Connect With Us

Jadi Sorotan Wisatawan Mancanegara, Ritual Khas Cina Benteng Gotong Toapekong Resmi Jadi Warisan Budaya Tak Benda

Fahrul Dwi Putra | Rabu, 28 Agustus 2024 | 11:12

Ritual Gotong Toapekong resmi ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB). (@TangerangNews / Istimewa )

TANGERANGNEWS.com- Ritual khas Cina Benteng Gotong Toapekong resmi ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek).

Ritual Gotong Toapekong memiliki keunikan tersendiri yang menjadikannya ikon budaya di Kota Tangerang. Diselenggarakan setiap 12 tahun sekali, tradisi ini melibatkan prosesi mengarak patung Dewi Kwan Im Hud Couw melalui jalan-jalan utama di kota. 

Perkumpulan Klenteng Boen Tek Bio menjadi pelaksana utama dari tradisi ini, yang melibatkan berbagai elemen masyarakat, termasuk budayawan dan seniman lokal.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Tangerang Rizal Ridolloh mengatakan, arak-arakan Gotong Toapekong memiliki keistimewaan, bukan hanya karena diadakan setiap dua belas tahun sekali, tetapi juga karena melibatkan banyak pihak dan telah menjadi bagian tak terpisahkan dari sejarah budaya Kota Tangerang.

BACA JUGA:

 

Diketahui, ritual ini telah menjadi tradisi yang berlangsung sejak tahun 1842, dan telah berkembang menjadi daya tarik budaya yang menarik perhatian baik wisatawan lokal maupun mancanegara. 

Dengan penetapan sebagai Warisan Budaya Tak Benda, arak-arakan ini diharapkan dapat semakin dikenal sebagai simbol kebudayaan khas Kota Tangerang.

"Kami juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk turut melestarikan, menyambut dan memeriahkan arak-arakan Gotong Toapekong yang bertepatan akan diselenggarakan pada tahun ini di bulan depan," tambah Rizal.

Tahun ini, Ritual Gotong Toapekong dijadwalkan akan berlangsung pada 21 September 2024. Untuk itu, Pemerintah Kota Tangerang mengajak seluruh masyarakat untuk turut serta dalam melestarikan dan memeriahkan acara budaya terbesar di kota ini.

OPINI
Ironi Kesenjangan Sosial Sedalam Jurang

Ironi Kesenjangan Sosial Sedalam Jurang

Kamis, 19 September 2024 | 15:42

Faktanya dapat dilihat dengan sangat jelas dan gamblang, bahkan dengan menutup mata sekali pun, bagaimana kesenjangan antara rakyat dan tuan penguasa seperti jurang. Padahal jeritan rakyat jelas terdengar.

AYO! TANGERANG CERDAS
10 Tahun Prodi SEE, Swiss German University Tegaskan Kontribusi Capai Target Indonesia NZE 2060

10 Tahun Prodi SEE, Swiss German University Tegaskan Kontribusi Capai Target Indonesia NZE 2060

Jumat, 20 September 2024 | 17:44

Salah satu perguruan tinggi swasta di Tangerang, Swiss German University (SGU) menegaskan komitmen untuk ikut berpartisipasi dan mendukung Indonesia mencapai target Net Zero Emission (NZE) pada 2060.

NASIONAL
PLN dan Kementerian ESDM Gelar Balap Motor Listrik Konversi Pertama di Indonesia

PLN dan Kementerian ESDM Gelar Balap Motor Listrik Konversi Pertama di Indonesia

Sabtu, 21 September 2024 | 20:34

PT PLN (Persero) bersama Kementerian ESDM akan menggelar ajang PLN EV Conversion Race 2024, yakni balap motor listrik konversi pertama di Indonesia di Sentul International Karting Circuit, Bogor, pada Minggu, 22 September 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill