Connect With Us

Takut Bikin Ngefly, Kemenkominfo Blokir Situs i-Doser

EYD | Kamis, 15 Oktober 2015 | 15:32

Kemenkominfo melakukan pemblokiran sementara terkait situs i-Doser. Situs ini dianggap bisa membuat penikmatnya ngefly. (istimewa / tangerangnews)

TANGERANG – Belakangan ini dunia maya ramai membicarakan "narkoba elektronik" melalui gelombang suara yang disebut i-Doser. Untuk mengantisipasi keresahan masyarakat, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) memutuskan memblokir sementara situs terkait i-Doser.

“Kami melakukan blokir sementara terhadap empat situs yang terkait dengan i-Doser,” jelas Kapus Humas Kominfo Ismail Cawidu. “Soalnya ini sudah menimbulkan keresahan di masyarakat walau Badan Narkotika Nasional (BNN) menyatakan aplikasi itu bukan tergolong narkotika.”

“Pemblokiran ini masih bersifat sementara. Selanjutnya rapat anggota Panel sensor konter terkait hal itu yang memutuskan," lanjutnya. “Rapat akan dilaksanakan pada Jumat (16/10) untuk diblokir permanen atau dibuka kembali.”

Empat domain yang diblokir sementara antara lain adalah i-doser.com, idoseraudio.com, idosersofware.com, dan istoner.com. Sementara BNN masih akan terus meneliti pengaruh dari i-Doser.

“Jadi memang pengaruhnya tersebut masih dicek dari berbagai jenis obat dan pengaruhnya,” terang Kepala Badan Nasional Narkotika (BNN) Budi Waseso. "Yang elektronik itu efeknya seperti orang mendengar musik cara menikmatinya di-play. Belum ada pengaruh yang otentik. Jadi, sejauh ini tidak ada masalah. Soal efek samping juga saat ini masih dalam penelitian tim kedokteran.”

Sebelumnya BNN telah menyatakan bahwa i-Doser bukan merupakan narkotika merujuk dari Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009. i-Doser sendiri bukan barang baru di dunia maya dan sudah dibahas BNN sejak 2014.

Konten dari aplikasi itu sendiri berbentuk binaural (dua suara) yang berdurasi 30-40 menit yang memberi sensasi stimulan suara. Suara itu bisa menstimulasi otak untuk "ngefly" baik dalam kondisi sadar maupun bawah sadar.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

TEKNO
Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kamis, 25 April 2024 | 14:20

Baru-baru ini kembali mencuat maraknya praktik ilegal RT/RW Net. Sebab, praktik ilegal ini tak hanya merugikan penyelenggara jasa telekomunikasi, juga berdampak negatif bagi konsumen di Indonesia.

BISNIS
Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Rabu, 24 April 2024 | 09:53

Pemerintah pusat tengah menjalankan rencana strategis bersama salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, Apple.

AYO! TANGERANG CERDAS
Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Jumat, 26 April 2024 | 10:48

Institut Teknologi PLN (ITPLN) menjadi salah satu perguruan tinggi incaran banyak mahasiswa untuk mengembangkan karirnya di masa depan.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill