Connect With Us

Jelang Kemerdekaan Israel, Umat Muslim Indonesia Diserukan Baca Qunut Nazilah

Tim TangerangNews.com | Senin, 9 Mei 2022 | 09:29

| Dibaca : 3873

Ketua MUI Bidang Hubungan Luar Negeri dan Kerjasama Internasional, Sudarnoto Abdul Hakim. (@TangerangNews / Rmol)

TANGERANGNEWS.com-Menjelang peringatan kemerdekaan Israel pada 14 Mei mendatang, Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyerukan kepada umat Islam untuk memanjatkan doa Qunut Nazilah saat melaksanakan ibadah salat dalam waktu yang panjang.

Seruan yang sesuai dengan tausiyah Lebaran MUI itu disampaikan Ketua MUI Bidang Hubungan Luar Negeri dan Kerjasama Internasional, Sudarnoto Abdul Hakim dalam keterangan tertulis, Minggu 8 Mei 2022, seperti dilansir dari CNNIndonesia.

"Seluruh pengurus masjid dan musala, pimpinan semua ormas Islam, majelis taklim, lembaga-lembaga pendidikan Islam diharapkan ikut menyampaikan seruan ini mendorong agar membaca doa Qunut Nazilah," ujar Sudarnoto.

Sudarnoto menuturkan, Qunut ini adalah Sunnah Rasul Muhammad yang dilakukan saat keadaan umat sangat genting seperti ketakutan (al-Khouf), paceklik (Qahth), wabah (Waba'), hama (Jaraad), teraniyaya (Madhlum).

“Dengan doa Qunut ini diharapkan agar umat Islam bersatu padu, tidak bertikai, sehingga mampu mengatasi musuh kemanusiaan, musuh agama, dan musuh peradaban," sambung Sudarnoto.

Ia menekankan bahwa hari kemerdekaan Israel pada 14 Mei sangat melukai warga Palestina karena tepat pada tanggal tersebut di tahun 1948 terjadi pengusiran besar-besaran terhadap warga Arab Palestina.

"14 Mei merupakan hari yang penting bagi Zionisme Israel. Diperkirakan ada 700 ribuan warga Palestina yang mengalami penderitaan yang sangat luar biasa, diusir, dibunuh, dan bahkan tidak sedikit perempuan yang diperkosa oleh kelompok Zionis ini," ungkap Sudarnoto.

Sudarnoto menerangkan, momen pengusiran itu dijuluki sebagai hari bencana atau Yaum an-Nakbah dan selalu diperingati oleh warga Palestina dengan memperkuat perlawanan terhadap Israel.

Dia mengharapkan dengan memanjatkan doa Qunut Nazilah bisa membuat umat Islam bersatu membantu Palestina menghadapi penjajahan Israel.

Sementara itu dikutip dari laman Kemenag, Qunut Nazilah dilakukan pada rakaat terakhir salat lima waktu ketika i'tidal dengan bersuara, baik dilakukan sendiri maupun berjemaah, di rumah maupun di masjid.

KOTA TANGERANG
Wali Kota Tangerang Ungkap Sering Dapat Keluhan Sopir Angkot Si Benteng Ugal-ugalan

Wali Kota Tangerang Ungkap Sering Dapat Keluhan Sopir Angkot Si Benteng Ugal-ugalan

Senin, 5 Desember 2022 | 15:18

TANGERANGNEWS.com-Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengungkapkan masih adanya keluhan masyarakat terkait pengemudi Angkot Si Benteng yang berkendara secara ugal - ugalan.

NASIONAL
Akun Rekrutmen Bersama BUMN Bermasalah, Begini Cara Mengatasinya

Akun Rekrutmen Bersama BUMN Bermasalah, Begini Cara Mengatasinya

Senin, 5 Desember 2022 | 18:06

TANGERANGNEWS.com-Badan Usaha Milik Negara (BUMN) kembali membuka pendaftaran Rekrutmen Bersama BUMN Batch kedua yang berlangsung hingga 7 Desember 2022.

TOKOH
Sita Ratnasari, Akuntan Cantik asal Karawaci yang Alih Profesi jadi Model Pengantin

Sita Ratnasari, Akuntan Cantik asal Karawaci yang Alih Profesi jadi Model Pengantin

Jumat, 18 November 2022 | 18:07

TANGERANGNEWS.com-Sita Ratnasari asal Bugel, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang, membagikan sekelumit kisah hidupnya menjadi model pengantin.

BANDARA
Hampir Setengah Kilo Sabu dari Aceh Diselundupkan Lewat Dubur 2 Penumpang di Bandara Soekarno Hatta

Hampir Setengah Kilo Sabu dari Aceh Diselundupkan Lewat Dubur 2 Penumpang di Bandara Soekarno Hatta

Senin, 5 Desember 2022 | 23:22

TANGERANGNEWS.com-Dua penumpang pesawat dari Aceh nekat menyelundupkan sekitar 455 gram sabu lewat dubur. Aksi keduanya terungkap ketika tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Kota Tangerang.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill