Connect With Us

Airlangga Temui Partai Penguasa Jepang, Sepakati Pertukaran Pemuda Golkar-LDP

Tim TangerangNews.com | Jumat, 29 Juli 2022 | 19:44

| Dibaca : 116

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto bertemu dengan sejumlah pimpinan teras partai yang berkuasa di Jepang. (@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyempatkan menemui tokoh politik di sela kunjungan kerja di Jepang awal pekan ini.

Ketua Umum Partai Golkar itu bertemu dengan sejumlah pimpinan teras partai penguasa Jepang, Partai Demokrat Liberal (LDP), seperti Presiden LDP Fumio Kishida, Jubir LDP Taro Kono, dan anggota DPR Jepang yang juga Chairperson LDP Tatsuo Fukuda.

Fumio Kishida merupakan Chairman LDP sekaligus Perdana Menteri Jepang saat ini. Ia menggantikan Yoshihide Suga. Kishida terpilih sebagai pemimpin tertinggi LDP setelah mengungguli Taro Kono. Pertemuan antara Airlangga dan Fumio Kishida membahas hubungan antara LDP dengan Partai Golkar.

Selama ini, Golkar memiliki kedekatan khusus dengan LDP, partai yang secara turun temurun dikuasai oleh keluarga dari para politisi ternama di Jepang. Pasca-Shinzo Abe dan Yoshihide Suga, LDP terus memimpin pemerintahan Jepang melalui Perdana Menteri Fumio Kishida. Baik LDP dan Golkar sama-sama berada dalam pemerintahan masing-masing saat ini. 

Sementara, pertemuan antara Airlangga dan Tatsuo Fukuda berlangsung akrab. Disamping karena pertemanan baik keduanya secara pribadi, keakraban juga dipengaruhi faktor kepartaian dan hubungan antarpemerintah.

Dalam pertemuan tersebut, Airlangga menuturkan, terjalin kesepakatan antara Golkar dan LDP untuk kerja sama pertukaran pemuda. Kerja sama ini akan ditindaklanjuti melalui Golkar Institute.

"Kami juga membahas berbagai masalah terkait isu geopolitik global dan Indo Pasifik," tutur Airlangga dalam keterangan, Jumat (29/7/2022).

Dalam pertemuan ini, Fukuda didampingi dua pembantu utamanya, Arata Takebe dan Shimono Rokuta, dari Kementerian Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan.

Selain bertemu dengan Kishida, Airlangga juga bertemu dengan Taro Kono, salah satu tokoh senior LDP yang pernah memegang tiga posisi menteri dan kandidat PM. Kono pernah menjadi menteri Luar Negeri, menteri Pertahanan, dan terakhir menteri Urusan Vaksin.

Kono dipercaya akan memimpin pemerintahan sebagai pengganti Yoshihide Suga yang mengundurkan diri. Walaupun akhirnya ia harus mengakui keunggulan Fumio Kishida dalam pemilihan Presiden LDP pada September 2021. Banyak hal yang dibahas dalam pertemuan dengan Kono, yang juga dipercaya sebagai jubir LDP.

Dalam pertemuan selama satu jam bersama pejabat LDP, Airlangga mengaku banyak hal yang dibahas.

"Pertemuan tersebut juga untuk membahas dari segi politik terkait kebijakan yang akan berpihak pada investasi dan perdagangan antara Jepang dan Indonesia, terkait berbagai skema kerjasama bilateral dan multilateral, baik itu mengenai IJEPA, RCEP, maupun IPEF serta momen yang sangat baik Keketuaan Indonesia bersamaan dengan 50 Tahun Persahabatan ASEAN-Jepang pada tahun 2023,” ujar Ketum Golkar.

KOTA TANGERANG
Padati Kota Tangerang, Ribuan Goweser Meriahkan Milad ke-13 UMT

Padati Kota Tangerang, Ribuan Goweser Meriahkan Milad ke-13 UMT

Minggu, 14 Agustus 2022 | 13:36

TANGERANGNEWS.com-Ribuan goweser memadati Jalan Perintis Kemerdekaan di depan area Taman Gajah Tunggal untuk mengikuti Fun Bike dan Jalan Sehat yang menjadi rangkaian Milad ke-13 Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT)

BISNIS
CreARTive Culture Home di SMS Tangerang Pamerkan Produk Sustainable Living Buatan UMKM

CreARTive Culture Home di SMS Tangerang Pamerkan Produk Sustainable Living Buatan UMKM

Jumat, 12 Agustus 2022 | 18:37

TANGERANGNEWS.com-CreARTive Culture Home (C2H) untuk ketiga kalinya digelar di Summarecon Mall Serpong (SMS), Kabupaten Tangerang, pada tanggal 11 – 21 Agustus 2022.

AYO! TANGERANG CERDAS
Tumbuh Luar Biasa, UMT Disebut Mampu Cetak Generasi Unggul

Tumbuh Luar Biasa, UMT Disebut Mampu Cetak Generasi Unggul

Rabu, 3 Agustus 2022 | 17:46

TANGERANGNEWS.com-Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT) disebut baru seumur jagung, tetapi sudah mengalami pertumbungan yang sangat luar biasa. Eksistensi UMT juga kini disebut mampu mencetak generasi yang unggul.

NASIONAL
Pemerintah Dukung UMKM Naik Kelas Lewat Program Bangga Buatan Indonesia

Pemerintah Dukung UMKM Naik Kelas Lewat Program Bangga Buatan Indonesia

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 21:59

TANGERANGNEWS.com-Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada Q2 tahun 2022 kembali mencatatkan kinerja impresif dengan capaian 5,44% (yoy). Catatan tersebut meneruskan kinerja dari dua kuartal sebelumnya yang juga mencatatkan pertumbuhan di atas 5%.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill