Connect With Us

Digigit Monyet di Bali, Pria Australia Positif Kena Virus Zika

EYD | Selasa, 2 Februari 2016 | 06:32

| Dibaca : 2447

Virus Zika (istimewa / tangerangnews)

TANGERANG – Pria asal Australia berusia 27 tahun dilaporkan terinfeksi virus Zika setelah melakukan perjalanan ke Bali. Saat di Bali, pria tersebut dikabarkan digigit monyet di Hutan Monyet Ubud. Dia juga menuturkan digigit nyamuk selama di Bali.

Sydney Morning Herald menulis bahwa pria yang dirahasiakan identitasnya itu didiagnosis terinfeksi virus Zika akut saat dirawat di Royal Darwin Hospital.

Laporan menyebut, pria tersebut mengeluh demam dan ada ruam di tubuhnya yang dialami tujuh hari setelah digigit monyet.

Kasus ini dilaporkan dalam Southeast Asian Journal of Tropical Medicine and Public Health pada Mei 2015.

dr. Herawati Sudoyo, MS, PhD dari Lembaga Biologi Molekul Eijikman mengetahui kasus itu dari laporan di jurnal internasional. Tapi, perlu dipastikan apakah yang menularkan virus Zika tersebut adalah monyet atau nyamuk.

“Kasus dideteksi setelah tiba di Australia. Perlu dipastikan apakah karena digigit monyet, yang berarti ada Zika di monyet atau karena gigitan nyamuk. Karena, dia kan digigit nyamuk juga,” kata dr Hera, Selasa (2/2/2016).

Pada 2013 dilaporkan pula seorang perempuan Australia berusia 52 tahun yang baru saja kembali dari Jakarta diketahui terinfeksi virus Zika. Perempuan tersebut mengalami tidak enak badan dan ruam setelah berlibur beberapa hari di Jakarta.

Dia juga mengaku mengalami kelelahan, tidak enak badan, dan sakit kepala.

Empat hari setelah gejala, muncul ruam yang diikuti dengan nyeri otot.

Hasil analisis laboratorium menunjukkan pasien tersebut positif terinfeksi ZIKV. Sebelumnya dia salah diagnosis karena dikira demam berdarah dengue.

“Ada kemungkinan banyak kasus tidak terdiagnosis dengan baik (karena gejalanyanya ringan) atau salah diagnosis, paling sering dikira demam berdarah karena kesamaan klinis,” begitu diungkapkan dalam laporan American Journal of Tropical Medicine and Hygiene.

KAB. TANGERANG
Pemkab Tangerang Siapkan Aplikasi untuk Permudah Investor Ajukan Perizinan

Pemkab Tangerang Siapkan Aplikasi untuk Permudah Investor Ajukan Perizinan

Selasa, 28 September 2021 | 09:29

TANGERANGNEWS.com- Dinas Tata Ruang dan Bangunan Pemerintah Kabupaten Tangerang, mempersiapkan aplikasi Sistem Peruntukan Konfirmasi Tata Ruang yang dinamai SIPETARUNG

NASIONAL
Selamatkan Uang Negara dari Korupsi Kelas Kakap, Fahri Hamzah Acungi Jempol Kejagung

Selamatkan Uang Negara dari Korupsi Kelas Kakap, Fahri Hamzah Acungi Jempol Kejagung

Senin, 27 September 2021 | 20:45

TANGERANGNEWS.com-Kinerja Kejaksaan Agung (Kejagung) dinilai lebih baik dibandingkan KPK dan Polri. Tolok ukurnya ialah Kejagung telah menyelamatkan uang negara sebesar Rp26,1 triliun

TOKOH
Menko Airlangga Dukung Smart Farming Petani Milienal untuk Peningkatan Produktivitas

Menko Airlangga Dukung Smart Farming Petani Milienal untuk Peningkatan Produktivitas

Jumat, 24 September 2021 | 15:10

TANGERANGNEWS.com-KLATEN-Permasalahan pada sektor pangan selalu menjadi perhatian di setiap negara. Pemerintah selalu berupaya memenuhi kebutuhan pangan rakyat dan menjaga ketahanan pangan diantaranya melalui pemberdayaan petani,

PROPERTI
3 Menit dari Tol Gading-Serpong, Apartemen Baru Ini Diapit Segitiga Emas

3 Menit dari Tol Gading-Serpong, Apartemen Baru Ini Diapit Segitiga Emas

Senin, 27 September 2021 | 08:11

TANGERANGNEWS.com- Proyek pembangunan hunian apartemen di wilayah Tangerang terus tumbuh di lokasi-lokasi yang strategis. Seperti pembangunan tower terbaru dari Collins Boulevard yaitu The Scoot

"Membuat Janji dan Menepatinya adalah cara terbaik membangun merek"

Seth Godin