Connect With Us

Dinkes Pastikan Kota Tangerang Masih Zero Kasus Mpox Cacar Monyet

Fahrul Dwi Putra | Rabu, 28 Agustus 2024 | 15:56

Ilustrasi cacar monyet. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com- Dalam beberapa waktu terakhir, kasus mpox atau cacar monyet dilaporkan meningkat di berbagai negara. Namun, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang menegaskan bahwa hingga saat ini, Kota Tangerang masih bebas dari kasus positif mpox. 

Meskipun demikian, masyarakat diimbau untuk tetap waspada dan menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) sebagai langkah pencegahan.

Kepala Dinkes Kota Tangerang dr. Dini Anggraeni menjelaskan, penularan mpox dapat terjadi melalui kontak erat, baik langsung maupun tidak langsung. "Kontak fisik termasuk hubungan seksual. Lalu, penularan tidak langsung seperti melalui benda-benda. Jadi, apabila seseorang menyentuh atau menggunakan barang yang terinfeksi mpox maka dapat terpapar," bebernya.

BACA JUGA:

Lebih lanjut, Dini menyebut fasilitas kesehatan di Kota Tangerang telah siap untuk menangani kemungkinan kasus mpox, dan tracing akan segera dilakukan jika ditemukan kasus positif di lingkungan tertentu. 

Nantinya, jika ada orang yang terindikasi telah terinfeksi, maka kontak erat akan dicari dan ditindaklanjuti sesuai hasil pemeriksaan laboratorium.

"Paling utama adalah bagaimana kita melakukan pencegahan sehingga tidak terjadi dan memutus penularan agar tidak menyebar. Maka, PHBS menjadi salah satu kunci utama dalam upaya pencegahan," tutupnya.

TEKNO
Indonesia Bakal Punya Mobil Terbang, Diluncurkan Mulai 2028

Indonesia Bakal Punya Mobil Terbang, Diluncurkan Mulai 2028

Selasa, 17 September 2024 | 09:51

Indonesia siap memasuki era baru transportasi udara dengan kehadiran mobil terbang buatan PT Dirgantara Indonesia (PTDI) berkolaborasi dengan perusahaan lokal teknologi berbasis di Bandung yang telah berdiri sejak tahun 2020, Vela Aero.

KOTA TANGERANG
Kasus Bocah Tewas Jatuh dari Apartemen Modernland, Polisi Selidiki Unsur Kelalaian Orang Tua

Kasus Bocah Tewas Jatuh dari Apartemen Modernland, Polisi Selidiki Unsur Kelalaian Orang Tua

Jumat, 20 September 2024 | 17:11

Polisi masih melakukan penyelidikan lebih dalam terkait peristiwa bocah tujuh tahun yang tewas setelah terjatuh dari lantai 8 Apartemen Modernland di kawasan Kelapa Indah, Kota Tangerang, pada Senin 16 September 2024.

BANDARA
Terminal 3 Bandara Soetta Raih Penghargaan Fasilitas Integrasi Moda Ramah Disabilitas

Terminal 3 Bandara Soetta Raih Penghargaan Fasilitas Integrasi Moda Ramah Disabilitas

Jumat, 20 September 2024 | 18:02

Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) meraih penghargaan prestisius sebagai "Fasilitas Integrasi Moda Teramah Disabilitas", dalam ajang DTKJ Award 2024 yang diselenggarakan oleh Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ).

PROPERTI
5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Rumah di Bintaro

5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Rumah di Bintaro

Selasa, 17 September 2024 | 15:42

Bintaro, sebuah kawasan yang terletak di perbatasan antara Jakarta dan Tangerang, semakin populer sebagai pilihan hunian bagi banyak orang

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill