Connect With Us

Bawaslu Soal Pertemuan Pj Wali Kota Tangerang dan Dimyati: Tidak Ada Unsur Pelanggaran

Fahrul Dwi Putra | Jumat, 11 Oktober 2024 | 09:25

Kunjungan kerja Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI ke Pemerintah Kota Tangerang pada 9 September 2024, lalu. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tangerang menyatakan tidak ditemukan adanya unsur pelanggaran Pilkada terkait kunjungan kerja Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI ke Pemerintah Kota Tangerang pada 9 September 2024, lalu. 

Dengan demikian, laporan dugaan pelanggaran terkait kunjungan tersebut secara resmi telah dihentikan.

Ketua Bawaslu Kota Tangerang Komarullah menjelaskan, setelah dilakukan penelusuran dan pemeriksaan mendalam terhadap fakta dan bukti yang ada, pertemuan tersebut merupakan acara resmi yang bersifat kelembagaan dan kedinasan. 

Hal ini diketahui berdasarkan Surat Tugas dari DPR RI bahwa rombongan yang hadir dalam acara itu adalah rombongan dari Badan Urusan Rumah Tangga atau BURT DPR yang mana di dalamnya terdiri dari anggota fraksi-fraksi dan lintas komisi, termasuk diantaranya Dimyati Natakusumah. 

"Sehingga kegiatan di Puspem itu merupakan ajang aspirasi daerah kepada DPR RI," ungkap Ketua Bawaslu kota Tangerang Komarullah saat dihubungi melalui sambungan telepon, Kamis, 10 Oktober 2024.

Mengenai kehadiran salah satu bakal calon Wakil Gubernur Banten Dimyati Natakusumah, Komarullah menjelaskan, kehadirannya dalam pertemuan tersebut tidak melanggar aturan. 

Dikatakan Komarullah, Dimyati hadir dalam kapasitasnya sebagai Wakil Ketua BURT DPR RI. Sesuai UU No. 10 Tahun 2016 tentang Pilkada, yakni anggota DPR yang mencalonkan diri baru diwajibkan mengundurkan diri setelah ditetapkan sebagai peserta resmi Pilkada.

Dalam hal ini, Dimyati hadir pada 9 September 2024, sedangkan KPU Banten baru menetapkan pasangan calon pada 22 September 2024. 

"Sehinga saat kejadian Dimyati belum ditetapkan sebagai calon, dan masih melaksanakan tugasnya sebagai Anggota DPR RI," tambah Komarullah.

Lebih lanjut, Komarullah menambahkan, kehadiran pejabat daerah, camat, dan Forkopimda dalam acara tersebut juga dalam rangka menjalankan tugas kedinasan untuk menyambut kunjungan BURT DPR RI sesuai undangan dari Pemkot Tangerang.

TANGSEL
Scoopy Tabrak Angkot hingga Ringsek di Serpong Tangsel, Pengendara Luka-luka

Scoopy Tabrak Angkot hingga Ringsek di Serpong Tangsel, Pengendara Luka-luka

Jumat, 18 Oktober 2024 | 17:54

Kecelakaan lalu lintas yang melibatkan motor Honda Scoopy dengan angkot terjadi di Jalan Raya Serpong, Kelurahan Serpong, Kecamatan Serpong, Kota Tangsel.

NASIONAL
Konsen Keterbukaan Informasi Publik, PLN Borong 7 Penghargaan Kehumasan 

Konsen Keterbukaan Informasi Publik, PLN Borong 7 Penghargaan Kehumasan 

Jumat, 18 Oktober 2024 | 21:45

PT PLN (Persero) berhasil membawa pulang 7 penghargaan dalam ajang bergengsi The 6th Anugerah Humas Indonesia (AHI) 2024, yang diselenggarakan oleh Humas Indonesia pada Jumat, 11 Oktober 2024 di Yogyakarta.

SPORT
Prediksi Skor Persita vs Bali United Liga 1 2024/2025, Laga Kandang Rasa Tandang

Prediksi Skor Persita vs Bali United Liga 1 2024/2025, Laga Kandang Rasa Tandang

Jumat, 18 Oktober 2024 | 08:07

Persita Tangerang akan menghadapi Bali United di pekan ke-8 BRI Liga 1 2024/2025, pada Minggu, 20 Oktober 2024, malam.

HIBURAN
Gaji Rp4 Juta UMK Tangerang, Berapa Lama untuk Kumpulkan Rp300 Juta? Ini Skemanya

Gaji Rp4 Juta UMK Tangerang, Berapa Lama untuk Kumpulkan Rp300 Juta? Ini Skemanya

Senin, 14 Oktober 2024 | 05:28

Mendapatkan rumah impian di era sekarang terasa seperti mimpi yang sulit diwujudkan, terutama bagi yang memiliki gaji pas-pasan. Namun, bukan berarti tidak mungkin.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill