Connect With Us

Pasca-ledakan, Negara Tetangga Siaga Satu

EYD | Kamis, 14 Januari 2016 | 15:02

Kawasan Sarinah, Thamrin, Jakarta, masih mencekam (istimewa / tangerangnews)

TANGERANG – Negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, hingga Australia siaga satu seusai bom menggunjang Jakarta. Mereka pun tak lupa menawarkan bantuan kepada Pemerintah Indonesia.

Kepolisian Malaysia bahkan meningkatkan kewaspadaan keamanan nasional ke level tertinggi sebagai antisipasi. “Langkah pencegahan tambahan akan diterapkan di area perbatasan untuk mencegah penyusupan oleh elemen teroris,” ujar Kepala Kepolisian Malaysia Inspektur Jenderal Polisi Tan Sri Khalid Abu Bakar, dalam pernyataannya seperti dilansir kantor berita Malaysia, Bernama, Kamis (14/1/2016).

Ditegaskan Khalid, orang-orang yang masuk dalam radar kepolisian terkait aktivitas terorisme akan diawasi lebih ketat, seusai rentetan ledakan yang mengguncang Jakarta. Khalid memastikan seluruh personel kepolisian di Malaysia dalam kondisi siaga tinggi. “Kami memantau secara erat perkembangan terbaru demi memastikan keselamatan dan keamanan rakyat terjaga,” tegas Khalid.

Khalid menambahkan, kepolisian Malaysia dalam beberapa bulan terakhir telah berupaya meningkatkan langkah antisipasi untuk mencegah serangan-serangan di Malaysia. Langkah antisipasi ini dilakukan menyusul serangan-serangan teror di sejumlah negara di dunia.

Secara terpisah, Perdana Menteri Malaysia Najib Razak menyatakan belasungkawa untuk korban teror Thamrin dan menawarkan bantuan untuk pemerintah Indonesia usai insiden teror ini. “Sungguh terkejut dan sedih atas serangan bom di Jakarta,” ucap PM Najib melalui akun Twitter resminya. “Malaysia siap memberikan bantuan dalam segala cara. Pikiran dan doa kami untuk rakyat,” imbuhnya.

Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop pun mengecam serangkaian ledakan bom dan penembakan yang melanda Jakarta hari ini. Bishop pun menawarkan bantuan untuk pemerintah Indonesia dalam merespons serangan-serangan ini.

“Kedutaan kami tengah berhubungan dengan otoritas setempat untuk memastikan apakah ada warga Australia yang terkena musibah,” ujar Bishop seperti dilansir News.com.au, Kamis (14/1/2016). “Insiden ini masih berlangsung dan masih terlalu dini untuk memastikan besarnya kerusakan ataupun korban-korban,” imbuhnya.

Bishop menuturkan, dirinya telah berbicara dengan Menlu Indonesia Retno Marsudi dan menawarkan bantuan apapun yang mungkin dibutuhkan Indonesia untuk merespons serangan-serangan ini.

Otoritas Singapura turut mengecam keras serangkaian ledakan bom di Jakarta. Singapura menyatakan dukungan terhadap segala upaya pemerintah Indonesia untuk mengadili pelaku di balik insiden ini.

“MFA (Kementerian Luar Negeri Singapura) sangat terkejut mengetahui serangkaian ledakan di Jakarta, menargetkan warga sipil tak berdosa. Kami mengecam serangan-serangan ini dan menyampaikan belasungkawa kami kepada keluarga korban,” demikian pernyataan Kementerian Luar Negeri Singapura, seperti dilansir media setempat, Channel News Asia, Kamis (14/1/2016). “Kami mendukung pemerintah Indonesia dalam setiap upaya membawa orang-orang yang bertanggung jawab ke pengadilan,” imbuh pernyataan tersebut.

 

BANTEN
PLN Banten Catat Ada 1.200 Transaksi SPKLU Selama Mudik Lebaran 2024

PLN Banten Catat Ada 1.200 Transaksi SPKLU Selama Mudik Lebaran 2024

Selasa, 23 April 2024 | 11:21

Sebanyak 1.200 transaksi terjadi di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) selama masa mudik Lebaran 2024, terhitung mulai 3 hingga 19 April 2024.

TEKNO
Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kamis, 25 April 2024 | 14:20

Baru-baru ini kembali mencuat maraknya praktik ilegal RT/RW Net. Sebab, praktik ilegal ini tak hanya merugikan penyelenggara jasa telekomunikasi, juga berdampak negatif bagi konsumen di Indonesia.

HIBURAN
Parto Patrio Bakal Dioperasi, Sakit Apa?

Parto Patrio Bakal Dioperasi, Sakit Apa?

Kamis, 25 April 2024 | 12:21

Viral di media sosial sebuah video menunjukkan komedian Parto Patrio dilarikan ke rumah sakit menggunakan ambulans.

NASIONAL
Awas Penipuan, Ini Ciri-ciri Petugas Resmi PLN

Awas Penipuan, Ini Ciri-ciri Petugas Resmi PLN

Kamis, 25 April 2024 | 18:19

Tindak kejahatan dengan modus penipuan kian marak terjadi, salah satunya ialah mengaku sebagai petugas PLN.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill