Connect With Us

Ngaku BIN, Anggota TNI Gadungan Ditangkap

| Jumat, 12 Oktober 2012 | 13:26

| Dibaca : 2148

TNI Gadungan. (tangerangnews / dira )

 Reporter : Rangga A Zuliansyah

TANGERANG-R Adi Setiawan, 50, warga Kampung Cukanggalih, RT 9/5, Kecamatan Curug, Kabupaten Tangerang, ditangkap aparat Polresta Kabupaten Tangerang karena mengaku sebagai anggota TNI berpangkat Major Jenderal (Mayjen) yang diperbantukan di Badan Intelegen Negara (BIN).  

Tersangka diduga penadah barang bukti kendaraan roda empat hasil penipuan.   Kasat Reskrim Polres Kota Tangerang Kompol Shinto Silitonga mengatakan, penangkapan tersangka berawal dari adanya informasi masyarakat bahwa ada seseorang yang mengaku anggota TNI berpangkat Mayjen yang memiliki satu unit mobil Toyota Kijang Inova nopol B-1454-NJA.

Namun, tidak dilengkapi surat kendaraan yang sah.   "Kemudian penyidik datang ke rumah tersangka. Disana tersangka dengan sopan menyambut penyidik. Kemudian saat ditanya soal surat-surat mobil, tersangka langsung mengaku sebagai TNI Mayjen yang bekerja sebagai BIN untuk mengelabuhi penyidik," katanya, Jumat (12/10).

  Tersangka juga menunjukkan kartu namanya sebagai anggota TNI. Namun, saat ditanya kartu anggota, tersangka tidak bisa menunjukkannya.   Akhirnya, petugas melakukan penggeledahan. "Setelah dicek, tenyata benar tersangka merupakan TNI gadungan. Dan nomor polisi B-1454-NJA, Toyota Kijang Innova miliknya merupakan nomor polisi milik mobil Toyota Fortuner tahun 2009," tambah Shinto.   Shinto menambahakan, setelah terbukti, akhirnya tersangka mengaku kalau dia bukan anggota TNI. Di rumahnya juga ditemukan barang bukti dua topi berpangkat Mayjen, satu topi berpangkat Brigadir Jenderal dan satu pistol korek api.   "Tersangka dan barang bukti langsung diamankan ke Polres," ujarnya.  

Menurut Shinto, pihaknya menduga tersangka merupakan penadah mobil hasil penipuan. Karena tidak memiliki surat-surat yang sah. Berdasarkan keterangan warga, sering terlihat mobil berbagai merk terparkir di rumah tersangaka.   "Masih menyelidiki keterkaitan pemalsuan jabatan ini apakah pernah disalahgunakan untuk melakukan penipuan. Untuk itu diminta agar masyarakat yang pernah jadi korban penipuan mobil untuk segera melapor ke Polres," pungkasnya.  

Sementara tersangka R Adi Seriawan kepada penyidik mengaku, sebagai anggota TNI karena terobsesi dengan jabatan Mayor Jenderal.   Tiga topi TNI yang dia miliki dibeli di kawasan Karawaci. Sementara pistol korek api ia beli di Pasar Baru Jakarta. "Saya ingin sekali jadi Mayor Jenderal bintang dua," ungkapnya.   Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, tersangka dijerat pasal 378 KUHP tentang penipuan dan 480 KUHP tentang penadahan dengan ancaman hukuman 10 tahun penjara.
PROPERTI
Kementerian PUPR Pelajari Proyek Township BSD City

Kementerian PUPR Pelajari Proyek Township BSD City

Jumat, 22 Oktober 2021 | 22:17

TANGERANGNEWS.com-Tim Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mempelajari pembangunan pusat pertumbuhan kota baru proyek township BSD City Tangerang, Banten

TANGSEL
Tiga Kandidat Bersaing Jadi Ketua Pokja Wartawan Harian Tangerang Selatan

Tiga Kandidat Bersaing Jadi Ketua Pokja Wartawan Harian Tangerang Selatan

Senin, 25 Oktober 2021 | 20:23

TANGERANGNEWS.com-Ada tiga kandidat yang bersaing dalam pemilihan umum calon ketua Kelompok Kerja (Pokja) Wartawan Harian Tangerang Selatan (PWHTS) tahun 2021 - 2023. Hari ini

SPORT
Pemain Bulu Tangkis Kelahiran Tangerang Putri Kusuma Wardani Juara Czech Open 2021

Pemain Bulu Tangkis Kelahiran Tangerang Putri Kusuma Wardani Juara Czech Open 2021

Senin, 25 Oktober 2021 | 08:08

TANGERANGNEWS.com–Pemain bulu tangkis muda Indonesia, Putri Kusuma Wardani, tampil luar biasa menjadi juara turnamen bulu tangkis Czech Open 2021. Pebulu tangkis kelahiran Tangerang

BANTEN
Waduh, Orang Meninggal di Lebak Banten Menang Pilkades

Waduh, Orang Meninggal di Lebak Banten Menang Pilkades

Senin, 25 Oktober 2021 | 17:11

TANGERANGNEWS.com-Pria bernama Jakaria, menang telak dalam pemilihan kepala desa (Pilkades) di Muara Dua, Kecamatan Cikulur, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, Minggu, 24 Oktober 2021

"Membuat Janji dan Menepatinya adalah cara terbaik membangun merek"

Seth Godin