Connect With Us

Jelang Kemerdekaan Israel, Umat Muslim Indonesia Diserukan Baca Qunut Nazilah

Tim TangerangNews.com | Senin, 9 Mei 2022 | 09:29

Ketua MUI Bidang Hubungan Luar Negeri dan Kerjasama Internasional, Sudarnoto Abdul Hakim. (@TangerangNews / Rmol)

TANGERANGNEWS.com-Menjelang peringatan kemerdekaan Israel pada 14 Mei mendatang, Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyerukan kepada umat Islam untuk memanjatkan doa Qunut Nazilah saat melaksanakan ibadah salat dalam waktu yang panjang.

Seruan yang sesuai dengan tausiyah Lebaran MUI itu disampaikan Ketua MUI Bidang Hubungan Luar Negeri dan Kerjasama Internasional, Sudarnoto Abdul Hakim dalam keterangan tertulis, Minggu 8 Mei 2022, seperti dilansir dari CNNIndonesia.

"Seluruh pengurus masjid dan musala, pimpinan semua ormas Islam, majelis taklim, lembaga-lembaga pendidikan Islam diharapkan ikut menyampaikan seruan ini mendorong agar membaca doa Qunut Nazilah," ujar Sudarnoto.

Sudarnoto menuturkan, Qunut ini adalah Sunnah Rasul Muhammad yang dilakukan saat keadaan umat sangat genting seperti ketakutan (al-Khouf), paceklik (Qahth), wabah (Waba'), hama (Jaraad), teraniyaya (Madhlum).

“Dengan doa Qunut ini diharapkan agar umat Islam bersatu padu, tidak bertikai, sehingga mampu mengatasi musuh kemanusiaan, musuh agama, dan musuh peradaban," sambung Sudarnoto.

Ia menekankan bahwa hari kemerdekaan Israel pada 14 Mei sangat melukai warga Palestina karena tepat pada tanggal tersebut di tahun 1948 terjadi pengusiran besar-besaran terhadap warga Arab Palestina.

"14 Mei merupakan hari yang penting bagi Zionisme Israel. Diperkirakan ada 700 ribuan warga Palestina yang mengalami penderitaan yang sangat luar biasa, diusir, dibunuh, dan bahkan tidak sedikit perempuan yang diperkosa oleh kelompok Zionis ini," ungkap Sudarnoto.

Sudarnoto menerangkan, momen pengusiran itu dijuluki sebagai hari bencana atau Yaum an-Nakbah dan selalu diperingati oleh warga Palestina dengan memperkuat perlawanan terhadap Israel.

Dia mengharapkan dengan memanjatkan doa Qunut Nazilah bisa membuat umat Islam bersatu membantu Palestina menghadapi penjajahan Israel.

Sementara itu dikutip dari laman Kemenag, Qunut Nazilah dilakukan pada rakaat terakhir salat lima waktu ketika i'tidal dengan bersuara, baik dilakukan sendiri maupun berjemaah, di rumah maupun di masjid.

PROPERTI
Hadirkan Hunian Premium, Paramount Land Perkenalkan New Matera

Hadirkan Hunian Premium, Paramount Land Perkenalkan New Matera

Rabu, 3 April 2024 | 06:47

Dalam rangka menghadirkan hunian premium dengan fasilitas lengkap dan lokasi strategis, serta akses cepat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari bagi konsumen kelas atas

TEKNO
Dinilai Ilegal, RT/RW Net Bisa Dipenjara 6 Tahun dan Denda Rp600 Juta

Dinilai Ilegal, RT/RW Net Bisa Dipenjara 6 Tahun dan Denda Rp600 Juta

Senin, 22 April 2024 | 19:03

Saat ini RT/RW Net tengah ramai dipersoalkan. RT/RW Net diketahui sebagai seseorang atau kelompok masyarakat yang menggunakan jaringan internet ISP, kemudian jaringan tersebut didistribusikan kembali ke warga setempat, namun dengan tarif tertentu.

KOTA TANGERANG
KPU Kota Tangerang Buka Seleksi PPK Pilkada 2024

KPU Kota Tangerang Buka Seleksi PPK Pilkada 2024

Selasa, 23 April 2024 | 16:35

Seleksi calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di Kota Tangerang telah dibuka.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill