Connect With Us

Bappeda Perkuat Penanganan AIDS, Tuberkulosis, dan Malaria di Kota Tangerang 

Advertorial | Selasa, 25 Juni 2024 | 11:06

Bappeda Kota Tangerang menggelar rapat penguatan perencanaan dan penganggaran penanggulangan AIDS, Tuberkulosis, dan Malaria (ATM) pada Kamis, 13 Juni 2024 (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Tangerang mengadakan rapat terkait penguatan perencanaan dan penganggaran penanggulangan AIDS, Tuberkulosis, dan Malaria (ATM) pada Kamis, 13 Juni 2024. 

Rapat tersebut berlangsung mulai pukul 13:00 hingga 16:00 WIB, dengan dipimpin langsung Kepala Bappeda Kota Tangerang, Yeti Rohaeti.

Beberapa pihak terkait hadir dalam rapat, meliputi Dinas Kesehatan, DP3AP2KB, Dinas Sosial, Dinas Pendidikan, Dinas Perkimtan, Dinas Komunikasi dan Informatika, serta perwakilan dari 13 kecamatan di Kota Tangerang.

Dalam pertemuan tersebut, terdapat beberapa poin penting dibahas, yakni jumlah pengidap Tuberkulosis (TBC) di Kota Tangerang. 

Hingga kini, belum semua pengidap TBC dapat di-screening setiap tahunnya. 

Untuk itu, tahun ini diharapkan seluruh pengidap TBC dapat diselesaikan

screening-nya guna mengetahui jumlah pasti pengidap TBC di Kota Tangerang.

Tak hanya itu, kolaborasi dengan Kader untuk membantu Dinas Kesehatan menyelesaikan kasus TBC juga perlu dilakukan, serta diusulkan agar tugas-tugas Kader dijelaskan secara lebih rinci dalam Surat Tugas mereka. 

Sementara itu, penggunaan screening konvensional masih diutamakan, sehingga usulan pengadaan mobil X-ray akan dipertimbangkan kembali.

Adapun kelompok sasaran yang akan dilakukan screening ATM meliputi:

- Pasien yang berhenti berobat sebelum 6 bulan

- Anak-anak berisiko stunting

- Pemilik rumah yang mengikuti program Bedah Rumah

- Pekerja

- Anak sekolah di Kota Tangerang

Tindak lanjut dari rapat ini adalah persiapan lanjutan rencana pelaksanaan kolaborasi screening serentak dan identifikasi kader yang memiliki fungsi ganda di Kota Tangerang. 

Melalui rapat ini, Pemkot Tangerang berkomitmen untuk menangani masalah kesehatan masyarakat, khususnya penyakit menular seperti AIDS, Tuberkulosis, dan Malaria.

AYO! TANGERANG CERDAS
Seru Banget! KPU Kota Tangerang Bahas Pilkada Bareng Anak SMAN 8 Tangerang

Seru Banget! KPU Kota Tangerang Bahas Pilkada Bareng Anak SMAN 8 Tangerang

Senin, 26 Agustus 2024 | 13:08

Bosan dengan sosialisasi yang kaku? KPU Kota Tangerang bikin acara Pilkada jadi seru banget. Sabtu kemarin, 24 Agustus 2024 mereka ngadain acara KPU Goes to School di SMAN 8 Kota Tangerang.

NASIONAL
Dibatasi Mulai Oktober, Simak Cara Daftar BBM Subsidi 

Dibatasi Mulai Oktober, Simak Cara Daftar BBM Subsidi 

Sabtu, 7 September 2024 | 21:39

Pemerintah akan menerapkan kebijakan pembatasan distribusi BBM bersubsidi, seperti Pertalite dan Solar, yang rencananya berjalan efektif pada Oktober atau November 2024.

BANTEN
Kalifah Banten Tampilkan Leuit Baduy di MTQ Nasional Kaltim 2024

Kalifah Banten Tampilkan Leuit Baduy di MTQ Nasional Kaltim 2024

Sabtu, 7 September 2024 | 22:39

Kafilah Provinsi Banten menampilkan Leuit Baduy pada Pawai Taaruf Musabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTQN) ke XXX Kalimantan Timur (Kaltim) Tahun 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill