepada para pihak swasta untuk secara mandiri menyediakan tempat pengolahan sampah terpadu ( TPST) sebagai bentuk keterlibatan perusahaan dalam menanggulangi permasalahan lingkungan, khususnya sampah di wilayah Kota Tangerang.

"Jadi dengan itu perusahan ini punya kewajiban pengurangan sampah. Mereka menjalankan itu sehingga mengurangi penumpukan di TPA, dan bagaimanapun harus punya peran," imbuhnya.

Ia pun mengimbau masyarakat untuk turut serta mengurangi jumlah sampah dengan cara memilah terlebih dahulu sebelum diangkut oleh petugas ke TPA Rawa Kucing.

"Masyarakat bisa mengurangi sampah di sumber dengan melakukan pemilihan dengan pembentukan bank sampah misalnya, kita sosialisasikan dengan masyarakat mudah-mudahan dengan itu sampah ini bisa dikurangi," pungkasnya.

BISNIS
Cetak Laba Tertinggi Sepanjang Sejarah, PLN Diapresiasi Komisi VI DPR RI

Cetak Laba Tertinggi Sepanjang Sejarah, PLN Diapresiasi Komisi VI DPR RI

Jumat, 5 April 2024 | 06:59

PT PLN (Persero) berhasil mencetak rekor laba tertinggi sepanjang sejarah, yakni Rp 5,99 triliun pada 2020, menjadi Rp 13,17 triliun pada 2021, dan meningkat kembali menjadi Rp 14,41 triliun pada 2022.

MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill