Connect With Us

KPU Kota Tangerang Gelar Bimtek Penyusunan Laporan Keuangan Tingkat PPK

Fahrul Dwi Putra | Rabu, 10 Juli 2024 | 10:12

KPU Kota Tangerang menggelar Bimtek penyusunan laporan tingkat PPK di Days Hotel, Kecamatan Benda, Kota Tangerang, pada Selasa, 9 Juli 2024. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang menyelenggarakan bimbingan teknis (Bimtek) untuk penyusunan laporan pertanggungjawaban keuangan bagi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kota Tangerang. 

Acara ini berlangsung di Days Hotel, Kecamatan Benda, Kota Tangerang, pada Selasa, 9 Juli 2024.

Komisioner KPU Kota Tangerang Divisi Teknis, Rustana menyampaikan, tujuan dari Bimtek ini adalah untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas PPK dalam mengelola administrasi keuangan secara transparan dan akuntabel. 

Ia menegaskan pentingnya memastikan bahwa laporan keuangan yang disusun oleh PPK harus sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku.

"Dengan adanya bimbingan teknis ini, diharapkan para PPK dapat memahami dan mengaplikasikan prinsip-prinsip akuntansi secara benar dalam setiap laporan keuangan yang disusun," ujar Rustana dalam sambutannya.

Dalam kesempatan itu, Rustana menegaskan kesalahan dalam penyusunan laporan anggaran harus dihindari.

Bimtek ini menghadirkan para ahli di bidang akuntansi, keuangan, dan hukum sebagai pemateri, si antaranya Chandra Mundiana dari Inspektorat Kota Tangerang, Faturozi, dari Kejari Kota Tangerang, Priyo Basuki dari Polres Metro Tangerang Kota, serta Qoriyatiningsih dari KPU Provinsi Banten. 

Materi yang disampaikan meliputi dasar-dasar akuntansi pemerintahan, prosedur penyusunan laporan keuangan, audit internal dan eksternal, serta mitigasi risiko pidana dalam pengelolaan keuangan.

Peserta juga dibekali pemahaman hukum untuk mencegah terjadinya tindak pidana penyalahgunaan keuangan.

Ketua KPU Kota Tangerang Qori Ayatullah menyampaikan, melalui Bimtek ini diharapkan kualitas laporan keuangan KPU Kota Tangerang dapat ditingkatkan untuk memberikan informasi yang akurat dan terpercaya bagi semua pihak yang berkepentingan.

Menurut Qori, Transparansi dan akuntabilitas adalah kunci utama dalam pengelolaan keuangan. Oleh karenanya, Bimtek ini merupakan bagian dari program peningkatan kapasitas penyelenggara yang dilaksanakan oleh KPU Kota Tangerang dalam rangka mempersiapkan pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2024 yang bersih dan berkualitas.

"Kita sebagai penyelenggara harus tertib. Hal-hal baik perlu kita pertegas. Ayo rekan-rekan semua harus bisa saling menjaga," pungkasnya.

WISATA
Favehotel Ganti Nama Jadi Sahid Bandara Soetta, Ini Fasilitas Barunya 

Favehotel Ganti Nama Jadi Sahid Bandara Soetta, Ini Fasilitas Barunya 

Jumat, 6 September 2024 | 11:40

Salah satu hotel bintang tiga di Kota Tangerang telah resmi melakukan rebranding, yakni memperbarui nama dan fasilitasnya demi meningkatkan kenyamanan tamu.

KOTA TANGERANG
Geger Pasutri Tewas dengan Luka Tusukan di Cipondoh, Ditemukan Pesan Wasiat Warisan

Geger Pasutri Tewas dengan Luka Tusukan di Cipondoh, Ditemukan Pesan Wasiat Warisan

Jumat, 6 September 2024 | 23:01

Warga Cipondoh, Kota Tangerang digegerkan penemuan mayat pasangan suami-istri (pasutri) di dalam rumahnya, pada Kamis 05 September 2024, sekitar pukul 17.00 WIB.

TANGSEL
Polisi Buru Pelaku Penculikan dan Pencabulan Bocah SD Modus Jemput Sekolah di Tangsel

Polisi Buru Pelaku Penculikan dan Pencabulan Bocah SD Modus Jemput Sekolah di Tangsel

Sabtu, 7 September 2024 | 21:40

Pihak Kepolisian tengah menyelidiki kasus penculikan disertai dugaan pencabulan tehadap bocah SD di Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill