Connect With Us

WNA Portugal Korban Kebakaran Lapas Tangerang Batal Dikremasi karena Beragama Islam

Rangga Agung Zuliansyah | Rabu, 15 September 2021 | 19:48

| Dibaca : 2733

Salah satu napi yang meninggal saat dibawa ke ruang jenazah di RSUD Kabupaten Tangerang. (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi )

TANGERANGNEWS.com-Jenazah narapidana warga negara asing (WNA) asal Portugal, Ricardo Ussumane Embalo bin Antonio Embalo, 51, yang menjadi korban kebakaran Lapas Kelas I Tangerang batal Dikremasi.

Sebelumnya pihak keluarga Ricardo melalui Kedutaan Besar Portugal di Indonesia meminta  agar jenazahnya dikremasi.

Namun, menurut Direktur Pembinaan Narapidana dan Latihan Kerja Produksi (Binapi Latkerpro) Ditjenpas Kementerian Hukum dan HAM Thurman Hutapea, setelah ditelusuri, korban ternyata beragama Islam.

"Awal informasinya yang bersangkutan (Ricardo) beragama Kristen dan akan kremasi, ternyata setelah ada informasi berkembang, dia muslim," kata Thurman saat jumpa pers di RS Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur, seperti dilansir dari Tribunnews, Rabu 15 September 2021.

Rencananya, sebelum abu dari jasad Ricardo dikirim ke keluarganya di Portugal, proses kremasi akan dilakukan di Jakarta.

Setelah adanya informasi terbaru yang menyatakan Ricardo beragama Islam, maka prosesi kremasi urung dilaksanakan

Meski demikian, jenazahnya tetap dikirim ke negara asalnya. Seluruh biaya pun ditanggung oleh Kemenkum HAM. Hanya saja, terkait kapan jenazah Ricardo tersebut akan diterbangkan tidak dibeberkan lebih lanjut.

"Jadi (jenazahnya) harus tetap kami kirim, kami tetap tanggung jawab," kata dia.

OPINI
Mahalnya Transaksi Pesta Demokrasi

Mahalnya Transaksi Pesta Demokrasi

Minggu, 26 September 2021 | 17:12

TANGERANGNEWS.com-Siapapun yang jujur, pasti akan mengakui bahwa negeri tercinta kita ini sedang mengalami keterpurukan. Dalam segala bidang. Di tengah kesulitan ekonomi dan belum pulihnya negeri dari situasi pandem

KOTA TANGERANG
Antisipasi Klaster Sekolah, Pemkot Tangerang Lakukan Tracing

Antisipasi Klaster Sekolah, Pemkot Tangerang Lakukan Tracing

Minggu, 26 September 2021 | 17:07

TANGERANGNEWS.com-Pemerintah Kota Tangerang akan melakukan tracing COVID-19 di sekolah yang melaksanakan pembelajaran tatap muka (TMP) secara terbatas.

HIBURAN
Bioskop Hari Ini Boleh Dibuka, Ini Empat Syaratnya

Bioskop Hari Ini Boleh Dibuka, Ini Empat Syaratnya

Selasa, 14 September 2021 | 12:49

TANGERANGNEWS.com- Setelah sekian lama tak bisa beroperasi karena pandemi COVID-19, bioskop akhirnya kembali dibuka dengan sejumlah persyaratan. Pemerintah menetapkan setidaknya empat syarat yang harus dipatuhi

"Membuat Janji dan Menepatinya adalah cara terbaik membangun merek"

Seth Godin