Connect With Us

Pelaku Telepon Prank Layanan Call Center 112 Tangerang Bakal Dijerat UU ITE

Rangga Agung Zuliansyah | Senin, 1 Juli 2024 | 19:02

Petugas layanan Tangerang Siaga 112 (Call Center). (@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang terus mengimbau masyarakat luas untuk tidak menyalahgunakan layanan publik penanggulangan kegawatdaruratan atau lebih dikenal dengan Tangerang Siaga 112 (Call Center).

Kepala UPT Pengelola Ruang Kendali Kota (PRKK) Kota Tangerang Muhammad Iqbal Santoso menuturkan, imbauan tersebut dilakukan untuk mengantisipasi kejadian laporan palsu yang masih ditemui seperti prank call, ghost call, dan fake report.

“Tangerang Siaga 112 merupakan layanan yang dibuka secara bebas selama 24 jam. Kami berharap layanan ini tidak disalahgunakan, karena selama ini diperuntukkan untuk kebutuhan penting dan mendesak seperti kebakaran, kecelakaan, bencana alam, penanganan kesehatan, sampai keamanan dan ketertiban umum di Kota Tangerang,” ujarnya Senin, 1 Juli 2024.

Ia melanjutkan, Pemkot Tangerang selama ini telah memberikan edukasi terhadap pelapor palsu yang selama ini menyasar ke layanan Tangerang Siaga 112.

Namun, pihaknya juga bakal menindak tegas para pelaku telepon prank berupa peringatan sanksi hukum sesuai dengan Undang-undang (UU) No 19/2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Terlebih jika laporan palsu tersebut mengakibatkan kerugian.

“Kami pun mengimbau tegas kepada masyarakat untuk tidak menyalahgunakan layanan dengan memberikan laporan palsu. Apalagi, penyalahgunaan layanan 112, dapat dikenakan sanksi atau hukuman pidana sesuai dengan peraturan yang berlaku,” tegas Iqbal.

BISNIS
Harplenas, Ratusan GraPARI Berikan Program Loyalitas dan Apresiasi Bagi Pelanggan

Harplenas, Ratusan GraPARI Berikan Program Loyalitas dan Apresiasi Bagi Pelanggan

Sabtu, 7 September 2024 | 22:20

Telkomsel turut memperingati Hari Pelanggan Nasional (Harpelnas) dengan menyapa, mengapresiasi, dan membangun hubungan yang lebih dalam dengan para pelanggan di seluruh Indonesia.

PROPERTI
Manfaatkan PPN DTP 100%, Aryana Karawaci Hadirkan Klaster Terbaru Mulai 600 jutaan

Manfaatkan PPN DTP 100%, Aryana Karawaci Hadirkan Klaster Terbaru Mulai 600 jutaan

Minggu, 1 September 2024 | 11:54

PT Purinusa Jayakusuma, pengembang Aryana Karawaci Tangerang, merespon positif langkah pemerintah yang memperpanjang insentif 100% Pajak Pertambahan Nilai Ditanggung Pemerintah (PPN DTP).

SPORT
Indonesia U-20 Tumbangkan Argentina U-20, Netizen: Infokan Jadwal Tanding Ulang Lawan Messi

Indonesia U-20 Tumbangkan Argentina U-20, Netizen: Infokan Jadwal Tanding Ulang Lawan Messi

Kamis, 29 Agustus 2024 | 09:59

Timnas Indonesia U-20 mencetak sejarah usai berhasil menaklukkan Timnas Argentina U-20 dalam laga pembuka mini turnamen Seoul Earth On Us Cup 2024 di Seoul, Korea Selatan, Rabu, 28 Agustus 2024.

BANTEN
Kalifah Banten Tampilkan Leuit Baduy di MTQ Nasional Kaltim 2024

Kalifah Banten Tampilkan Leuit Baduy di MTQ Nasional Kaltim 2024

Sabtu, 7 September 2024 | 22:39

Kafilah Provinsi Banten menampilkan Leuit Baduy pada Pawai Taaruf Musabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTQN) ke XXX Kalimantan Timur (Kaltim) Tahun 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill