Connect With Us

Kota Tangerang Sudah Berlakukan Sekolah Gratis, Jakarta Baru Wacana

Rangga Agung Zuliansyah | Kamis, 6 Juni 2024 | 03:06

Pelajar di Kota Tangerang. (@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Adanya pendidikan gratis di Indonesia menjadi harapan semua lapisan masyarakat, karena pendidikan merupakan hak setiap anak bangsa. Maka itu pemerintah wajib menghadirkan layanan ini.

Baru-baru ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sedang mengkaji wacana penggratisan biaya sekolah swasta. Upaya ini dilakukan guna mewujudkan pemerataan infrastruktur pendidikan di Jakarta.

Diketahui, sampai saat ini baru dua daerah di Indonesia yang telah menerapkan pendidikan gratis, terutama di jenjang SD dan SMP yakni salah satunya Kota Tangerang.

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang di era kepemimpinan Wali Kota Arief R Wismansyah telah membebaskan biaya pendidikan sekolah, baik di sekolah negeri maupun sekolah swasta.  

Total, sudah ada 146 sekolah dari tingkat Sekolah Dasar (SD) sampai Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau sederajat yang telah digratiskan di Kota Tangerang.

"Dengan menggratiskan 146 sekolah swasta seperti negeri, kami berharap masyarakat kini memiliki banyak pilihan dalam melanjutkan pendidikan karena tidak boleh ada anak putus sekolah di kota Tangerang," kata Arief R Wismansyah.

Tidak hanya itu, bantuan biaya pendidikan jenjang perguruan tinggi juga diberikan kepada mahasiswa kurang mampu dan memiliki KTP Kota Tangerang, dengan nominal sebesar Rp6 juta.

Bagi yang berminat, bisa mendaftarkan diri melalui aplikasi Tangerang LIVE pada menu bansos mahasiswa dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. 

Pengamat Kebijakan Publik dari Universitas Trisakti Trubus Rahadiansyah mengatakan, program Pemkot Tangerang tersebut merupakan hal yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. 

Pasalnya, dari kebijakan ini, dapat dijadikan sebagai angin segar bagi sekolah swasta untuk terpacu dalam meningkatkan kualitas pendidikannya, sehingga masyarakat tidak lagi terobsesi dengan sekolah negeri yang gratis dan berkualitas.

"Jadi dalam hal ini harus diperluas secara bertahap. Program ini menjadi bukti keseimbangan perhatian kepada sekolah negeri maupun swasta," ujar Trubus dalam siaran persnya, Rabu, 5 Juni 2024.

BISNIS
barenbliss Hadirkan Produk Cushion Terbaru, Diskon 30% di Benny Mart Tangerang

barenbliss Hadirkan Produk Cushion Terbaru, Diskon 30% di Benny Mart Tangerang

Senin, 14 Oktober 2024 | 18:26

Brand K-beauty barenbliss (BNB) meluncurkan produk terbarunya, Bloomatte Perfect Zoom Cover Cushion.

TANGSEL
Jati Kusumo Menangkan Sayembara Logo HUT ke-16 Tangsel

Jati Kusumo Menangkan Sayembara Logo HUT ke-16 Tangsel

Kamis, 17 Oktober 2024 | 23:39

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) telah memilih pemenang sayembara logo Hari Ulang Tahun (HUT) ke-16 Tangsel.

KOTA TANGERANG
Anak Kecanduan Gadget? Coba 5 Tips Pola Asuh Ini

Anak Kecanduan Gadget? Coba 5 Tips Pola Asuh Ini

Jumat, 18 Oktober 2024 | 07:32

Survei Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan sebanyak 33,44 persen anak usia dini di Indonesia sudah terbiasa bermain gadget.

AYO! TANGERANG CERDAS
100 Guru SMP di Kota Tangerang Ikut Bela Negara, Nurdin: Songsong Indonesia Emas 2045

100 Guru SMP di Kota Tangerang Ikut Bela Negara, Nurdin: Songsong Indonesia Emas 2045

Kamis, 17 Oktober 2024 | 12:44

Sebanyak 100 guru SMP Negeri dan Swasta di Kota Tangerang mengikuti kegiatan Bela Negara yang digelar di BBPPMPV Bispar, Depok, Rabu, 16 Oktober 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill