Connect With Us

Demi Stabilisasi Harga, Pertamina Tak Banyak Turunkan Harga BBM

EYD | Minggu, 27 Maret 2016 | 09:43

SPBU 34-15101 (Wahyu / TangerangNews)

TANGERANG – Per 1 April 2016, PT Pertamina (Persero) memastikan penurunan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis premium dan solar. Akan tetapi, harga baru tersebut nantinya sedikit berada di atas harga keekonomian.

Direktur Pemasaran Pertamina Ahmad Bambang menuturkan, langkah itu bertujuan untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya kenaikan harga minyak dunia dalam beberapa bulan ke depan.

"Kemarin harga minyak dunia berkisar US$ 30 per barel, sekarang US$ 41 per barel. Kalau naik terus, bisa jadi tiga bulan kemudian harga BBM juga ikut naik. Jadi sekarang turun, tapi nggak terlalu jauh," ungkap Bambang di Manado, Sulawesi Utara, Minggu (27/3/2016).

Menurut Bambang, tiga bulan kemudian masyarakat akan dihadapkan dengan inflasi yang cukup tinggi. Mengingat adanya kegiatan Idul Fitri dan tahun ajaran baru serta masa libur panjang. "Kalau posisi seperti itu, mau naik nggak BBM? Nggak kan. Makanya sekarang sedikit ditahan. Karena bagi masyarakat itu yang penting adalah harga itu stabil. Selama ini juga kalau BBM turun, harga barang lainnya juga nggak turun dan masyarakat tidak menerima manfaatnya," imbuhnya.

Sejak anjloknya harga minyak pada awal tahun, Pertamina menerima keuntungan dari penjualan BBM. Keuntungan ini akan disimpan untuk menahan kenaikan harga BBM, agar tidak membebankan masyarakat.

"Kita kan sudah ada selisih dari penjualan sebelumnya, nanti itu dipakai buat nutupin kalau misalnya harga minyak dunia naik. Kita akan buat transparan pada setiap laporan keuangan. Kalau sampai akhir tahun untung, kita akan kembalikan ke negara bisa lewat dividen atau lainnya," kata dia.

PROPERTI
Hadirkan Hunian Premium, Paramount Land Perkenalkan New Matera

Hadirkan Hunian Premium, Paramount Land Perkenalkan New Matera

Rabu, 3 April 2024 | 06:47

Dalam rangka menghadirkan hunian premium dengan fasilitas lengkap dan lokasi strategis, serta akses cepat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari bagi konsumen kelas atas

NASIONAL
Info Lowongan Kerja, Simak Syarat dan Kualifikasi Rekrutmen KAI

Info Lowongan Kerja, Simak Syarat dan Kualifikasi Rekrutmen KAI

Kamis, 18 April 2024 | 12:51

PT Kereta Api Indonesia (Persero), atau KAI, tengah membuka rekrutmen terbaru untuk tahun 2024 dengan menawarkan lowongan kerja bagi lulusan S1 dari berbagai jurusan.

MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill