Connect With Us

KAHMI Gelar Dialog Cegah Faham Radikalisme

| Rabu, 26 Oktober 2011 | 19:26

KAHMI Kota Tangerang saat menggelar dialog. (tangerangnews / rangga)

TANGERANG-Untuk mencegah berkembangnya faham radikalisme dikalangan pemuda dan masyarakat Kota Tangerang hingga berakar pada terorisme, KAHMI Kota Tangerang menggelar forum dialog kemanusiaan dengan tema penguatan peran pemuda sebagai upaya mengurai faham radikalisme dalam bingkai NKRI di ruang Akhlakul Karimah, lantai 3 Gedung Puspemkot Kota Tangerang, Rabu (26/10).
 
Dialog ini dihadiri langsung pelaku yang kini telah menyandang status sebagai mantan teroris Nasir Abas. Selain itu juga hadir sebagai pembicara KH Ahmad Suhami Hasan yang merupakan pimpinan Pondok pesantren Darul Ulum, sedangkan dari kalangan akademisi, tampak hadir Dr Sihabudin.
 
Ketua KAHMI Kota Tangerang Jazuli Abdilah dalam sambutannya menyatakan bahwa kegiatan yang dilakukan adalah sebagai salah satu upaya untuk membangun fondasi guna menangkal terorisme. “NKRI adalah harga mati, untuk itu kita wajib untuk mempertahankan ini sehingga terorisme tidak dapat bergerak bebas di negeri tercinta ini," ucapnya.
 
M Nasir Aba yang kini menjadi pakar teroris menjelaskan bahwa ada berbagai faktor yang menjadikan seseorang terlibat dalam aksi terorisme. Mulai dari sejarah, pengalaman perang, pemahaman ideologi dan faktor psikologi. "Faktor-faktor ini yang biasanya melatarbelakangi seseorang terkait terorisme, saya contohkan ideologi dan pemahaman jihad yang keliru bisa jadi penyebab seseorang terlibat terorisme," terangnya dihadapan para peserta yang hadir.
 
Dalam kesempatan inipun, Nasir sempat mengulas proses dirinya sempat terlibat dalam aksi terorisme di Indonesia, hingga akhirnya tersadarkan bahwa jihad yang dipahaminya adalah salah dan banyak menyengsarakan masyarakat. " Saya mengajak seluruh intrumen bangsa ini untuk bersatu dalam NKRI, saya menyadari bahwa apa yang terjadi (teror) adalah tidak benar. Untuk itu ada dua tips yang akan saya titipkan pada seluruh anak bangsa ini bahwa agar tidak terjebak dalam terorisme kita harus melihat kepentingan ini dari dalam diri sendiri dan yang kedua respon dari luar," terangnya lagi.

 Yang dimaksud dari dalam diri sendiri adalah, melihat apakah hal yang akan dilakukan (teror) bila terkena kepada sanak keluarga dan orang tua sendiri kita akan rela, dan yang dimaksudkan respon dari luar adalah kita harus selalu melihat sesuatu tidak pada satu sisi saja, melainkan juga dari sisi lain. "Kita harus kritis sehingga tidak membuka ruang bagi perekrut teror untuk mengajak kita menyengsarakan rakyat, selain itu juga media sharing sebaiknya dilakukan, sehingga kita mendapatkan pendapat lain dari orang lain, hingga akhirnya dapat mengambil keputusan yang terbaik," tegasnya. (RAZ)

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

MANCANEGARA
Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Rabu, 24 April 2024 | 10:33

Perusahaan makanan hewan asal Kanada, ACANA bekerja sama dengan organisasi kesejahteraan hewan Best Friends Animal Society membuka lowongan pekerjaan sebagai kitten cuddler.

SPORT
Pendaftaran Tahap III POPDA XI Banten di Kota Tangerang Dibuka

Pendaftaran Tahap III POPDA XI Banten di Kota Tangerang Dibuka

Kamis, 25 April 2024 | 01:31

Menjelang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) XI Banten yang akan dihelat di Kota Tangerang pada 8 Juni 2024 mendatang, proses pendaftaran bagi para peserta masih dibuka.

TEKNO
Catat, 6 Pekerjaan Ini Tidak Akan Digantikan AI

Catat, 6 Pekerjaan Ini Tidak Akan Digantikan AI

Rabu, 24 April 2024 | 11:25

Perkembangan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) semakin pesat, sehingga banyak orang khawatir akan hilangnya pekerjaan karena kemampuan AI untuk menangani tugas-tugas tertentu.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill