Connect With Us

Tangsel Ajukan Kerjasama Kelola Sampah dengan Kota Tangerang

Denny Bagus Irawan | Selasa, 3 Mei 2011 | 15:26

Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Dianya bersama Wali Kota Tangerang Wahidin Halim. Pemkot Tangerang Selatan melakukan kunjungan ke pemerintah sekitar guna bekerjasama dalam pengelolaan sampah. (tangerangnews / dira)


 

TANGERANG-Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mengajukan kerjasama dalam hal pengelolaan sampah di TPA Rawa Kucing milik Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang. Hal tersebut diungkapkan Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany dalam pertemuannya dengan Wali Kota Tangerang Wahidin Halim di Gedung Pemkot, Selasa (3/5).
 
Menurut Airin, saat ini Pemkot Tangsel belum memiliki Tempat Pengelolaan Akhir (TPA) sampah. Untuk itu Pemkot Tangsel bermaksud mengajukan kerjasama kepada Pemkot Tangerang untuk dapat mengelola sampah dilahan milik Pemkot.
 
"Kita membahas permasalahan yang terjadi diantara perbatasan Kota Tangerang dengan Kota Tangsel, salah satunya masalah pengelolaan sampah. Rencananya kita akan segera akan mengajukan draf kerjasama terkait pengelolaan sampah tersebut. Kami juga datang ke sini untuk mempelajari Perda yang ada di sini, guna mendapatkan gambaran untuk menerapkan Perda di Tangsel. Saya kira tidak ada salahnya belajar dari daerah sekitar," kata Airin.
 
Airin mengatakan, Pemkot Tangsel juga akan melakukan kajian-kajian terhadap beberapa kebijakan yang telah dikeluarkan Pemkot Tangerang. "Kota Tangerang sudah memiliki Perda K3, maka kita akan kaji, siapa tau bisa diterapkan di Kota Tangsel," ucapnya.

 
Wali Kota Tangerang Wahidin Halim mengatakan, dirinya siap menjadi guru bagi pemerintahan di Kota Tangsel. Termasuk rencana pengelolaan sampah di Tangsel. "Kirim saja kepala dinas-nya ke sini. Sebulan saja sudah akan pintar kalau di sini," kata Wahidin melalui Kabag Humas Kota Tangerang, Maryoris Namaga.
 
Sementara itu, Wakil Wali Kota Tangerang, Arief Wismansyah mengatakan, bahwa kunjungan tersebut adalah kunjungan resmi antara kepala pemerintahan dalam hal silaturahmi. Memang diakui Arief, Wali Kota Tangsel mewacanakan tentang pengelolaan sampah bersama, namun ini masih dalam tahap wacana. "Ini masih wacana, kita tunggu saja dulu drafnya lalu kita kaji dahulu," imbuh Arif.
 
Saat ditanya terkait kapasitas TPA Rawa Kucing, Arif mengatakan bahwa awalnya TPA tersebut dipersiapkan untuk masyarakat Tangerang. "Sebenarnya kita juga sudah mempersiapkan pengelolaan sampah dalam beberapa versi, seperti pengelolaan sampah ditingkat awal masuk ke-TPS hingga masuk TPA. Ini merupakan salah satu upaya untuk menngurangi debit sampah yang masuk ke TPA," pungkasnya.(RAZ)

 

AYO! TANGERANG CERDAS
Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Jumat, 26 April 2024 | 10:48

Institut Teknologi PLN (ITPLN) menjadi salah satu perguruan tinggi incaran banyak mahasiswa untuk mengembangkan karirnya di masa depan.

KAB. TANGERANG
Usai Lebaran, 1.274 Pendatang Masuk ke Kabupaten Tangerang

Usai Lebaran, 1.274 Pendatang Masuk ke Kabupaten Tangerang

Jumat, 26 April 2024 | 22:48

Usai Lebaran 2024. sebanyak 1.274 jiwa penduduk baru tercatat datang ke wilayah Kabupaten Tangerang.

NASIONAL
Awas Penipuan, Ini Ciri-ciri Petugas Resmi PLN

Awas Penipuan, Ini Ciri-ciri Petugas Resmi PLN

Kamis, 25 April 2024 | 18:19

Tindak kejahatan dengan modus penipuan kian marak terjadi, salah satunya ialah mengaku sebagai petugas PLN.

MANCANEGARA
Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Rabu, 24 April 2024 | 10:33

Perusahaan makanan hewan asal Kanada, ACANA bekerja sama dengan organisasi kesejahteraan hewan Best Friends Animal Society membuka lowongan pekerjaan sebagai kitten cuddler.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill